Kiat-kiat Menulis Novel Sampai Publish, Yuk Cobain!

Gratis
Template dari
DoCheck
DoCheck

Kiat-kiat Menulis Novel Sampai Publish

Novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat asli pelaku.

Kalau kamu tertarik menjadi seorang novelis dan ingin menerbitkan sebuah novel, yuk simak kiat-kiatnya berikut ini!

1. Tentukan Ide

Pertama, kamu perlu menentukan ide yang akan kamu eksekusi seperti tema apa yang akan kamu angkat? Kamu bisa melakukan riset mengenai tema yang akan kamu angkat.

2. Tentukan Sudut Pandang

Selanjutnya, kamu harus menentukan sudut pandang dari karakter yang akan kamu ceritakan. Biasanya ada dua sudut pandang dalam cerita, yaitu sudut pandang orang pertama atau orang ketiga.

3. Tentukan Penokohan dan Karakteristik

Setelah kamu menentukan ide dan sudut pandang tokoh, selanjutnya kamu perlu menentukan penokohan dan karakteristik masing-masing tokoh. Misalnya, tokoh A memiliki karakter sabar, tidak mudah putus asa, memiliki berbagai ambisi. Berbeda dengan tokoh B yang berkarakter licik, tidak mau kalah, suka berbohong. Kamu bisa menentukan hal-hal tersebut dan sesuaikan dengan idemu.

4. Tentukan Alur Cerita dan Setting

Selain menentukan tokoh dan karakteristiknya, kamu juga harus menentukan alur cerita dan setting seperti latar tempat, suasana, dan sebagainya. Bagaimana alur cerita dari novel yang kamu tulis? Bagaimana caranya konflik dan akhir cerita tersebut?

5. Buat Kerangka Cerita

Sebelum kamu mulai menulis, ada baiknya membuat kerangka cerita supaya kamu bisa mengembangkan tulisanmu menjadi lebih terarah.

6. Mulai Menulis

Setelah membuat kerangka cerita, saatnya mulai menulis! Yup, kamu bisa menulis cerita berdasarkan poin-poin di atas yang sudah kamu tentukan. Proses ini pasti sangatlah panjang dan perlu inspirasi.

7. Masuk Proses Editing

Proses editing juga termasuk step yang gak kalah krusial. Kamu perlu membaca ulang tulisanmu dan memastikan tidak ada kata yang saltik atau salah ketik. Selain itu, kamu juga bisa mereview apakah tulisanmu sudah oke atau perlu diperbaiki?

8. Temui Publisher

Setelah kamu sudah yakin kalau karyamu rampung, kamu bisa menemui publisher dengan menunjukkan draft tulisanmu. Kamu juga bisa mempromosikan tulisanmu mengapa karyamu layak untuk publish dan apa yang membuat menarik.

9. Publish

Congrats! Setelah publisher sepakat untuk menerbitkan novelmu, kamu bisa menunggu tulisanmu dipublish. Yeay karyamu siap dibaca! Selamat mencoba ya, DoCheckers.

Category
Scroll to Top