DoCheckers, apakah kamu merasa membuat to-do list itu penting? Ternyata to-do list dalam kegiatan sehari-hari itu penting, loh! Mengapa demikian? Simak penjelasan MinCheck berikut biar kamu tahu alasan dan manfaat membuat to-do list dalam keseharianmu.
Setiap orang yang ada di dunia ini memiliki jatah waktu yang sama dalam satu hari, yaitu 24 jam. Namun tidak semua orang mampu memanfaatkan dan menggunakan waktunya dengan baik. Mungkin kamu pernah merasa iri terhadap orang lain yang mampu menyelesaikan banyak hal dalam satu hari.
Sedangkan kamu tidak banyak menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang sama. Padahal kamu dan orang tersebut memiliki jatah waktu yang sama, 24 jam sehari, kok bisa sih? Rasanya kegiatan dia juga banyak, tapi kenapa masih sempat main atau bersenang-senang? Yup! Pada akhirnya, kita membandingkan diri dengan orang lain.
Jika pemikiran seperti itu masih mengganggumu, sebaiknya cek lagi apakah ada sesuatu yang kamu lewatkan saat mengelola hidup? Mungkin salah satunya dalam mengatur waktu. Sekarang, apa yang biasa kamu lakukan untuk mengatur waktu dan memastikan semua kegiatan berjalan sesuai rencana?
Pertama, pastinya kamu harus tahu persis dong apa yang akan dikerjakan. Entah itu jika pekerjaanmu menumpuk atau ternyata kamu tidak memiliki kegiatan sama sekali. Untuk memulai sesuatu, kita harus menentukan terlebih dahulu akan melakukan kegiatan apa. Jika tidak, kita hanya akan berakhir membuang-buang waktu atau tidak melakukan kegiatannya dengan maksimal.
Manfaat Membuat To-do List
Nah, hubungannya dengan membuat to-do list apa?
Istilah to-do list tentunya sudah familiar. Sebelum melakukan serangkaian kegiatan, biasanya seseorang akan membuat to-do list pekerjaannya terlebih dahulu. Simpelnya, daftar to-do list pekerjaan ini akan memudahkan kita untuk melakukan satu kegiatan ke kegiatan lain. Namun, lebih dari itu, membuat to-do list juga punya manfaat lain loh yang impact-nya tidak main-main untuk hidup kita.
Nih, simak saja manfaat membuat to-do list biar kamu semakin mantap menyusun kegiatan harianmu.
Baca Juga: Pentingnya To-Do-List Untuk Manajemen Waktu

1. Super Menghemat Waktu
Menyisihkan waktu untuk membuat to-do list tidak akan membuat waktumu terbuang. Ini sama saja dengan menginvestasikan waktu agar kegiatan berikutnya bisa berjalan lebih efisien. Dengan membuat daftar pekerjaan di awal, kamu tidak perlu lagi menghabiskan beberapa menit itu (atau bahkan jam) untuk berpikir akan mengerjakan apa lagi ya setelah ini? Adanya to-do list juga akan membuat agenda terpampang nyata sehingga kamu bisa lebih mengontrol pembagian waktu untuk mengerjakan satu dan lain hal.
Baca Juga: To-do List: Membuat Daftar Kegiatan untuk Manajemen Waktu
2. Membuat To-do List Berdampak Positif untuk Pikiran
Manfaat membuat to-do list yang kedua adalah menjadikan pikiran lebih positif. Menuliskan pekerjaan dengan rinci bisa membantu mengurangi beban yang menumpuk di kepala. Ini karena kita mem-breakdown pekerjaan yang kompleks sehingga terlihat sederhana. Dengan ini juga kamu menjadi tahu pekerjaan mana yang merupakan prioritas. Bayangkan jika kamu memiliki tugas yang banyak, seperti tidak ada habisnya. Rasanya kacau! Padahal, kamu sudah berhasil mengerjakan hal lain sebelumnya.
