tips traveling hemat

7 Tips Traveling Hemat alias Low Budget Di Akhir Tahun


Momen pergantian tahun menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh banyak orang. MinCheck jadi ingat kalau dulu sering banget muncul tayangan film seperti Home Alone di televisi yang menandai kalau liburan tahun baru telah tiba. Momen ini pun dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk berkumpul bersama keluarga atau teman, bahkan jadi momen untuk berlibur alias traveling. Namun, setiap orang pasti menginginkan liburan murah. Kamu bisa menerapkan tips traveling hemat berikut ini dari MinCheck.

Traveling murah menjadi dambaan bagi mereka yang ingin berlibur. Bagaimana tidak, kamu bisa liburan alias bersenang-senang namun tetap bisa menghemat pengeluaran untuk liburan. Pasti sangat menyenangkan, bukan?

Berlibur memang bisa dijadikan sebagai ajang untuk melepas penat dan menghindari stres, apalagi kalau kamu selalu menghadapi berbagai aktivitas yang padat setiap harinya. Pastinya, liburan menjadi momen yang sangat kamu nantikan. Pertanyaannya, gimana sih tips berlibur murah khususnya untuk kamu yang punya budget terbatas? Tenang, MinCheck akan spill di bawah ini dan pastikan kamu baca artikelnya sampai selesai, ya!

Baca juga: Hobi Traveling ke Luar Negeri? Yuk, Ikuti Tips Berikut Ini!

Tips Traveling Hemat Di Akhir Tahun

Sederet tips traveling murah untuk akhir tahun, yuk cobain!
Sederet tips traveling murah untuk akhir tahun, yuk cobain! (Foto via Freepik)

Traveling menjadi sebuah cara untuk membuat pikiran lebih rileks. Kamu bisa jadikan liburan sebagai ajang self reward untuk menghadiahi diri sendiri karena sudah mengerjakan segudang aktivitas yang padat. Agar berlibur murah bisa terwujud, kamu bisa aplikasikan tips traveling low budget berikut ini.

1. Bikin Travel Plan

Ketika akan melakukan kegiatan terutama kegiatan yang besar ada baiknya melakukan perencanaan yang matang. Apalagi kalau kamu akan pergi berlibur dengan teman atau keluarga. Yes, kamu bisa buat planning untuk liburan.

Kamu bisa membuat rencana kira-kira tempat mana saja sih yang akan kamu kunjungi? Agar lebih simpel, kamu bisa memanfaatkan sebuah to do list app untuk merinci dan membuat rencana kamu lebih terperinci.

Namun tenang, saat ini kamu bisa memaksimalkan aplikasi social to do list app DoCheck. Aplikasi yang satu ini bisa membantu kamu untuk membuat goal seperti goal liburan, baik itu untuk diri sendiri maupun kolaborasi dengan teman. Melalui aplikasi DoCheck, kamu bisa share goal yang sudah kamu buat kepada teman. Tentunya, share goal membantu kamu untuk mencapai tujuan bersama yang sudah direncanakan.

Melalui perencanaan yang matang, kamu bisa meminimalisir hal-hal tak terduga yang bisa bikin rencana liburanmu menjadi gagal. Apalagi kalau rencana tersebut sudah kamu obrolkan dari jauh-jauh hari bersama teman-teman.

Baca juga: 5+ Tips Liburan Akhir Tahun Biar Nggak Jadi Wacana

2. Cari Penginapan Murah

Tips traveling hemat selanjutnya, kamu bisa mencari penginapan yang affordable alias ramah di kantong. Kalau tujuan wisatamu sudah jelas, kamu bisa mencari penginapan murah di sekitar tempat wisata tujuanmu.

Saat ini banyak banget aplikasi yang membantu kamu untuk mencari penginapan murah. Kamu bisa memfilter penginapan sesuai dengan budget yang kamu punya. Jangan lupa untuk melihat review dari pengunjung agar kamu bisa mendapat referensi penginapan murah namun tetap nyaman. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk melihat berbagai informasi mengenai penginapan murah. Sebagai contoh di Twitter, saat ini banyak banget lho orang yang secara sukarela memberikan rekomendasi penginapan murah melalui sebuah thread.

