Start Your Own Business ala Ugi Nugrah

Gratis
Template dari
Ugi Nugrah
Ugi Nugrah
Ugi Nugrah
Founder dan CCO Convert.id
Ugi Nugrah
Founder dan CCO Convert.id

Creativepreneur 101: Start Your Own Business ala Ugi Nugrah

Ingin memulai bisnis kreatif tapi bingung harus mulai dari mana? Sebenarnya, kamu bisa banget memulai bisnis dari hal yang kamu suka seperti hobi.

Kamu bisa tiru to-do list dari Ugi Nugrah, seorang creativepreneur yang mengawali peruntungannya dari kecintaannya pada visual art.

Nah, buat kamu yang ingin berkecimpung pada bisnis kreatif, simak to-do list jadi creativepreneur ala Ugi Nugrah berikut ini.

1. Mengoptimalkan Hobi dan Passion

Langkah awal memulai bisnis yang harus kamu lakukan adalah mengoptimalkan hobi dan a passion yang kamu punya. Setelah kamu lebih paham mengenai hobi dan a passion yang kamu punya, selanjutnya hanya perlu mengembangkannya menjadi lebih advanced. 

2. Belajar ke Ahlinya

Selanjutnya, setelah kamu tahu ide bisnis yang akan kamu garap, kamu bisa mulai mencari mentor. Salah satu hal yang mungkin dirasa paling dalam memulai bisnis baru adalah menemukan mentor yang sudah jauh lebih ahli daripada kamu dan mau diajak sharing. 

3. Perluas Relasi

Peran relasi dalam membangun bisnis adalah untuk mendapatkan berbagai informasi dan pelajaran tentang dunia bisnis. Nggak jarang juga kamu akan makin sering bertemu dengan orang-orang baru nantinya.

4. Memaksimalkan Penggunaan Teknologi

Kamu bisa memaksimalkan penggunaan teknologi untuk memulai bisnis. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan sosial media untuk membangun branding, hingga melakukan promosi.

5. Pilih Model Bisnis Sesuai Tren

Tahapan dalam memulai bisnis selanjutnya adalah dengan memilih jenis model bisnis yang tepat, apalagi jika kamu ingin coba menggeluti bisnis kreatif. 

6. Memiliki Mindset Inovatif, Kreatif, dan Persistence

Salah satu yang wajib tentunya adalah mindset yang kreatif dan inovatif. Selain itu, kamu juga perlu memiliki sifat gigih agar bisnismu tetap berkembang.

Category
Scroll to Top