Cara meningkatkan kreativitas untuk mahasiswa

Cara Meningkatkan Kreativitas dengan 5 Langkah Sederhana


Apakah kamu sering kehabisan ide saat akan mengerjakan tugas? Atau sering bingung saat mendapatkan permasalahan yang membutuhkan ide-ide kreatif? Kamu berada di artikel yang tepat! Di sini kamu akan mengetahui lebih jauh cara meningkatkan kreativitas. Simak sampai habis, ya.

Pasti menyenangkan saat berkumpul dengan orang-orang kreatif. Misalnya seperti Agung Hapsah dengan konsep videonya yang selalu mamanjakan mata, Maudy Ayunda dengan karya-karyanya, atau dengan teman-temanmu yang tidak pernah kehabisan ide.

Pengertian Kreativitas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maksud kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta. Kata ini memiliki arti lain sebagai daya cipta. Jadi, dari pikiran yang kreatif kamu akan bisa menciptakan sesuatu. Entah itu dalam bentuk ide yang menarik, ataupun solusi yang sangat membantu. Untuk meningkatkannya, ini dia lima langkah sederhana yang bisa kamu lakukan.

Cara Meningkatkan Kreativitas

Kamu bisa menggunakan fitur list di aplikasi Docheck untuk membuat catatan. Cara untuk meningkatkan kreativitas ini tidak akan berfungsi kalau kamu tidak melaksanakannya. Coba terapkan, ya!

1. Menulis atau Membuat Coretan Ide

Membuat coretan untuk meningkatkan kreativitas.
Membuat coretan untuk meningkatkan kreativitas. Foto oleh fauxels via Pexels.

Misalnya kamu membutuhkan ide desain untuk tugas kuliah. Kamu bisa memulainya dengan menguraikan pikiran-pikiran yang ada dikepalamu melalui tulisan tangan. Coba juga menggambarkannya dengan coretan-coretan yang bisa kamu lihat kembali nantinya. Biasanya, seseorang akan menemukan ide dari coretan ngasal yang tidak disengaja. Kamu juga bisa coba untuk mendapatkannya.

Baca Juga: 5 Hobi Terbaik Untuk Melepas Stres, Wajib Dicoba!

2. Berkumpul dengan Orang-Orang Kreatif

Berkumpullah dengan orang-orang kreatif untuk menyerap ilmunya.
Berkumpulah dengan orang-orang kreatif untuk menyerap ilmunya. Foto oleh fauxels via Pexels.

Orang-orang kreatif yang dimaksud di sini tidak hanya orang yang sudah populer atau terkenal. Bisa saja kamu berkumpul dengan teman yang kamu yakini dia cukup kreatif. Atau kamu juga bisa berkumpul dengan para ahli di bidang kreatif dengan mengikuti webinar-webinarnya. Cobalah bertanya dan menyerap ilmu bagaimana mereka menemukan ide yang unik dan menarik.

Kamu juga bisa berbicara kepada orang yang lebih muda dari kamu, misalnya seperti anak-anak atau remaja. Mereka biasanya memiliki pemikiran yang cukup unik dalam memandang suatu masalah. Kamu bisa memperhatikan cara mereka berpikir dan menanggapimu. Percayalah bahwa ide kreatif bisa datang dari siapa saja dan dari mana saja.

3. Mengembangkan Kreativitas dengan Membaca Buku

Mengembangkan kreativitas dengan membaca buku
Cobalah membaca buku agar semakin kreatif. Foto oleh THIS IS ZUN via Pexels.

Dilansir dari Sodexo, membaca buku disebut bisa mengembangkan kreativitas. Mungkin kamu bukan tipe orang yang suka membaca. Namun cobalah untuk menghilangkan rasa tidak suka terhadap membaca demi mengembangkan kreativitas.

Apabila kamu ingin mendapatkan ide untuk tugas-tugasmu, kamu bisa membaca buku yang relate dengan topik tugas yang kamu kerjakan. Jangan bosan juga untuk mencari model bacaan yang kamu suka. Misalnya, buku berilustrasi, atau buku digital yang bisa dibawa kemana-mana, atau buku yang bisa kamu dapatkan gratis dari perpustakaan. Cobalah mencatat dari apa yang kamu baca agar bisa lebih lama mengingat materi-materinya.

Baca Juga: Cara Konsisten Belajar dengan Aturan 1%

4. Melakukan Hal Baru bisa Meningkatkan Kreativitas

Kreativitas bisa tersumbat saat kamu terjebak dengan rutinitas yang membosankan. Cobalah untuk melakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Misalnya bermain ukulele, bermain game dengan teman, jalan-jalan ke tempat yang belum pernah dikunjungi, menonton film terbaru dan sebagainya.

Baca Juga: Nonton Film, Aktivitas Me Time yang Affordable!

Saat melakukannya, kamu akan merasa rileks dan seakan tidak memiliki beban. Hal ini yang kemudian akan membuat pikiranmu menjadi lebih mudah untuk memunculkan ide-ide kreatif. Perasaan senang yang timbuk setelah melakukan hal baru juga sangat berguna untuk menjaga emosimu tetap bagus.

5. Mengambil Waktu Istirahat

Tidur sejenak juga bisa meningkatkan kreativitas. lho!
Tidur sejenak juga bisa meningkatkan kreativitas. lho! Foto oleh Andrea Piacquadio via Pexels.

Berdasarkan artikel dari Glints, mengambil waktu istirahat ini tidak harus selalu tidur yang panjang. Kamu bisa melakukan power nap, atau tidur singkat seperti yang dilakukan oleh Albert Einstein atau Nikola Tesla. Kedua tokoh dunia ini biasanya tidur di kursi sambil membawa sesuatu yang akan terjatuh kalau mereka sudah terlelap. Misalnya bola metal, apabila terjatuh suaranya akan membuat mereka terbangun.

Salvador Dalí, dalam bukunya 50 Secrets of Magic Craftsmanship untuk calon pelukis, menguraikan tip untuk tidur siang mikro satu detik, dengan cara duduk tegak, kunci di tangan, atau piring terbalik di bawahnya. Sehingga, kalau barang-barang itu tersenggol atau terjatuh akan membuatmu terbangun. Kamu bisa melakukannya, apabila merasa istirahatmu sangat kurang karena banyak hal yang harus dilakukan. 

Itu dia 5 langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kreativitas. Kamu juga bisa mengeksekusi langkah-langkah ini dengan membuat to-do list di aplikasi DoCheck, lho! Coba ajak juga teman-temanmu untuk mengembangkan kreativitas bersama. Pasti akan lebih menyenangkan melakukannya bersama-sama. Download aplikasinya di  Play Store atau App Store sekarang!


Latest

Category

Scroll to Top