Capai Target dengan Cara SMART! Anti Mandek

Gratis
Template dari
DoCheck
DoCheck

Metode SMART untuk Capai Goals

Apakah kamu kesulitan untuk mencapai target atau goals dalam hidup? Hmm.. bisa jadi kamu gak bisa sat-set karena tidak memakai cara yang efektif.

Coba deh cara S.M.A.R.T. untuk capai target di aktivitas harianmu.

Metode S.M.A.R.T. adalah strategi yang menggabungkan beberapa faktor agar jadi lebih fokus untuk meningkatkan peluang dalam mencapai target. Penasaran apa saja sih tahapan-tahapannya? Yuk simak berikut ini!

1. Spesific (Spesifik)

Saat akan melakukan sesuatu, kamu bisa merinci tujuannya secara spesifik dan terperinci. Kegiatan dengan tujuan yang spesifik membantu kamu untuk bisa lebih fokus, lho.

Kamu juga bisa merinci alasan mengapa harus mengerjakan kegiatan tersebut dan mengidentifikasi challenge yang mungkin akan kamu hadapi.

2. Measurable (Terukur)

Setelah kamu menentukan tujuan yang spesifik, selanjutnya kamu perlu memastikan kalau tujuan tersebut dapat diukur. Mengapa harus begitu? Supaya kamu bisa melacak progress dari kegiatan yang kamu lakukan.

3. Achievable (Bisa Dicapai)

Buatlah tujuan yang realistis sehingga kamu mudah untuk mencapainya. Achievable adalah salah satu tahapan metode SMART untuk mencapai target. Kamu bisa pilih dan pilah tujuan dari yang mudah untuk dicapai hingga yang susah dicapai atau perlu effort yang besar.

4. Relevant (Sesuai)

Kamu pun perlu make sure kalau kegiatan yang kamu lakukan relevan atau sesuai dengan goals yang ingin kamu capai. Sebetulnya gak ada salahnya sih untuk bersenang-senang sebentar, namun perlu ingat lagi targetmu, ya!

5. Timebound (Dibatasi Waktu)

Dengan adanya batas waktu, kamu jadi lebih giat melakukan kegiatan yang sudah kamu mulai agar bisa segera mencapai target. Kamu perlu tahu kalau bagi sebagian orang deadline dapat memotivasi, lho.

Category
Scroll to Top