analisis peluang bisnis

Analisis Peluang Bisnis : Pengertian dan Cara Melakukannya


Kamu perlu tahu DoCheckers kalau yang namanya merintis bisnis itu nggak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak banget hal-hal yang perlu perhatikan agar bisnis kamu berkembang pesat. Salah satu hal yang haram kamu lewatkan adalah melakukan analisis peluang bisnis.

Kamu gak bisa menentukan bisnis dengan cuma-cuma. Kamu perlu menerapkan hal-hal penting yang dapat membuat bisnismu terhindar dari kebangkrutan. Pebisnis yang hebat adalah mereka yang dapat menganalisis peluang, memiliki persiapan yang matang, dan memiliki ambisi untuk berkembang.

Nah, agar kamu semakin paham mengenai peluang bisnis dan cara analisisnya, yuk simak ulasan dari MinCheck berikut ini dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

Pengertian Analisis Peluang Bisnis

Kamu perlu tahu pengertian analisis peluang bisnis
Kamu perlu tahu pengertian analisis peluang bisnis (Foto via Freepik)

Analisis peluang bisnis adalah hal yang perlu dilakukan oleh seorang pebisnis. Dengan melakukan analisis peluang, kamu bisa memanfaatkan peluang bisnismu untuk lebih unggul dari kompetitor. Sejatinya bisnis dibuat memang untuk dikembangkan dan digunakan. Nah, kamu perlu tahu cara tepat untuk memaksimalkan peluang ini dan kebutuhan pasar.

Analisis peluang bisnis dilakukan untuk menganalisis, melakukan penelitian, perencanaan, perkiraan, hingga proses evaluasi yang dilakukan oleh perusahaan. Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bahkan kerugian yang mungkin bisa terjadi.

Tujuan Analisis Peluang Bisnis

Adapun tujuan analisis peluang bisnis untuk menentukan strategi yang tepat dalam memasarkan produkmu. Pastinya kamu nggak mau dong ya kalau sampai salah menentukan strategi? Bisa-bisa kamu mengeluarkan pundi rupiah dengan percuma. Namun, selain itu banyak lho tujuan dari analisis peluang bisnis ini. Kira-kira apa saja, ya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Mencegah Kebangkrutan

Bangkrut merupakan kata yang menjadi mimpi buruk bagi semua pelaku usaha. Bagaimana tidak? Kebangkrutan adalah sebuah kegagalan yang sangat menakutkan. Bisnismu gak bisa lagi berjalan alias gulung tikar. Nah, untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi, kamu bisa melakukan analisis peluang bisnis. Kamu perlu mengidentifikasi dan menilai peluang bisnis yang menurutmu akan berkembang.

2. Menggambarkan Value Produk

Sebuah produk diciptakan untuk mempermudah manusia. Kamu tahu gak sih kalau kamu juga bisa menggambarkan value suatu produk dengan menganalisis peluang bisnismu. Yup, kamu bisa tahu apakah produkmu bisa diterima oleh masyarakat atau tidak? Terus, kamu pun juga bisa tahu kelebihan produkmu daripada yang lain.

3. Menentukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Kamu pun bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnismu. Kalau kamu ingin strategi marketing produkmu biar diterima, kamu perlu menganalisis peluang bisnis. Kira-kira marketing seperti apa yang cocok dan dapat diterima oleh target pasarmu.

Tentunya kamu memiliki target pasar yang hendak kamu bidik. Menentukan target pasar juga merupakan salah satu strategi pemasaran untuk mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Baca juga: Apa itu Target Pasar? Yuk Ketahui Cara Menentukannya!

4. Menganalisis Kompetitor

Kamu juga bisa melakukan analisis kompetitor bisnismu
Kamu juga bisa melakukan analisis kompetitor bisnismu (Foto via Freepik)

Setiap produk pasti memiliki kompetitor atau saingan. Tentunya kamu perlu menetapkan strategi jitu agar produkmu lebih unggul dari kompetitor. Menganalisis peluang bisnis adalah cara yang bisa kamu terapkan untuk menganalisis kompetitor dari bisnismu. Kamu bisa tahu kelemahan produk kompetitor dan memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapat “perhatian” dari audiens.

Audiens atau konsumen akan membeli apa yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, kamu bisa menganalisis apa yang mereka butuhkan dan memiliki urgensi yang tinggi.

