Cara menjadi pribadi produktif

5 Cara Menjadi Pribadi Produktif, Yuk Berubah!


Tidak terasa sudah 2 tahun masyarakat Indonesia belajar dan bekerja di rumah. Saat ini sekolah dan kantor sudah kembali seperti semula, kamu harus belajar atau bekerja di kantor lagi. Namun, reaksi orang-orang ternyata berbeda-beda. Ada yang merasa senang dan menjadi lebih produktif karena dapat bertemu dengan teman lagi, tapi, ada juga yang malas untuk beraktivitas di luar. Kok bisa sih? Sebab mereka sudah mulai terbiasa bekerja di rumah.

Menurut Glints, banyak orang tidak memiliki waktu untuk beradaptasi kebiasaan baru dari bekerja di rumah ke kantor. Akibat perubahan yang tiba-tiba ini, tingkat produktivitas mereka menjadi turun. Selain itu, hal-hal yang menghalangimu untuk menjadi produktif adalah suka menunda-nunda kerjaan, kurang tidur, terlalu sering membuka media sosial, dan tidak fokus. Lantas apakah ada solusinya? Tentu saja ada! DoCheck akan menjawab pertanyaanmu dengan tips cara menjadi pribadi produktif di bawah ini. Yuk, simak baik-baik ya!

1. Tentukan Targetmu dengan Jelas!

Tujuan yang jelas membantumu menjadi produktif
Tujuan yang jelas membantumu menjadi produktif (Foto oleh Markus Winkler/ Pexels) 

Jika kamu ingin meraih sesuatu, tentu kamu harus memiliki target yang jelas. Jadi, kamu tidak akan tersesat di tengah jalan. Contoh simpelnya, kamu ingin bekerja di luar negeri. Maka, target yang harus kamu capai adalah mendapat nilai sertifikat bahasa Inggris yang tinggi. Apabila kamu tidak memiliki tujuan yang spesifik seperti contoh ini, kamu akan bingung menentukan langkah-langkah selanjutnya. Bahkan, dilansir dari Positive Psychology memiliki tujuan yang spesifik dapat membantu menumbuhkan perilaku yang baik, fokus, dan mengatur hidup dengan tepat.

2. Pilih Prioritasmu Untuk Memudahkan Menjadi Produktif

Pilihlah prioritasmu dengan tepat!
Pilihlah prioritasmu dengan tepat! (Foto oleh Brett Jordan/ Pexels)

Setiap hari kamu pasti dihadapkan dengan berbagai macam pekerjaan atau tugas. Jika pekerjaan tersebut terlalu banyak, itu bisa menghambat produktivitasmu, loh! Karena yang dimaksud dengan produktif itu adalah kamu dapat meluangkan waktu secara efektif, tugas yang dikerjakan sesuai dengan prioritas, target harian tercapai, dan memiliki waktu istirahat yang seimbang. Oleh sebab itu, kamu harus memilih pekerjaan yang menjadi prioritasmu terlebih dahulu agar bisa menjadi produktif dengan benar. Bagaimana caranya? Dikutip dari cermati, ada 6 hal yang wajib kamu lakukan untuk menentukan prioritas pekerjaanmu. Yuk, perhatikan bersama di bawah ini!

  • Buat to-do list.
  • Tandai pekerjaan yang paling penting.
  • Fokus dalam mengerjakan tugas.
  • Delegasikan pekerjaan pada rekan kerja.
  • Cicil pekerjaan penting tapi deadline masih panjang.
  • Hapus tugas yang sudah selesai dari to-do list.

Baca juga: Time Blocking Membuat To-do List Jauh Lebih Efektif

3. Bangun Lebih Pagi Agar Semangat Menjadi Produktif!

Ingat, bangun pagi membuatmu semangat untuk produktif!
Ingat, bangun pagi membuatmu semangat untuk produktif! (Foto oleh Acharaporn Kamornboonyarush/ Pexels)

Tahukah kamu kalau bangun di pagi hari memiliki banyak manfaat? Menurut hellosehat, orang yang bangun di pagi hari akan lebih sukses karena bisa mengambil kesempatan lebih dulu dari orang lain, lebih bahagia, memiliki tubuh yang sehat dan bugar, membuat mental lebih positif, serta lebih produktif. Wah, banyak juga ya manfaatnya! Karena itulah, yuk usahakan untuk bangun lebih pagi! Jadi, kamu bisa semangat menjalani hari dan produktivitasmu pun bertambah.

4. Jangan Lupa Untuk Berolahraga!

Olahraga membantu tubuhmu tetap sehat untuk beraktivitas
Olahraga membantu tubuhmu tetap sehat untuk beraktivitas (Foto oleh Tirachard Kumtanom/ Pexels)

Jika kamu ingin badan dan otakmu terasa segar, kamu harus rajin berolahraga. Sebab apabila tubuhmu merasa tidak enak, kamu tidak akan bisa berpikir dengan maksimal. Duh, jangan sampai deh! Dilansir dari halodoc, dengan menyisihkan waktumu untuk berolahraga rutin kamu bisa mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan mental, dan memiliki mood yang baik sepanjang hari. Hasilnya kamu pun bisa menjadi produktif dengan sempurna! Kamu bisa mencoba dengan berlari kecil di daerah tempat tinggalmu, workout di rumah, atau aktivitas lainnya yang bermanfaat untuk tubuhmu. Jadi, ayo mulai hidup sehat dengan berolahraga!

5. Selalu Berusaha Maksimal dengan Tepat!

Untuk menjadi produktif, kamu harus tahu kapan melepaskan energi maksimal
Untuk menjadi produktif, kamu harus tahu kapan melepaskan energi maksimal (Foto oleh Fox/ Pexels) 

Seseorang yang produktif dapat mengetahui waktu yang tepat ketika ia harus mengerahkan tenaga dengan maksimal dan tidak. Mengapa begitu? Karena ia telah menentukan prioritas pekerjaannya. Jadi, tugas dapat selesai dengan hasil yang baik tanpa ada energi yang terbuang sia-sia. Tidak hanya itu, Inc menyebutkan bahwa bekerja berlebihan sehingga mengakibatkan kurang tidur yang dapat mengurangi kebahagiaan dan tingkat produktivitas akan menurun. Oleh sebab itu, jika kamu ingin menjadi produktif dengan benar, kamu harus mengetahui batasan dan prioritas pekerjaanmu.

Itu dia lima cara menjadi pribadi produktif. Apabila kamu mampu menerapkannya secara terus menerus, kamu akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan tingkat produktivitasmu akan tetap terjaga . Keren banget, ‘kan?

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan alat bantu untuk menjaga produktivitasmu sehari-hari. Ingin tahu apa itu? Ya, alat tersebut bernama DoCheck! Aplikasi membantu mengatur kegiatanmu, mengingatkanmu dengan tugas yang sering terlupakan, dan hebatnya lagi di sini ada rekomendasi to-do list yang bisa kamu coba agar hidupmu makin produktif. Lengkap banget, ya! Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download segera aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store GRATIS!

Baca juga: Manajemen Waktu agar Tetap Produktif Ala Farhan Jijima


Latest

Category

Scroll to Top