keluar dari zona nyaman

Hidup Gitu-Gitu Aja? Yuk Cobain Keluar dari Zona Nyaman!


Selalu ada perubahan dalam hidup yang memaksa untuk tetap berjalan ke depan. MinCheck meyakini kalau manusia nggak bisa statis saat waktu memaksa untuk dinamis. Kalau kamu sedang merasa hidup kamu begitu-begitu saja, mungkin kini saat yang tepat untuk keluar dari zona nyaman.

Katanya, mumpung masih muda, kamu bisa mencoba hal-hal yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Namun sebelum MinCheck membahas cara keluar dari zona nyaman, yuk simak pengertian zona nyaman itu sendiri. Simak ulasan dari MinCheck dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

Pengertian Zona Nyaman

Zona nyaman atau comfort zone adalah suatu kondisi dimana kamu merasa nyaman dengan keadaanmu, namun kamu nggak memiliki effort untuk mengubah kondisi tersebut. Hmm.. terlihat menarik namun cukup rumit ya, DoChekers?

Biasanya nih, zona nyaman terbentuk karena kamu sudah terbiasa berada dalam kondisi tertentu. Zona nyaman yang MinCheck maksud sangatlah luas dan nggak terpaku pada satu kondisi saja. Contohnya nih, kamu merasa kalau kamu nggak jago public speaking, namun kamu merasa oke-oke saja dengan kondisi tersebut. Contoh lain, kamu betah menjalani profesimu saat ini dan tidak memiliki niat untuk menaikkan level kemampuanmu atau tidak peduli dengan jenjang karier. Nah, inilah contoh zona nyaman yang MinCheck maksud.

Pertanyaannya, apakah bagus untuk berada secara terus menerus di dalam zona nyaman? Kira-kira seberapa besar ya pengaruh keluar dari zona nyaman untuk perkembangan dirimu?

Pentingnya Keluar dari Zona Nyaman

Ini lho pentingnya keluar dari zona nyaman.
Ini lho pentingnya keluar dari zona nyaman. (Foto rawpixel.com via Freepik)

Memang sih, semua orang pasti memilih berada di zona yang membuat mereka nyaman. Namun, ternyata penting banget lho untuk keluar dari zona nyaman. Mengapa demikian? Mari simak alasannya!

Terjebak dalam Zona Nyaman dapat Mematikan Kreativitas!

Hati-hati lho, DoCheckers! Terlena terlalu lama berada di zona nyaman dapat menurunkan bahkan mematikan kreativitasmu, lho! Mengapa demikian? Kalau kamu sudah terbiasa dengan aktivitas yang monoton, otak kamu tidak bekerja menjadi lebih kreatif.

Akhirnya, hidup kamu menjadi gak punya tantangan. Padahal, untuk usia produktif, mengeksplor ide atau kreativitas adalah hal yang penting. MinCheck yakin kalau kreativitas dapat membuat seseorang berkembang dan lebih produktif. Oleh karena itu, penting banget untuk berusaha keluar dari zona nyamanmu.

Baca juga: Penting Untuk Membuat Konten, Ini Cara Tingkatkan Kreativitas

Kamu Lebih Mengenal Potensi Diri

Kalau kamu nggak berusaha untuk eksplor hal-hal baru, kamu jadi nggak tau potensi yang ada dalam dirimu. Siapa tahu dengan keluar dari zona nyaman kamu mampu menemukan hal-hal yang kamu suka. Apalagi kalau kamu seorang pelajar, penting banget lho untuk eksplor kemampuanmu.

Pasalnya, dengan mengenali potensi diri, kamu jadi tahu arah kariermu. Kamu jadi punya yang namanya career plan dan gak kebingungan lagi dengan karier yang ingin kamu tuju. Selain itu, dengan adanya potensi diri kamu lebih tahu goals yang hendak kamu capai dalam hidup. Menarik, bukan?

Baca juga: Potensi Diri: Simak Pengertian dan Cara Mengenalinya!

