Jadwal Harian untuk Si Kronotipe Beruang

Gratis
Template dari
DoCheck template Dodo
DoCheck template Dodo
DoCheck
DoCheck

Kronotipe adalah ritme sirkadian atau perbedaan aktivitas seseorang di pagi dan malam hari. Nah, dengan kronotipe ini kamu bisa memahami bagaimana jam produktivitasmu.

Salah satu kategori kronotipe yang ada adalah beruang. Si “beruang” punya waktu tidur yang panjang. Ia akan lebih produktif sebelum siang hari dan akan menurun setelah pukul 2 siang.

Buat kamu yang cocok dengan kronotipe beruang, coba cek jadwal harian berikut ini.

5-8 Pagi: Bangun dan Siap-siap

Jam 5-8 pagi adalah waktu yang ideal untuk bangun dan siap-siap. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk bersiap-siap seperti menyiapkan sarapan. Maksimalkan waktu ini untuk prepare sebelum beraktivitas.

8-2 Siang: Deep Work!

Ini adalah waktu yang tepat untuk memaksimalkan produktivitasmu. Kamu bisa fokus dan konsentrasi di jam ini untuk menyelesaikan tugas yang harus kamu kerjakan.

2-4 Sore: Mengerjakan yang Ringan

Ada baiknya, kamu merinci aktivitas yang akan kamu lakukan dengan cara membuat skala prioritas agar kamu bisa “membedah” aktivitas yang ringan hingga sulit dilakukan. Jam 2 hingga 4 sore adalah waktu yang ideal untuk mengerjakan tugas yang lebih ringan. Kamu bisa pakai aplikasi social to do list DoCheck untuk membuat to do list harianmu.

4-9 Malam: Santai dan Rileks

Setelah sebelumnya kamu sibuk mengerjakan berbagai tugas, biarkan dirimu untuk bersantai dan rileks di jam 4 hingga 9 malam. Kamu bisa melakukan kegiatan menghibur untuk melepas lelahmu misalnya dengan mendengarkan musik atau menonton film. Jangan terlalu memaksakan diri pada jam-jam ini, kamu bisa sedikit santai dan rileks untuk mengisi ulang tenagamu.

9-10 Malam: Persiapan Tidur

Pada jam 9 hingga 10 malam, usahakan untuk menghindari penggunaan gadget dan bermain media sosial. Lebih baik kamu mempersiapkan diri untuk beristirahat dan tidur.

Category
Scroll to Top