Makin Terampil dengan Soft Skill ala Ananza Prili

Gratis
Template dari
Ananza Prili
Ananza Prili
Ananza Prili
Content Creator Self-Development Indonesia
Ananza Prili
Content Creator Self-Development Indonesia

Soft skill adalah dasar untuk membangun hubungan yang baik dan merupakan bagian penting dalam kehidupan pribadi dan profesional sebagai manusia.

Ada beberapa soft skill yang penting untuk kamu miliki seperti manajemen waktu, komunikasi, leadership dan empati.

Ananza Prili berbagi to-do list nya mengenai soft skill yang perlu kamu miliki agar bisa membuka pintu gerbang menuju karier impianmu. Penasaran apa saja? Simak berikut ini!

1. Asertif dan Responsif

Asertif dan responsif adalah salah satu soft skill komunikasi yang perlu kamu kembangkan. Asertif berarti kemampuan dalam mengemukakan pendapatmu dengan cara yang baik dan sopan. Jadi, tidak ada orang yang tersakiti dari ucapanmu. Sementara itu, responsif adalah kemampuan menanggapi ucapan lawan bicaramu secara tanggap dan cepat.

2. Problem Solving

Kemampuan yang satu ini adalah kemampuan dalam memecahkan sebuah masalah. Sebagai contoh ketika timmu mendapat masalah, sebagai pemimpin kamu harus bisa berpikir dengan tenang dan sistematis untuk menemukan solusi yang terbaik.

3. Open-mindedness

Kamu pun perlu memiliki skill yang satu ini. Yup, berpikiran terbuka. Dalam konteks ini, kamu terbuka pada gagasan dan keinginan untuk mengeksplorasi hal baru. Gak cuma itu, kamu pun bisa menerima pendapat atau perspektif yang berbeda dengan kamu.

4. Awareness, Arrangement, dan Adaptation

Berdasarkan pengalaman Ananza, ada tiga komponen agar kamu bisa berhasil mengatur waktumu, yaitu awareness, arrangement, dan adaptation.

  • Awareness: Pikirkan hal yang bisa kamu capai. Misalnya, kamu hanya memiliki waktu 2 jam. Maka, pikirkanlah apa yang bisa kamu selesaikan dalam waktu 2 jam tersebut.
  • Arrangement: Setelah kamu menuliskan pekerjaan apa saja untuk hari ini. Kamu harus mengurutkannya berdasarkan prioritas dan berikan batas waktu untuk masing-masing tugas. Contohnya, dari pukul 9 sampai 10 kamu mengerjakan tugas 1. Kemudian, istirahat 15 menit dan lanjut mengerjakan tugas 2 selama 1 jam berikutnya.
  • Adaptation: Evaluasi kembali hasil pengaturan waktumu. Jadi, kamu bisa mengetahui hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan dari manajemen waktumu.

5. Active Listening

Soft skill selanjutnya adalah kemampuan dalam mendengarkan. Kemampuan ini bisa kamu lakukan dengan menunjukkan bahwa kamu benar-benar menyimak. Dengan begitu, lawan bicaramu akan merasa dihargai.

Category
Scroll to Top