3. Booking Tiket Lebih Awal

Harga tiket cenderung mahal saat memasuki high season. Oleh karena itu, kamu bisa booking tiket lebih awal. Early booking memungkinkan kamu mendapat harga yang lebih murah. Nah, kalau tujuan wisatamu sudah jelas, segera booking tiketmu.

Selain itu, manfaatkan promo apabila memungkinkan. Dengan potongan harga, traveling murahmu bisa terwujud. Kamu bisa berselancar di internet untuk mencari promo-promo yang berlaku.

4. Bawa Uang Secukupnya

Bawalah uang secukupnya untuk menghindari pemborosan. Selain itu, membawa uang secukupnya dapat meminimalisir terjadinya impulsive buying yang ujung-ujungnya membuat keuanganmu tidak sehat.

Meskipun traveling ditujukan untuk bersenang-senang, namun kamu gak boleh semena-mena dan harus tetap mengacu pada kondisi keuangan serta budget yang sudah kamu tetapkan. Maka dari itu, bawalah uang tunai sesuai keperluanmu.

Jangan sampai setelah liburan selesai, kondisi keuanganmu jadi mengkhawatirkan sampai-sampai kamu berutang. Duh, jangan sampai seperti itu ya, DoCheckers!

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Lho Dampak Buruk Gaya Hidup Boros

5. Bila Memungkinkan, Bawalah Bekal

Membawa bekal makanan juga bisa membuat traveling lebih murah. Bawalah bekal untuk satu atau dua kali makan. Kalau perlu, bawalah camilan secukupnya untuk meminimalisir pengeluaran.

Memang sih, kamu bisa mencari makanan murah alias kuliner di sekitar tempat wisata. Apalagi kalau makanan tersebut adalah makanan khas daerah, pasti kamu excited untuk mencoba kan, DoCheckers? Namun untuk menghemat pengeluaran, gak ada salahnya untuk bawa bekal.

6. Beli Oleh-oleh Secukupnya

Ingat ya DoCheckers, salah satu tips traveling hemat adalah membeli oleh-oleh secukupnya. Kamu harus tetap mengacu pada budgeting dan planning yang sudah kamu buat. Liburan rasanya kurang lengkap kalau tidak membeli oleh-oleh. Namun, jangan sampai kamu kalap dan membeli ini itu yang sebetulnya tidak benar-benar kamu butuhkan.

Seperti yang MinCheck sebutkan di atas, kamu bisa membawa uang secukupnya untuk menghindari yang namanya impulsive buying. Dengan membawa uang secukupnya, kamu bisa berjaga-jaga untuk tidak membeli oleh-oleh secara berlebihan.

7. Mulai Menabung

Yup, apalah arti rencana liburan murah kalau hanya berujung wacana. Oleh karena itu, yuk mulai menabung. Kamu bisa menabung dari jauh-jauh hari agar berlibur murah yang kamu idam-idamkan gak hanya jadi wacana.

Selain itu, kalau kamu seorang mahasiswa atau pelajar yang masih mengandalkan uang jajan dari orang tua, kamu bisa menjajal berbagai ide bisnis kreatif dengan modal minim untuk mendapat pemasukan.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba peruntungan menjadi seorang freelancer. Hal ini tentu bisa mempertebal kantongmu bila kamu lakukan secara konsisten.

Penutup

Nah, itulah tips traveling hemat alias traveling low budget dari MinCheck. Kalau kamu ingin berlibur bersama teman-teman, jangan lupa untuk menerapkan tips dari MinCheck, ya! Berlibur akan terasa menyenangkan dan berkesan kalau kamu mempersiapkannya dengan matang. Selain itu, jangan lupa untuk terus jaga kesehatan supaya rencana berliburmu gak berakhir jadi wacana.

Kalau kamu akan berlibur bersama teman, kamu bisa diskusikan hal-hal di atas bersama dengan teman-temanmu. Untuk mempermudah diskusi, kamu bisa pakai aplikasi social to-do list DoCheck. Dengan aplikasi yang satu ini, kamu bisa membuat goal bersama teman-teman, share goal yang kamu punya, dan berdiskusi melalui kolom komentar.

Kolaborasi bersama teman tetap menyenangkan dan mudah meski berjauhan dengan menggunakan aplikasi Docheck. Aplikasinya pun gratis dan bisa kamu download di Play Store dan App Store. Yuk cobain sekarang juga dan mulai kolaborasi bersama teman.


Latest

Category

Scroll to Top