tips liburan murah

10 Tips Liburan Murah yang Bisa Dicoba Bareng Bestie


Kata healing menjadi perbincangan publik akhir-akhir ini. Singkatnya, kegiatan yang satu ini adalah cara untuk “kabur” sejenak dari realita. Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang, salah satunya dengan liburan untuk melepas kepenatan. Namun, liburan ini tidak akan terlaksana kalau kamu tidak bisa mengaturnya dengan baik. Apalagi kalau budget kamu terbatas, pasti kamu harus memutar otak agar liburanmu berhasil. Terlebih lagi, pasti kamu mengidamkan liburan murah, kan? Nah, daripada kamu bingung, yuk simak tips liburan murah dari MinCheck!

Tips Liburan Murah Bareng Bestie

Yuk simak tips liburan murah bareng bestie!
Yuk simak tips liburan murah bareng bestie! (Foto via Freepik)

Berlibur murah adalah impian semua orang. Bayangkan kamu bersenang-senang namun tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Tentunya kantong aman, hati pun menjadi senang. Liburan yang menyenangkan bareng bestie tentunya bisa menjadi dream comes true kalau kamu bisa tahu cara liburan murah.

Kamu bisa coba dan perhatikan tips liburan murah dari MinCheck berikut ini dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

1. Riset dan Tentukan Tempat Liburan

Tips liburan murah yang pertama adalah melakukan riset tempat liburan yang oke. Namun gak cuma oke, pastikan tempat liburan sesuai dengan budget yang kamu punya. Caranya gampang kok, kamu bisa lihat atau search di internet berbagai destinasi liburan murah. Jangan lupa untuk melihat ulasan atau review tempat tersebut. Apakah tempat tersebut patut dicoba?

Selain itu, kamu bisa bertanya kepada teman-teman yang sudah memiliki pengalaman ke tempat yang hendak kamu tuju. Kamu bisa tanya pengalaman atau testimoni mereka setelah berlibur di sana. Hal ini bisa menjadi pertimbangan apakah kamu tetap pergi atau cari opsi lain.

2. Hindari Liburan pada High Season

Ingin liburan menyenangkan sekaligus berlibur murah? Coba deh liburan pada low season. Pilihlah waktu bepergian saat orang tidak berlibur. Hindari liburan pada high season dimana lonjakan liburan sedang tinggi-tingginya.

Mengapa kamu perlu menghindari waktu tersebut?

Biasanya, harga tiket transportasi akan naik. Selain itu, harga penginapan pun akan ikut naik. Oleh karena itu, pilihlah waktu saat orang-orang tidak banyak berlibur. Jika memungkinkan, berliburlah pada hari biasa.

3. Tips Liburan Murah? Jangan Lupakan Budgeting

Kamu perlu merinci biaya sebelum kamu liburan. Budgeting adalah hal yang tidak boleh kamu lewatkan kalau kamu akan berlibur. Tentukan biaya untuk transportasi, akomodasi, makanan, bahkan untuk oleh-oleh.

Dengan adanya budgeting, kamu jadi tahu biaya yang akan kamu keluarkan dan pastinya liburan kamu akan well-prepared. Kamu pun bisa menabung dari jauh-jauh hari agar tercipta liburan yang menyenangkan namun tetap hemat biaya. Pastikan kamu diskusikan hal ini dengan bestie kamu ya, DoCheckers!

4. Cari Penginapan Murah

Selanjutnya, carilah penginapan yang murah. Pastinya, kamu tidak menghabiskan banyak waktu di penginapan, maka dari itu pilih penginapan yang terjangkau alias murah.

Kamu bisa mencari tempat penginapan yang murah dengan mencari di situs penginapan di internet. Tentunya cara ini dianggap lebih simpel dan mudah. Kamu bisa memfilter harga yang sesuai dengan budget yang kamu punya.

5. Naik Angkutan Umum untuk Bepergian

Jika memungkinkan, gunakan angkutan umum untuk bepergian. Hindari penggunaan kendaraan pribadi untuk travelling jarak jauh. Menggunakan angkutan umum memudahkan kamu untuk berpindah dari satu destinasi wisata yang satu ke destinasi yang lain.

6. Siapkan Travel Kit

Penggunaan travel kit memudahkan kamu untuk menyimpan dokumen-dokumen penting seperti KTP, paspor, atau menyimpan uang. Mengapa travel kit diperlukan untuk menyimpan uang? Seperti yang kamu tahu kalau gak semua tempat dekat dengan ATM, maka kamu bisa menyimpan uang untuk mengantisipasi hal ini.

Kamu pun bisa menyimpan beberapa obat P3K untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Travel kit memiliki beragam kegunaan dan bisa kamu persiapkan dari jauh-jauh hari.

7. Konsumsi Makanan Lokal

Tips travelling murah selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan lokal. Yup, biasanya makanan khas daerah tertentu dibanderol dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa lihat informasi dari internet atau media sosial mengenai makanan lokal yang murah meriah dan bisa kamu coba.

