Manfaat magang untuk mahasiswa

5 Manfaat Magang untuk Mahasiswa, Apa Saja?


Apakah kamu mahasiswa tingkat akhir yang ingin merasakan dunia kerja? Hmm.. magang bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Manfaat magang bagi mahasiswa sangat beragam. Pasalnya, magang di perusahaan bisa menambah wawasan dan pengalaman kamu di dunia kerja. Bayangin, kamu bisa berkolaborasi sama orang-orang profesional di bidangnya. Ini bisa jadi kesempatan bagus buat kamu untuk belajar dari mereka.

Sebelum mengetahui manfaat magang, kamu perlu tahu definisinya. Singkatnya, magang adalah bagian dari sistem penyelenggaraan pelatihan kerja terpadu antara pelatihan dan bekerja secara langsung dalam lembaga pelatihan (perusahaan/instansi). Biasanya, peserta magang berada di bawah bimbingan orang profesional di bidangnya. Magang memberi gambaran singkat sebelum kamu benar-benar terjun berkarier. Lalu, apa saja sih manfaatnya untuk mahasiswa? Yuk simak baik-baik ulasannya!

1. Manfaat Magang untuk Menambah Pengalaman Kerja

Manfaat magang untuk pengalaman dan melengkapi CV. (Foto CoWomen via Pexels)
Manfaat magang untuk pengalaman dan melengkapi CV. (Foto CoWomen via Pexels)

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan adalah pengalaman kerja. Gak hanya pengalaman teknis yang kamu dapatkan. Kamu juga akan belajar mengenai teamwork, time management, dan tentunya mengasah interpersonal skillsmu. Kamu akan tahu cara menghadapi rekan kerja, atasan, atau bahkan klien perusahaan. Asik, kan?

Sebagai fresh graduate yang nggak memiliki pengalaman kerja, magang bisa dilampirkan di CV-mu lho. Pasalnya, banyak pekerjaan yang mengharuskan mencantumkan minimum pengalaman kerja. Di sinilah kamu bisa merasakan manfaat magang itu sendiri.

Baca Juga: Magang dan Volunteer: Apa ya Bedanya?

Contohnya, kamu magang di perusahaan startup DoCheck sebagai aplikasi pengembangan produktivitas untuk generasi muda. Lalu, kamu menjadi Content Writer Intern di sana. Sebagai contoh, kamu bisa belajar dari tim marketing mengenai content planning, membuat content SEO friendly, dan cara membangun brand awareness agar DoCheck bisa dikenal oleh khalayak umum atau menggaet sasaran pasarnya.

Eits, tapi gak cuma itu. Kamu juga bisa tahu cara kerjasama tim, mengatur waktu biar tetap produktif biar kamu gak kejar-kejaran dengan deadline.

2. Membangun Kepercayaan Diri

Magang bermanfaat dalam membangun kepercayaan diri. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)
Magang bermanfaat dalam membangun kepercayaan diri. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Dilansir dari Indeed, manfaat magang adalah untuk membangun kepercayaan diri. Mahasiswa atau fresh graduate seringkali mengalami culture shock karena transisi dari dunia perkuliahan ke dunia kerja. Mungkin kamu mengalami yang namanya tidak pede karena tidak adanya pengalaman kerja. Pokoknya, no insecure insecure club, deh!

Nah, magang bermanfaat untuk membangun kepercayaan dirimu. Adanya pengalaman magang membantu kamu untuk unjuk gigi. Contohnya, ketika kelak akan melakukan interview kerja, kamu bisa mengatakan kepada rekruter kalau kamu memberikan kontribusi di tempat kamu magang. Kamu bisa menjelaskan jobdesc-mu selama kamu magang. Pastikan kamu lakukan yang terbaik dan maksimalkan potensimu ketika magang, ya!

Baca Juga: Kurang Pede? Intip Dulu Manfaat Sikap Percaya Diri Ini!

3. Magang Membantumu Membangun Networking

Manfaatkan magang untuk perbanyak relasi. (Foto Visual Tag Mx via Pexels)

Magang membantu kamu untuk berkenalan dengan orang baru. Membangun networking atau relasi dengan orang baru dapat membuka kesempatan untuk menambah insight atau bahkan peluang untuk berkarier. Mantap banget, kan?

Kalau kinerja kamu bagus selama magang, gak menutup kemungkinan kalau kamu akan dijadikan sebagai pegawai tetap alias full time. Selain itu, kamu juga bisa dapat rekomendasi dari pekerja profesional apabila kelak kamu akan melakukan interview.

Baca juga : Simak Baik-baik 5 Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja

4. Manfaat dapat Penghasilan dari Magang

Magang bisa jadi sumber cuan, lho! (Foto Karolina Grabowska via Pexels)

Sebelum mendapat gaji dari pekerjaan full time, magang bisa membantu kamu menghasilkan pundi-pundi rupiah. Terdapat beberapa perusahaan yang membayar mahasiswa magang di tempat mereka. Penghasilan magang bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari untuk kuliah atau jadi uang jajan. Asik banget, kan? Kamu bisa dapat pengalaman dan penghasilan di satu waktu.

5. Eksplorasi Karier yang Cocok untuk Kamu

Manfaatkan magang untuk mengeksplorasi kariermu! (Foto Magnetme via Pexels)

Manfaat lain yang bisa kamu dapat adalah, kamu bisa mengeksplorasi karier yang cocok untuk kamu. Kamu bisa tahu apakah yang kamu kerjakan ketika magang sesuai dengan skill dan kepribadianmu. Kamu punya kesempatan untuk tahu jobdesc suatu profesi tanpa terikat di dalamnya. Kalau profesi tersebut cocok denganmu, kamu bisa terus mengasah skillmu biar lebih expert!

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Hal Penting dalam Persiapan Magang!

Nah, itulah manfaat magang bagi kamu mahasiswa atau fresh graduate. Gimana? Sudah siapkah kamu melangkah ke dunia kerja yang sesungguhnya? Selagi ada kesempatan untuk magang, jangan takut mencoba ya! Seperti kata pepatah, kalau kamu gak coba dulu maka kamu gak akan pernah tahu. Hal ini tentu saja untuk mengembangkan diri kamu dan tahu potensi di diri kamu.

Baca Juga: Memilih Karier yang Tepat untuk Gen Z

Oh iya, kamu bisa lho membuat goals selama kamu magang dan prepare untuk magangmu dengan aplikasi DoCheck. Aplikasi ini cocok banget buat bikin to-do list kamu biar gak berantakan. Kamu juga bisa buat list perusahaan yang akan kamu apply. Simpel dan berguna banget, kan? Untuk aplikasinya bisa kamu download secara gratis di Play Store dan App Store. Gas!


Latest

Category

Scroll to Top