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Seperti yang MinCheck sebutkan di atas kalau zona nyaman mampu membuatmu mengenali potensi diri. Nah, kamu tahu gak sih tanpa kamu sadari hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri? Yup, kamu memiliki kemampuan yang kamu gali sendiri dan hal ini membuat kamu menjadi lebih yakin dengan dirimu. Rasa percaya diri mampu membuatmu berkembang.

So, kalau kamu ingin lebih percaya diri, cobain deh hal baru yang belum pernah kamu lakukan dan keluar dari comfort zone.

Keluar dari Zona Nyaman Membuat Hidup Lebih Challenging

Mencoba hal baru membuat hidupmu lebih menantang. Selain itu, kamu bisa melatih diri untuk menghadapi hal-hal yang sebenernya nggak kamu suka. Bukankah hidup lebih menyenangkan kalau punya tantangan?

Melalui tantangan, kamu akan belajar untuk mengatasi masalah dan menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran hidup. Let’s live your own life!

Kamu Lebih Tahu Prioritas

Menurut Positive Psychology, keluar dari zona nyaman memungkinkan kamu untuk mengatur skala prioritas. Sebagai contoh, alih-alih kamu berada di dalam zona nyamanmu, kamu jadi lebih tahu hal-hal yang penting untuk kamu kembangkan. Get out from comfort zone make it easier to set your goals in life.

Nah, setelah tahu beberapa alasan pentingnya di atas, kamu juga perlu tahu apa saja sih kira-kira manfaat yang kamu dapat kalau kamu keluar dari zona nyamanmu?

Manfaat Keluar dari Zona Nyaman

Inilah sederet manfaat yang kamu dapatkan kalau kamu comfort zone, antara lain.

  1. Wawasan kamu menjadi lebih luas
  2. Networking pun ikut meluas
  3. Tahu kelebihan dan kekurangan dalam dirimu
  4. Lebih cepat sukses
  5. No more insecurity karena tahu potensi diri

Cara Keluar dari Zona Nyaman

Sederet cara keluar dari zona nyaman yang dapat kamu terapkan.
Sederet cara keluar dari zona nyaman yang dapat kamu terapkan. (Foto via Freepik)

Mungkin sebagian dari kamu merasa kebingungan bagaimana cara memulai keluar dari zona nyaman. Oleh karena itu, MinCheck akan merinci berbagai cara yang bisa kamu terapkan untuk keluar dari comfort zone, yaitu sebagai berikut ini.

1. Melakukan Kebiasaan Kecil yang Belum Pernah Kamu Lakukan

Manusia memiliki waktu 24 jam dalam sehari. Kalau kamu gabut, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan di luar zona nyaman kamu. Contohnya nih, kamu gak terbiasa berbicara dengan bahasa Inggris. Namun, kamu bisa melakukan langkah kecil dengan mencoba belajar berbicara bahasa Inggris ketika sedang mengobrol dengan temanmu.

Awalnya mungkin akan terasa canggung, namun nggak ada salahnya lho! Melalui kebiasaan kecil ini, kamu akan terbiasa dan mendapatkan skill yang baru. Jangan malu atau ragu, ya! Kalau kamu nggak mau terjebak di zona nyamanmu.

Selain itu, kamu bisa melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang berguna untuk pengembangan dirimu. Sebagai contoh, berhenti prokrastinasi. Dilansir dari laman Cermati, kamu bisa memotivasi dirimu sendiri untuk mencegah kebiasaan menunda pekerjaan. Selain itu, lakukanlah hal-hal yang membuat kamu bersemangat.

Baca juga: Prokrastinasi: Apa, Penyebab, dan Cara untuk Mengatasinya

Ketika kamu merasa jenuh dan bosan, nggak ada salahnya untuk rehat sejenak untuk melakukan hobi yang kamu suka. Jangan lupa, berikan self reward untuk dirimu sendiri apabila sudah berani melakukan kebiasaan kecil secara konsisten.