Selain itu, kamu pun bisa membuat list makanan yang ingin kamu coba. Mumpung lagi liburan ya khaaaan~

Baca juga: Manfaat Media Sosial untuk Pelajar dan Mahasiswa

8. Pakai Reusable Bottle

Untuk meminimalisir pengeluaran, kamu bisa menggunakan reusable bottle alias botol yang bisa kamu pakai kembali. Alih-alih menggunakan botol kemasan sekali pakai, alangkah lebih baiknya menggunakan botol yang bisa kamu isi ulang. Bayangin deh, kamu harus membeli berapa banyak botol minuman selama liburan? Pastinya membeli minum berkali-kali akan membuat kantongmu jebol.

9. Beli Oleh-oleh Secukupnya

Rasanya belum maksimal ya kalau liburan tapi gak membeli oleh-oleh? Namun perlu kamu ingat untuk membeli oleh-oleh secukupnya dan jangan berlebihan. Kamu bisa membeli beberapa must have item yang memang dibutuhkan. Balik lagi, kamu perlu lihat budget yang kamu punya.

Memang sih, tujuan liburan itu untuk bersenang-senang, namun ini bukan jadi alasan untuk kamu bisa boros. Tetap gunakan uangmu dengan bijak ya, DoCheckers!

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Muda

10. Jangan Berbelanja di Tourist Spot

Sudah menjadi rahasia umum kalau barang atau oleh-oleh yang dijual di tourist spot dibanderol dengan harga yang pricey. Sebagai opsi cadangan, berbelanjalah di tempat yang jauh dari destinasi liburan untuk mendapat harga lebih murah. Jangan ragu untuk menawar untuk dapat harga yang oke sesuai budget-mu.

Nah, itulah sederet tips liburan murah dari MinCheck. Kamu bisa implementasikan tips dari MinCheck bareng bestie kamu. Jangan lupa melakukan persiapan dari jauh-jauh hari agar liburan lebih menyenangkan. Hindari perjalanan dadakan yang bisa bikin kantongmu jebol, ya!

Destinasi Liburan Murah untuk Dicoba Bareng Bestie

Rekomendasi destinasi liburan murah
Rekomendasi destinasi liburan murah (Foto via Freepik)

Setelah kamu mengetahui tips travelling murah dari MinCheck, rasanya nggak maksimal kalau MinCheck gak spill destinasi liburan murah yang bisa kamu datangi bareng bestie. Wah, apa saja tuh? Yuk simak berikut ini!

Malang

Malang menjadi salah satu kota yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur murah. Kalau kamu memiliki rencana liburan bareng bestie, kamu bisa berkunjung ke kota yang satu ini. Biaya transportasi dan makanan di Malang pun tergolong murah lho, DoCheckers!

Banyak banget destinasi liburan murah yang bisa kamu coba seperti alun-alun kota Malang yang mudah diakses oleh wisatawan. Selain itu, kamu bisa ngadem ke kawasan Batu. Kamu juga bisa jalan-jalan ke Museum Angkut!

Bandung

Kota yang satu ini penuh dengan berbagai destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata seperti Orchid Forest Cikole, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Tangkuban Perahu, dan masih banyak lagi.

Berkunjung ke alam terbuka di Bandung bisa membuat kamu lebih rileks. Apalagi kalau kamu memiliki segudang kegiatan yang tak pernah habis, gak ada salahnya untuk ambil cuti dan bersenang-senang~

Yogyakarta

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi liburan yang wajib dikunjungi. Kamu bisa melakukan liburan yang menyenangkan di sana. Malioboro bisa menjadi pilihan untuk kamu ingin jalan-jalan santai bareng bestie. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Tamansari yang memiliki keindahan arsitektur kuno, cocok banget untuk dijadikan spot foto bareng teman.

Bali

Gak heran kalau Bali disebut sebagai Island of Gods karena keindahannya yang bikin kamu terpesona. Banyak banget tempat yang bisa kamu kunjungi seperti pantai Kuta, Garuda Wisnu Kencana atau GWK, pura Tirta Empul Tampak Siring dan masih banyak lagi.

Penutup

Gimana DoCheckers? Kamu sudah tahu kan tips liburan murah dan rekomendasi tempat liburan dari MinCheck? Liburan yang menyenangkan adalah liburan yang bisa kamu nikmati bareng bestie.

Namun, agar semuanya gak cuma jadi wacana, kamu bisa membuat persiapan yang matang dengan menggunakan to-do list. Kamu bisa merinci berbagai keperluan untuk liburanmu dengan to-do list yang bisa kamu share kepada teman atau bestie kamu.

Baca juga: 5 Keunggulan Membuat To-do List, Bentuk Nyata Hargai Waktu

Kamu bisa pakai aplikasi social to-do list DoCheck untuk mempermudah kolaborasi bareng teman. Jadi, liburanmu gak cuma berakhir jadi wacana! Selain itu, kamu juga bisa bikin grup goals di aplikasi DoCheck. Kamu bisa invite teman-teman kamu ke dalam goals yang kamu punya.

Mudah banget, ya? Yuk segera download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store secara gratis. Kamu gak dipungut biaya apa pun lho~


Latest

Category

Scroll to Top