5 Bisnis Online untuk Pelajar dengan Modal Minim dan Tipsnya


Semenjak beberapa tahun yang lalu, kayaknya bisnis pelajar sudah mulai banyak bermunculan, ya. Terlebih lagi, di era sosial media seperti sekarang ini sudah tersedia banyak pilihan bisnis online untuk pelajar. Pasti banyak, nih, di antara kamu dan lingkar pertemananmu yang gemar mengumpulkan cuan sembari menuntut ilmu. Hal ini turut menjelaskan bahwa ternyata banyak sekali pelajar yang sudah menata masa depannya dengan memulai usaha.

Ini adalah suatu hal yang patut untuk diapresiasi, lho. Soalnya, biasanya seorang pelajar yang menjalankan bisnis harus menyesuaikan waktunya untuk belajar dan berbisnis. Oleh karena itu, kamu yang masih pelajar pun perlu memiliki berbagai kemampuan yang mumpuni, seperti kreativitas dan manajemen waktu yang baik pula.

Baca Juga: Wajib Punya! 6 Skills Penting Untuk Menjadi Pengusaha

Akan tetapi, biasanya pelajar yang mau berbisnis pasti bakal menjumpai kebingungan, nih. Biasanya, kebingungan pertama yang akan kamu hadapi adalah bingung mau usaha apa. Namun, kamu nggak perlu bingung apalagi sampai panik, DoCheckers. MinCheck sudah siapkan daftar bisnis online untuk pelajar yang bisa kamu coba. Ada banyak ide, lho! Bahkan, beberapa dari daftar yang sudah MinCheck siapkan adalah bisnis online modal kecil untuk pelajar.

Rekomendasi Bisnis Online untuk Pelajar yang Patut Dicoba

Kira-kira apa saja, sih, bisnis online untuk anak sekolah yang praktis dan nggak butuh modal yang terlalu banyak? Memangnya ada, ya? Eits, pastinya ada, dong. Tertarik buat coba? Makanya, simak list dari MinCheck sampai habis, ya!

1. Berjualan Pulsa dan Kuota, Bisnis Online Pelajar yang Praktis

Rekomendasi bisnis online untuk pelajar yang pertama adalah berjualan pulsa dan kuota. Tentunya kamu sudah tidak asing dengan usaha yang satu ini, dong? Sebenarnya, ini adalah usaha yang sudah ada sejak lama, bahkan sebelum sosmed dan internet secanggih sekarang. Akan tetapi, bisnis ini akan terus menguntungkan, terutama bagi para pelajar yang baru ingin menoba masuk ke dunia bisnis. Alasannya sederhana, karena kamu tidak akan kehilangan pangsa pasarmu. Soalnya, dimanapun kamu berada, pasti ada orang yang butuh pulsa dan kuota. Terutama dari kalangan sesama pelajar.

Ditambah lagi, keuntungannya juga bisa dibilang lumayan banget, lho, untuk ukuran pelajar. Selain itu, cara menjalankan bisnis berjualan pulsa dan kuota pun relatif mudah dijalankan, terutama bagi para pelajar yang relatif lebih melek dengan teknologi. Menurut laman Mekari Jurnal, kamu hanya perlu mencari distributor pulsa dan kuota yang berkualitas dan sesuai denganmu. Selain itu, kamu juga perlu memberikan layanan terbaik untuk para pelangganmu. Di samping itu, kamu juga bisa memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk melakukan promosi. Cukup mudah, bukan?

Baca Juga: 5+ Contoh Media Promosi Online untuk Kembangkan Bisnismu

2. Freelance

Freelance cukup menjanjikan bagi pelajar untuk memulai bisnis.
Freelance cukup menjanjikan bagi pelajar untuk memulai bisnis. (Gambar Magnet.me via Unsplash)

Contoh bisnis online untuk pelajar selanjutnya yang bisa kamu coba adalah freelance. Dilansir dari laman Kata Data, freelancer adalah suatu bidang pekerjaan yang membebaskan seseorang untuk bekerja secara lepas dengan menyediakan berbagai layanan kepada pihak luar, seperti perusahaan dan lain sebagainya.