5. Mengidentifikasi Kelayakan Peluang Usaha

Tujuan lain dari analisis peluang bisnis untuk mengidentifikasi dan menguji kelayakan peluang usaha. MinCheck yakin untuk membangun sebuah bisnis pasti butuh modal yang tidak sedikit. Nah, agar usahamu tidak sia-sia dan bisa mencapai tujuannya, kamu perlu melakukan analisis peluang bisnis.

Kalau kamu tidak berhati-hati dalam mencari peluang, kamu bisa rugi dan tidak menghasilkan cuan. Sekecil apa pun bisnis yang sedang kamu rintis, kamu perlu melakukan uji kelayakan dari peluang tersebut. Apakah bisnis ini memiliki masa depan? Apakah bisnis ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama?

Cara Analisis Peluang Bisnis

Setelah mengetahui tujuannya, kini kamu perlu tahu cara analisis peluang bisnis. Hmm, kira-kira gimana sih caranya? Yuk simak ulasan dari MinCheck berikut ini!

1. Menggunakan Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah analisis yang bisa kamu terapkan untuk menganalisis peluang usaha. Kamu bisa melakukan riset mendalam mengenai strength, weakness, opportunities, dan threats. Komponen-komponen dalam analisis SWOT mencakup faktor internal seperti kekuatan dan kelemahan produk atau perusahaan. Selain itu, ada faktor eksternal seperti peluang dan ancaman yang mungkin terjadi pada bisnismu.

Baca juga: Pentingnya Analisis SWOT untuk Bisnismu, Yuk Simak!

2. Melakukan Inovasi Produk untuk Analisis Peluang Bisnis

Inovasi berarti melakukan sesuatu yang baru atau berbeda namun memiliki manfaat yang lebih besar dari gagasan atau ide sebelumnya. Melakukan inovasi produk termasuk cara yang bisa kamu terapkan untuk menganalisis peluang bisnis. Kamu bisa melakukan inovasi produk setelah melakukan analisis SWOT.

3. Menyusun Budgeting

Jangan lupa untuk menyusun anggaran yang sesuai dengan kondisi keuangan bisnismu. Kamu juga bisa memisahkan uang modal dan keuntungan agar kamu tahu apakah bisnismu menghasilkan cuan atau justru diam di tempat? Susunlah anggaran yang tepat untuk bisnis kamu.

Dengan adanya budgeting, kamu bisa meminimalisir pengeluaran yang nggak penting. Tentunya, cara ini bisa dijadikan cara yang cukup efektif untuk mengatur keuangan perusahaanmu.

Baca juga: 5 Cara Mengelola Keuangan Bisnis Paling Manjur!

4. Lakukan Promosi dengan Efektif

Gunakan media sosial sebagai sarana untuk promosi
Gunakan media sosial sebagai sarana untuk promosi (Foto via Freepik)

Kamu bisa melakukan promosi menggunakan media-media promosi yang tersedia. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi produk dan bisnismu. Namun, dalam proses promosi kamu tidak boleh menyepelekan yang namanya konten. Kamu perlu tahu kalau konten yang powerful bisa membuat bisnis kamu berkembang. Oleh karena itu, perhatikan setiap konten yang akan kamu posting di media sosial ya, DoCheckers!

Kamu bisa memilih konten yang relatable dengan audiensmu. Cara ini dinilai cukup efektif untuk engage dengan audiens. Selain itu, jangan lupa memakai layanan pelanggan yang baik untuk memberikan kesan dan citra positif bagi perusahaan.

5. Meminta Feedback dari Konsumen

Ulasan yang baik dari konsumen dapat meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap bisnismu. Kamu bisa meminta feedback dari konsumen mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan. Selain itu, jangan pernah menutup mata pada berbagai saran atau kritik. Tentu saja agar bisnis kamu semakin berkembang dan tidak stuck di tempat.

Nah, itulah sederet tujuan dan cara analisis peluang bisnis yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa bekerja sama dengan rekan bisnismu untuk menganalisis hal ini. Namun kadang manusia itu pelupa ya DoCheckers? Agar kamu nggak kelupaan, kamu bisa pakai aplikasi social to-do list DoCheck.

Di aplikasi DoCheck, kamu membuat goals-mu sendiri termasuk dalam menganalisis peluang bisnis dan step by step yang akan kamu lakukan. Selain itu, kamu bisa share goals yang kamu punya kepada teman-temanmu. Simpel dan menarik banget, ya?

Kamu bisa download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store secara gratis, lho! Yuk buruan bikin goals keren versi kamu!


Terbaru

Kategori

Scroll to Top