2. Keluar dari Zona Nyaman dengan Belajar Hal Baru

Mempelajari hal baru juga termasuk salah satu cara agar kamu dapat keluar dari zona nyaman. Kamu bisa memulai dengan merinci hal-hal yang menarik minatmu. Setelah itu, kamu mengerucutkan hal yang akan kamu coba.

Memang tidak instan sih, namun hal ini bisa jadi salah satu cara ampuh untuk menemukan a passion-mu juga. Selain itu, efek positif yang bisa kamu dapatkan ketika belajar hal baru adalah, kamu memiliki wawasan yang luas.

Sejatinya, manusia belajar setiap harinya untuk tetap tumbuh. MinCheck yakin kalau belajar hal baru nggak bikin kamu rugi. Justru, kamu jadi tahu banyak hal! Apabila pengetahuan kamu bertambah, hal ini secara signifikan dapat memengaruhi cara berpikirmu lho. Kamu bisa menjadi pribadi yang terbuka terhadap segala hal.

3. Berpikir Positif

Berpikir positif termasuk salah satu cara keluar dari zona nyaman.
Berpikir positif termasuk salah satu cara keluar dari zona nyaman. (Foto timeimage via Freepik)

Cara lain yang dapat kamu coba untuk keluar dari zona nyaman adalah mencoba berpikir positif. Kamu bisa mencoba melihat sisi baik dari segala hal. Kalau sesuatu yang kamu lakukan akan berdampak baik bagi pengembangan diri kamu. Selain menerapkan mindset positif, kamu perlu menerapkan mindset kalau setiap orang tidak bisa langsung berhasil dalam mencoba suatu hal.

Kamu juga bisa mencatat sejauh mana progres yang telah kamu tempuh. Dalam hal ini, penting banget lho untuk menggunakan tools yang dapat membantumu tracking progress dari goals yang kamu buat. MinCheck merekomendasikan aplikasi DoCheck. Yup, aplikasi ini adalah first social to-do list yang membantu kamu dalam mencapai goals. Aplikasi DoCheck sangat cocok digunakan oleh anak muda yang ingin mengembangkan diri.

4. Tidak Takut Gagal

Kegagalan termasuk salah satu kata yang menakutkan. Namun, percaya deh, semua orang pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. Agar kamu nggak terjebak di zona nyaman, kamu harus berani untuk gagal.

Kalau kamu tidak takut gagal, kamu akan selalu mencoba berbagai kesempatan yang datang kepadamu. Mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman memang membutuhkan mindset seperti ini. Namun percayalah, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Kamu bisa sukses kalau kamu berani mencoba dan tidak takut menghadapi kegagalan.

5. Memiliki Niat yang Kuat

Cara ini adalah hal yang paling krusial yang dapat menuntunmu untuk keluar dari zona nyaman. Tanpa adanya niat yang mantap, maka akan percuma. Bulatkan niatmu untuk menggapai hal-hal baru yang ingin kamu kuasai. Mungkin ada kalanya kamu menemui jalan buntu, tapi percaya deh kalau hal tersebut merupakan proses yang harus kamu hadapi. Kumpulkan niat yang kuat dan say no to mager! Yuk kumpulkan niat yang besar untuk lebih produktif lagi.

Keluar dari comfort zone memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun kamu bisa memulai langkah-langkah kecil agar diri kamu berkembang. Semua yang kamu lakukan adalah untuk dirimu sendiri. Oleh karena itu, yuk tetap bersemangat untuk menjadi lebih baik setiap harinya!

Seperti yang MinCheck sebutkan di atas kalau kamu perlu tools yang dapat membantumu berkembang. DoCheck siap membantu kamu dalam menggapai goals dalam hidupmu. Kamu bisa tracking progress goals di aplikasi DoCheck, share goals yang sudah kamu buat, bahkan kamu bisa melihat rekomendasi goals dari KOL inspiratif lho! Kamu bisa melihat berbagai template goals yang beragam seputar produktivitas. Yuhuuu~

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store secara gratis! Kamu tidak dipungut biaya apa pun lho! Tetap semangat dan konsisten gapai mimpimu. MinCheck tunggu ya goals keren dari kamu!


Latest

Category

Scroll to Top