Dari penjalasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa freelancer sangat cocok menjadi bisnis online untuk pelajar. Kenapa? Soalnya pelajar bisa merasakan sensasi bekerja secara profesional, tetapi bebas untuk bekerja dari mana saja karena tidak termasuk sebagai karyawan. Pas banget kan buat pelajar yang punya keahlian atau spesialisasi di bidang tertentu. Misalnya seperti di bidang desain grafis, kepenulisan, fotografi, videografi, dan berbagai keahlian lainnya.

Baca Juga: Ingin Menjadi Freelancer Tapi Bingung? Ikuti 7 Cara Ini!

3. Reseller

Reseller merupakan salah satu bisnis online untuk anak sekolah yang banyak diminati juga. Namun, kamu perlu merogoh kocek juga untuk menjalankan bisnis yang satu ini, DoCheckers. Dilansir dari laman Majoo, reseller membeli barang dari pemasok dengan harga yang lebih rendah, kemudian baru kamu bisa menjualnya dengan harga normal. Jadi, kamu perlu modal yang cukup, serta berbagai persiapan lainnya karena kamu benar-benar berposisi sebagai penjual. Beberapa hal yang perlu kamu siapkan itu termasuk tempat penyimpanan produk, strategi pemasaran, dan lain-lain.

Hmm, kedengarannya cukup menantang, ya? Apakah kamu tertarik menjadi seorang reseller?

4. Dropshipper, Bisnis Online Modal Kecil untuk Pelajar

Sepintas mungkin kamu mengira kalau dropshipper adalah bidang pekerjaan yang sama dengan reseller. Akan tetapi, ternyata keduanya adalah pekerjaan yang berbeda, lho, meskipun sekilas terdapat kemiripan. Seperi yang MinCheck jelaskan di atas, reseller adalah pedagang yang perlu membeli barang dari pemasok sebelum dipasarkan kembali. Sementara itu, dropshipper adalah seorang pedagang yang tak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Bahkan, kamu bisa menjadi dropshipper tanpa mengeluarkan sepersen pun uang, lho.

Menurut laman Cermati, seorang dropshipper memang lebih erat kaitanya dengan dunia pemasaran. Jadi, bisa dikatakan kalau kamu ingin menjajal bisnis online pelajar yang satu ini, kamu harus memperkaya ilmu dan kemampuanmu soal bidang marketing.

5. Content Creator

Kalau yang satu ini, sepertinya bakal menjadi rekomendasi bisnis online untuk pelajar yang paling diminati, sih. Soalnya, di era sosial media seperti sekarang ini, kamu semua pasti berkiblat pada para content creator yang kamu sukai. Selain itu, nggak jarang juga ada keinginan dalam diri kamu untuk menjadi seperti sosok yang kamu idolakan. Maka dari itu, sekarang pun bermunculan para content creator baru dengan keunikannya masing-masing.

Akan tetapi, sebenarnya apa, sih, yang disebut sebagai content creator itu? Dilansir dari laman Niagahoster, content creator adalah sebutan untuk orang yang memproduksi konten, baik itu berupa gambar, video, tulisan, maupun suara dan diunggah di berbagai platform.

Namun, satu hal yang perlu kamu ingat adalah menjadi seorang content creator yang sukses itu memerlukan waktu Jadi, kamu jangan sampai menjadi orang yang menghalalkan segala cara hanya untuk menjadi viral, ya! Apalagi, kamu masih berstatus sebagai pelajar. Kamu bisa membuat konten yang berasal dari hal-hal yang kamu minati terlebih dahulu. Setelah itu, baru kamu bisa menyesuaikannya dengan tren yang sedang berlaku.

