Wujudkan Impianmu dengan Empat Kebiasaan


“Apa yang tidak dimulai hari ini, tidak akan pernah selesai besok.”

– Johann Wolfgang von Goeth

Mengacu dari kutipan itu bahwa memulai sesuatu menjadi langkah awal untuk mewujudkan mimpi. Setiap insan yang ada di muka bumi ini pasti memiliki tujuan hidupnya masing-masing, baik itu cita-cita, harapan, atau pencapaian yang harus ditargetkan sejak dini. Impian tersebut harus diperjuangkan dari sekarang karena perlu diketahui, bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dalam waktu semalam. 

Impian seseorang biasanya diungkapkan dari sejak kecil, tapi biasanya impian tersebut tidak bertahan lama. Hal tersebut bisa diatasi dengan cara kita menentukan tekad yang pas. Dengan menguatkan tekad yang sesungguhnya tentu tujuannya tidak akan kabur kemana-mana.

Kebiasaan untuk Mewujudkan Mimpi. (Foto Julia M Cameron / Pexels)

Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Mengubah Mindset Hidup

Banyak orang yang sudah berhasil dan memiliki prestasi, tapi apakah mereka percaya bahwa hasil-hasil yang diraih karena kepintaran dan bakat mereka atau lebih percaya bahwa keberhasilan itu buah dari kerja keras, latihan, dan semangat untuk berkembang?

Jika memilih tipe pertama, biasanya mereka takut untuk mengambil risiko. Sebaliknya mereka yang meraih kesuksesan percaya bahwa mereka lebih berani untuk mengeksplorasi, latihan, dan bekerja keras.

Growth mindset merupakan salah satu mindset yang harus dikembangkan dalam diri seseorang ketika ingin mewujudkan impiannya. Growth Mindset ini adalah pola pikir seseorang yang percaya bahwa kemampuan dasar yang dimilikinya dapat berkembang dengan kerja keras.

Growth mindset ini bisa meraih banyak hal karena seseorang yang memiliki mindset ini tidak terlalu mementingkan kepintaran, bahkan gengsinya rendah dan lebih menghargai proses. Tapi banyak orang yang menyalahartikan jika mereka gagal, maka mereka akan berhenti untuk berkembang begitu saja.

Untuk mencapai impian itu, pertama, ia harus menganggap bahwa kegagalan itu menjadi kesempatan untuk mencoba; kedua, jika ia dikritik, ia tidak beranggapan bahwa kritik itu senjata yang akan membunuhnya; dan yang ketiga lebih suka mengerjakan sesuatu di luar kemampuannya karena menganggap bahwa itu merupakan sebuah tantangan.

Temukan Jati Diri dan Bakat yang Sesungguhnya

Banyak orang yang beranggapan bahwa mencoba semua hal itu tidak baik karena tidak akan fokus pada satu hal. Faktanya tidak begitu, mencoba banyak hal justru bisa mendapat lebih banyak pengalaman dan bisa menemukan ruang untuk pengembangan diri.

Tidak apa-apa mencoba segala hal tanpa harus fokus pada satu hal karena bisa menemukan bakat yang ada pada diri sendiri. Perbanyaklah latihan tanpa harus memikirkan hasilnya sesuai ekspektasi atau tidak dan mencoba untuk meminta kritik pada orang yang sudah ahli di bidangnya.

Segala bentuk kritikan jangan dijadikan bahan untuk mengeluh atau malah semakin minder, tapi jadikan motivasi bagi diri sendiri agar makin semangat mengembangkan diri.

Prioritaskan Waktu untuk Lebih Fokus

Mewujudkan impian memang butuh proses dan konsisten. Konsisten itu sangat sulit dilakukan jika tidak dilatih. Untuk mencapai goals yang harus dicapai, bisa dilakukan secara perlahan, langkah demi langkah.

Coba manajemen waktu agar lebih teratur, misalnya dengan memanajemen waktu pakai sticky note yang ditempel di dinding kamar. Apakah ini lebih efektif? Hal ini bergantung pada kebiasaan orangnya, tapi tidak ada salahnya jika ingin meng-upgrade teknik mengatur waktu ini.

Dengan adanya DoCheck bisa membuat to-do list dan memanajemen tahapan yang akan dilalui. Ini memudahkan kamu menjadi lebih teratur dalam mencapai goal yang sudah dijadwalkan.

DoCheck memiliki fitur menambah relasi bersama orang lain, mencatat setiap aktivitas, dan agenda setiap harinya. Selain itu, DoCheck juga memiliki rekomendasi to-do list untuk memulai titik awal impian hidup.

Tidak hanya itu, DoCheck juga bisa membantu menyelesaikan tugas, pekerjaan maupun proyek bersama rekan-rekan. Tentunya, fitur DoCheck ini sangat berguna untuk memudahkan penggunanya dalam memanajemen goal.

Motivasi Diri Sendiri Setiap Capaian Goal

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Jika dari John W Santrock motivasi adalah proses memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku. Perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah, dan bertahan lama.

Bagaimana cara untuk mencapai goal? Sebelum mencapai puncak goal, pastinya ada tahapan kecil yang perlu dilalui. Untuk menumbuhkan rasa semangat dalam menggapainya berikan sebuah apresiasi kepada diri sendiri sebagai bentuk pencapaian.

Pastinya goal kecil yang ingin dicapai lebih menggebu semangat jiwa dan raganya ketika ada hadiah yang diberikan. Bisa jadi dengan cara mengadakan makan malam bersama, jalan-jalan, atau pergi healing.

Maka dari itu, mewujudkan mimpi bisa dimulai dengan memiliki growth mindset, di mana harus percaya bahwa kemampuan dasar yang sudah ada pada diri bisa dikembangkan dengan cara berlatih secara konsisten, berjuang keras, mencoba hal yang baru, hingga lebih fokus dengan cara memanajemen waktu. Salah satunya adalah dengan menggunakan DoCheck yang memiliki segudang fitur untuk mencapai goal.

Baca juga : Cara Asik dan Praktis Buat Career Plan, Yuk Dicoba!


Latest

Category

Scroll to Top