zeigarnik effect

Arti Zeigarnik Effect dan Manfaat yang Ditimbulkannya


Kamu pernah gak sih, lagi liburan tapi malah kepikiran pekerjaan yang belum selesai? Kalau tiba-tiba kepikiran, pasti mood happy kamu langsung berubah jadi kurang baik, ya. Nah, kondisi ini dikenal dengan istilah zeigarnik effect. Mungkin kamu masih asing mendengar kata ini, tapi tanpa kamu sadari, efek ini sering kamu alami.

Zeigarnik effect pertama kali dicetuskan oleh Bluma Zeigarnik, sekitar tahun 1920. Awalnya, Bluma Zeigarnik melihat pelayan restoran yang mencoba mengingat daftar pesanan, tapi saat pesanan itu selesai, daftar pesanan itu dilupakan oleh si pelayan. Kejadian ini membuat Bluma melakukan experience tentang zeigarnik effect. Hasil dari experience menyatakan, bahwa peserta yang diberi task dan kemudian dihentikan, akan lebih mengingat pekerjaan yang belum terselesaikan dibandingkan pekerjaan yang sudah dikerjakan.

Salah satu contoh dari zeigarnik effect, misalnya saat sedang fokus mengerjakan pekerjaan tapi tiba-tiba berhenti karena kegiatan lain, maka akan sulit berkonsentrasi penuh pada kegiatan itu. Kamu tidak bisa fokus, sampai kegiatan sebelumnya selesai dikerjakan. Sehingga, kamu akan berusaha menyelesaikannya terlebih dahulu.

Setelah paham dengan arti zeigarnik effect, ternyata efek ini punya banyak manfaat bagi produktivitas dan kelancaran kegiatan sehari-hari, loh. Penasaran kan apa saja manfaatnya? Nah, berikut ini DoCheck sudah merangkumnya untuk kamu:

1. Mengatasi Prokrastinasi

Zeigarnik effect
Photo By Pixabay From Pexels

Prokrastinasi merupakan istilah yang digunakan untuk sifat menunda pekerjaan. Saat kamu melakukan prokrastinasi, kamu membuang-buang waktu yang sebenarnya berharga dan tidak digunakan dengan baik. Mungkin beberapa orang ada yang menguasai beberapa bidang, namun jarang yang bisa mengatasi sifat prokrastinasi. Sehingga prokrastinasi menjadi skill penting yang harus diterapkan dalam kegiatan sehari-hari.

Faktor yang membuat seseorang menunda pekerjaannya, antara lain orang yang diberikan kebebasan untuk menentukan keputusan sendiri atas aksinya, akan lebih mudah bingung untuk menentukan prioritas. Tidak disiplin juga menjadi faktor seseorang menunda pekerjaanya, orang yang dibiasakan disiplin waktu akan memiliki motivasi belajar yang besar dan kebiasaan yang positif.

Prokrastinasi tidak sama dengan sifat malas. Alasannya, prokrastinasi hanya menunda karena belum ada keinginan untuk memulai suatu pekerjaan. Namun, sifat malas akan membuat seseorang sama sekali tidak mengerjakan pekerjaan tersebut.

2. Mengubah Kebiasaan Belajar

Photo By George Dolgikh From Pexels

Dengan adanya zeigarnik effect, kebiasaan belajar siswa akan ikut berubah. Misalnya, saat akan menghadapi ujian, daripada belajar disaat waktu mepet dan sempit karena terbiasa menunda pekerjaan, lebih baik belajar dari hari-hari sebelumnya. Agar semua materi bisa kembali dipelajari dan bisa beristirahat sejenak disela-sela belajar. Sehingga kamu bisa melaksanakan ujian dengan baik.

Kamu bisa membuat to-do list tentang materi pelajaran apa yang paling penting untuk kembali dipelajari. Tuliskan juga waktu istirahat, agar pikiran kembali fresh. Setelah itu mulai mengerjakan lagi pekerjaan yang belum selesai.

3. Meningkatkan Produktivitas

Photo By Jopwell From Pexels

Kamu tidak akan merasakan zeigarnik effect, jika keseharian kamu diisi dengan hal-hal produktif. Kamu akan berusaha menyelesaikan pekerjaan yang dianggap paling penting dan tidak akan berpindah ke kegiatan lain sebelum kegiatan yang paling penting selesai.

Untuk membuat daftar kegiatan produktif, kamu bisa menggunakan sistem produktif 139. Sistem ini akan dibedakan menjadi 4 level kegiatan yang kamu harus lakukan setiap harinya. Angka 1 untuk menandakan tugas yang paling prioritas dan tidak boleh berpindah ke task lain sebelum selesai. A3 menandakan prioritas task yang bisa dikerjakan setelah task 1. Angka 9 menandakan task yang tidak menjadi prioritas dan terakhir untuk sisa tugas yang tidak mendesak.

4. Memengaruhi Kesehatan Mental

zeigarnik effect
Photo By Andrea Piacquadio From Pexels

Dampak dari zeigarnik effect juga berpengaruh pada kesehatan mental. Misalnya, kamu belum menyelesaikan suatu pekerjaan, hal itu akan menjadi beban pikiran yang menyebabkan tidak percaya diri, stres, cemas, hingga susah tidur.

Kebalikannya, jika kamu sudah menyelesaikan pekerjaan tersebut, maka akan meningkatkan rasa percaya diri atas pencapaian yang didapat. Memberikan perasaan senang, tenang, dan kesejahteraan psikologis lainnya.

Nah, sekarang sudah paham kan arti dari zeigarnik effect dan manfaat yang ditimbulkannya. Ternyata efek ini sering kita rasakan, ya, walaupun baru tau tentang istilahnya. Sebagai salah satu manfaat dari efek ini, yaitu mencegah prokrastinasi (menunda pekerjaan), jadi membuat to-do list kegiatan sehari-hari, sangat dianjurkan. Agar kita tau mana tugas yang punya prioritas penting dan bisa dikerjakan semaksimal mungkin.

Untuk memulai to-do list, tenang aja, DoCheck punya aplikasi to-do list yang bisa membantu kamu. Yuk, download aplikasinya di sini, dan kamu bisa langsung pakai semua fiturnya, GRATIS!


Latest

Category

Scroll to Top