Baca Juga: 7 Tips Ampuh Cara Jadi Content Creator untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Online untuk Anak Sekolah

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum mmemulai bisnis online, terutama sebagai seorang pelajar.
Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum memulai bisnis online, terutama sebagai seorang pelajar. (Gambar SHVETS production vis Pexels)

“Kalau aku belum pernah berbisnis sebelumnya, aku harus gimana, dong?”

Kamu nggak perlu khawatir, DoCheckers! Soalnya, MinCheck akan bagikan tips memulai bisnis online yang pastinya bisa kamu terapkan. Bahkan, tips ini juga bisa diterapkan meskipun kamu pemula sekalipun, lho. Simak baik-baik, ya!

1. Perbanyak Ilmu Bisnis

Kamu seorang pelajar yang baru mau memulai bisnis online untuk anak sekolah? Maka, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah belajar. Tentunya, belajar di sini berarti mempelajari segala hal yang berkaitan dengan ilmu bisnis, ya. Kamu perlu tahu berbagai hal fundamental yang menjadi dasar dalam berbisnis. Kamu juga bisa mempelajari tips dan kiat-kiat berbisnis dari berbagai sumber, seperti buku dan video YouTube.

Dengan perbekalan berupa ilmu yang cukup, kamu pun bisa menentukan bisnis yang cocok untukmu.

2. Persiapkan Berbagai Hal di Luar Konteks Bisnis yang Diperlukan

Oleh karena statusmu masih pelajar, ada hal-hal di luar konteks bisnis yang perlu kamu persiapkan, nih. Berikut contohnya:

  1. Izin orang tua
  2. Mental yang kuat
  3. Modal yang cukup
  4. Komitmen
  5. Kemampuan manajemen waktu yang baik
  6. Persiapkan exit plan apabila kamu gagal

3. Lakukan Persiapan Bisnis yang Matang

Kamu bosan nggak, sih, dengar tips dari MinCheck untuk melakukan persiapan yang matang dan menentukan target sebelum memulai bisnis? Sayangnya, memang itu adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis online untuk pelajar, apalagi sebagai seorang pemula. Dengan melakukan perencanaan bisnis, kamu tidak akan kebingungan saat menjalankan eksekusi nantinya, lho. Hal ini dikarenakan manfaat dari perencanaan bisnis yang bisa membuat segala urusan bisnismu lebih terarah, termasuk strategi marketing dan perencanaan keuangannya.

Tuh, makanya jangan males buat menyusun perencanaan bisnis, ya! Kamu bisa memakai aplikasi DoCheck untuk membuatnya, lho!

Jika kamu merasa belum bisa menjalankan bisnis sendiri, coba perhitungkan untuk mencari rekan bisnis. Kamu bisa coba menjalin kerja sama dengan teman sesama pelajar yang sudah memiliki pengalaman dalam berbisnis. Lumayan kan, kamu jadi bisa belajar langsung dari yang sudah berpengalaman.

Baca Juga: 5+ Tips Ampuh Memilih Partner Bisnis Biar Gak Kegocek

Buat para pelajar yang belum pernah berbisnis, udah mulai tertarik buat coba belum, nih? Lumayan kan bisa nambah uang jajan atau mengisi kegiatan pas lagi liburan. Jika kamu tertarik untuk mencoba peruntunganmu dengan coba menjalankan bisnis, tentu ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu, seperti membuat perencanaan. MinCheck sarankan kamu untuk membuatnya dengan aplikasi DoCheck.

Dengan DoCheck, kamu bisa membuat perencanaan dan mencatat berbagai hal, termasuk soal bisnis. Bahkan, kamu juga bisa memasukkan berbagai tips menjalankan bisnis online untuk pelajar, seperti yang MinCheck tuliskan di atas. Selain itu, kamu bisa memantau sejauh mana progress dari goals kamu, lho. Menarik banget, kan? Makanya, unduh DoCheck di Play Store dan App Store sekarang juga.


Latest

Category

Scroll to Top