7 Pekerjaan yang Menjanjikan ala DoCheck

7 Pekerjaan yang Menjanjikan dan Banyak Diperlukan


Memilih pekerjaan bukan hal mudah di dunia serba kompetitif seperti sekarang, terutama pekerjaan yang menjanjikan dengan prospek yang bagus. Pekerjaan menjadi salah satu keputusan penting dalam hidup. Tidak bisa dimungkiri untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan memerlukan uang. Nah, uang bisa didapat dengan bekerja.

Banyaknya jenis pekerjaan tidak menjadi suatu keuntungan karena setiap pekerjaan kerap kali menyesuaikan dengan minat. Meskipun ada ribuan lowongan pekerjaan, ternyata tidak semuanya selaras dengan minat dan kemampuanmu. Sulit, ya?

Cara Memilih Pekerjaan yang Sesuai

Apakah kamu masih bingung menentukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu? Berikut ini ada cara yang bisa dilakukan untuk memilih pekerjaan yang sesuai. Dilansir dari artikel Indeed dan Guardian, kamu bisa ikuti cara berikut ini.

Identifikasi Kemampuan dan Minat

Refleksi diri sebelum menentukan pekerjaan yang sesuai. Kamu bisa menuliskan apa saja hard skills, soft skills, kepribadian, pekerjaan yang membuatmu enjoy, dan yang sesuai minatmu. Pastikan kamu mengenal dirimu sendiri dan apa yang kamu inginkan sebelum menentukan pekerjaan yang dipilih.

Rincikan Kriteria Pekerjaan Ideal Bagimu

Setiap orang memiliki kriteria tertentu dalam memilih suatu pekerjaan. Hal-hal yang bisa diperhatikan untuk menentukan kriteria tersebut yaitu, tempat kerja (WFH/WFO/Hybrid), gaji, keuntungan lainnya (asuransi dan jaminan kesehatan), lingkungan atau kultur kerja, dan lainnya. Mulai dari membuat kriteria milikmu sendiri dan kamu akan menyeleksi pekerjaan yang kiranya sesuai denganmu.

Ikuti Pelatihan dan Perbaiki Resume

Jika masih bingung tentang pekerjaan atau merasa kemampuanmu belum mumpuni, kamu bisa mengikuti pelatihan atau kursus. Sekarang sudah banyak kursus baik daring maupun luring untuk menambah skills dan pengetahuan. Kamu bisa mengumpulkan sertifikat sebagai bukti kamu telah menguasai bidang tertentu. Cantumkan skills dan sertifikasimu di resume agar rekruter dapat mengetahui keahlianmu.

Buatlah Daftar Pekerjaan yang Diinginkan

Merasa banyak sekali pilihan pekerjaan yang menarik minatmu? Tidak apa-apa, tuliskan saja. Kamu bisa membuat daftar pekerjaan yang diinginkan lalu mulai mengidentifikasi mana yang paling cocok untukmu. Membuat daftar akan memudahkanmu dalam mengambil keputusan.

7 Pekerjaan Menjanjikan yang Bisa Kamu Pilih

Pekerjaan yang prospeknya bagus dan menjanjikan DoCheck
Photo by Alex Kotliarskyi on Unsplash

Terdapat berbagai macam pekerjaan di dunia ini, tapi kamu bingung gak sih kira-kira pekerjaan apa yang menjanjikan dan memiliki prospek yang bagus? Dilansir dari World Economic Forum, pekerjaan di tahun 2025 akan banyak yang timbul dan ada juga yang jadi berpindah tangan ke mesin/robot. Berikut ini jenis pekerjaan yang prospeknya bagus menurut World Economic Forum di 2020 dan Jobstreet:

Data Analysts dan Data Scientists

Kalau kamu menyukai data-data dan angka, kamu cocok menjalani profesi ini. Apa saja tugas seorang Data Analyst dan Data Scientist? Data analyst mengolah data, menyimpulkan, dan memberi visualisasinya. Sedangkan data scientist menganalisis dan menafsirkan data tersebut.

Tenaga Pendidik

Dunia pendidikan masih membutuhkan tenaga pengajar yang bisa mencerdaskan kehidupan bangsa. Tenaga pendidik ada banyak macamnya, seperti guru, tutor, dosen, instruktur, dan sebagainya. Kalau kamu memiliki a passion di dunia pendidikan dan tertarik untuk mengajar, bisa nih dijadikan salah satu pilihan.

Spesialis Digital Marketing dan Strategi

Di zaman modern ini, pemasaran tidak hanya dilakukan secara konvensional tetapi dapat dilakukan secara digital. Pekerjaan ini penting sekali untuk meningkatkan brand awareness bahkan menaikkan penjualan, lho! Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih di bidang ini, seperti digital marketing specialist, social media specialist, konten kreator, social media admin, KOL specialist, dan lainnya.

Business Development Professionals

Apakah kamu tertarik untuk melebarkan sayap di dunia bisnis? Mungkin pekerjaan seperti business development specialist adalah jalan ninjamu. Biasanya pekerjaan ini menuntutmu untuk berpikir strategi apa saja yang sekiranya dapat membuat bisnis berkembang.

Food & Beverages Service

Bisnis makanan dan minuman tidak ada matinya karena sebagai manusia, makanan dan minuman merupakan kebutuhan sehari-hari. Pekerjaan yang bisa kamu pilih adalah barista, waiter, koki, kasir, manajer restoran, dan pemilik restoran. Pekerjaan ini cocok banget nih untuk kamu yang suka jelajah kuliner!

Software Developer

Suka coding atau lulusan jurusan IT? Software developer bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Software developer membuat suatu aplikasi berdasarkan kebutuhan dan mengembangkannya. Menjadi software developer biasanya tidak bekerja sendiri, melainkan ada tim lain yang membantu.

Information and Security Analysts

Sebuah gedung saja perlu ada yang menjaganya, seperti satpam. Dunia serba digital yang segalanya bebas juga tentu perlu diperhatikan keamanannya, sehingga muncul pekerjaan bernama information security analyst. Pekerjaan ini berkutat pada menjaga keamanan perangkat, data, dan informasi digital yang dimiliki suatu instansi. Biasanya dibutuhkan oleh pemerintahan, perusahaan, militer, bahkan organisasi lain.

Mencari pekerjaan dan memilih pekerjaan yang tepat tidaklah mudah. Kamu perlu memikirkan matang-matang pekerjaan yang cocok untukmu agar kamu menikmati setiap pekerjaanmu dan tidak menjadi beban.

Butuh bantuan dalam merencanakan melamar pekerjaan atau mencari pekerjaan yang sesuai? DoCheck sebagai aplikasi social to-do list pertama di Indonesia bisa membantumu. Yuk, download aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau App Store.


Latest

Category

Scroll to Top