Zero Waste Lifestyle

Gratis
Template dari
DoCheck template Dodo
DoCheck template Dodo
DoCheck
DoCheck

Ikuti Kiat-kiat Ini untuk Menerapkan Zero Waste Lifestyle

Kondisi bumi yang makin parah bikin orang-orang seperti kamu perlu mengambil langkah perubahan. Salah satunya adalah dengan menerapkan zero waste lifestyle. Di dalam gerakan tersebut, terdapat gerakan 6R yang perlu kamu amalkan untuk menekan penyebaran sampah di lingkungan sekitar.

Tertarik buat coba? Yuk, amalkan prinsip 6R berikut!

1. Recycle

Salah satu cara untuk mengurangi limbah plastik adalah dengan melakukan daur ulang. Biasanya, limbah tersebut nantinya akan disulap menjadi suatu produk baru yang berbeda. Contohnya adalah kerajinan.

2. Rethink

Sebelum membeli suatu produk, kamu perlu berpikir ulang terlebih dahulu, terutama mengenai kegunaan dan apakah produk tersebut dapat didaur ulang atau tidak nantinya jika sudah tidak terpakai. Salah satu yang harus dihindari adalah produk-produk berbahan plastik.

3. Reuse

Limbah produk yang kamu anggap tak berguna ternyata masih bisa dipakai kembali. Akan tetapi, terkadang fungsinya akan berubah. Salah satu contohnya adalah kaleng biskuit lebaran yang bisa dialihfungsikan menjadi tempat untuk menyimpan uang.

4. Rot

Punya sampah organik yang menumpuk? Jangan buru-buru dibuang! Kamu bisa mengubahnya menjadi pupuk organik yang berguna untuk menyuburkan tanah dan juga tanaman.

5. Refuse

Kamu perlu menghindari penggunaan produk-produk yang bahannya tidak dapat diperbarui, terutama plastik.

6. Reduce

Limbah yang sudah menumpuk akan makin menggunung apabila kamu tidak berhenti menggunakannya. Maka dari itu, kamu disarankan untuk mulai mengurangi penggunaan bahan-bahan yang tidak bisa didaur ulang dan beralih ke produk lain. Contohnya saat kamu berbelanja, kamu bisa mengubah kantong plastik menjadi tas belanja berbahan kain.

Category
Scroll to Top