Kemudian akan berbeda apabila pekerjaanmu dimasukan ke dalam to-do list. Perasaan lega dari keberhasilan mengerjakan satu per satu tugas akan membuatmu lebih nyaman. Selain itu, motivasi bisa meningkat karena kamu menjadi lebih percaya diri mampu menyelesaikan tugas yang lain.
Baca Juga: Teori Pickle Jar: Manajemen Waktu dengan Stoples Acar
3. Lapak Brainstorming Ide-ide Besar

Beberapa gagasan bukannya tidak mungkin dilakukan. Kita kadang lupa bahwa untuk mewujudkan ide-ide besar, hal yang pertama harus kita lakukan adalah memulai. To-do list bukan hanya berbicara tentang rencana kita esok atau lusa. Kamu bisa membuatnya sebagai sebuah wadah untuk merealisasikan visi dan misi hidupmu. Tipsnya, tuliskan langkah-langkah untuk mewujudkan goals serealistis mungkin. Kamu juga perlu menggunakan tujuan jangka pendek agar terlihat perkembangannya. Bagaimana? Layak dicoba, bukan?
4. Alat Ukur Perkembangan Diri
Siapa yang masih suka membandingkan diri dengan orang lain? Bagus kalau itu membuatmu lebih termotivasi. Namun, kalau jadinya malah iri dan down sendiri, bagaimana? Padahal, cara terbaik untuk berkembang adalah dengan membandingkan diri kita sendiri dari waktu ke waktu.
Jika hari ini kamu sudah mampu melakukan dan mencapai sesuatu, coba cek lagi jenis pekerjaan dan tujuan apa yang kamu targetkan sebelumnya? Adakah perubahannya? to-do list bisa jadi sebuah tracker untuk hidup kamu loh. Hal ini bisa kamu rasakan setelah rutin menuliskan setiap tujuan yang ingin dicapai. Alat ukur yang dirasakan dengan nyata ini akan membantumu lebih termotivasi untuk terus mengembangkan diri.
Baca Juga: Manajemen Waktu agar Tetap Produktif Ala Farhan Jijima
5. Merapikan Pola Hidup
Manfaat to-do list yang terakhir adalah membuat pola hidup menjadi lebih tertata. Bangun pagi, berolahraga, sarapan, dan lain-lain hingga waktunya tidur bisa dituliskan dalam daftar kegiatan. Kita mungkin lebih mengenal ini dengan sebutan jadwal harian. Jika rencana untuk membangun pola hidup yang lebih baik sejalan dengan motivasinya yang besar, maka sebuah to-do list bisa menjadi media yang tepat untuk digunakan.
Kebiasaan baru tidak mudah dilakukan. Untuk itu, kita perlu sebuah alat sebagai pengingat sekaligus rekam jejak keberhasilan dan perkembanganmu sendiri. Demikian sejumlah manfaat dari kebiasaan membuat to-do list harian. Bagi kamu yang ingin produktif, menuliskan to-do list dan menyusun prioritas adalah hal mendasar. Selebihnya, kamu bisa merasakan sendiri manfaatnya yang lain apablia sudah terbiasa.
Kamu bisa membuat to-do list dengan menggunakan aplikasi Social To-do List, DoCheck! Selain dengan menguraikan daftar pekerjaan, kamu juga bisa mengikuti komunitas yang mampu menunjang produktivitas, seperti DoCheck. Melalui DoCheck, kamu bisa mendapatkan info dan tips menarik lainnya untuk membantumu mengembangkan diri. DoCheck juga punya jurus jitu menyusun to-do list loh! Mau tau? Selengkapnya hanya di Soft Launching DoCheck yang bisa kamu hadiri di bit.ly/DoCheck-ForABetterTomorrow.
Baca Juga: Metode ABC: Cara Mengelola Waktu dengan 3 Tingkat Prioritas