Materi ujian UTBK Saintek dan Soshum

Serba-Serbi UTBK 2022, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!


UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) 2022 sudah di depan mata. Tes ini sangat penting untukmu karena menjadi persyaratan utama untuk mengikuti SBMPTN. Apakah kamu sudah siap menghadapinya? Jika kamu masih merasa bingung, jangan khawatir! DoCheck kali ini membahas tentang serba-serbi UTBK yang wajib kamu tahu. Yuk, simak penjelasannya ya!

1. Jadwal Pelaksanaan UTBK 2022

Jadwal pelaksanaan UTBK 2022
Ayo, cek kalendermu agar tidak lupa! (Foto dari Artem Podrez/ Pexels) 

Salah satu hal terpenting dalam persiapan ujian adalah mengetahui jadwal pelaksanaannya. Karena jika kamu telat mengetahuinya, kamu tidak bisa mengatur waktu belajar dengan baik. Oleh karena itu, ayo catat jadwal UTBK 2022 berikut ini!

  • Registrasi akun LTMPT: 14 Februari – 17 Maret 2022
  • Sosialisai UTBK – SBMPTN: 1 Desember – 15 April 2022
  • Pendaftaran UTBK – SBMPTN: 23 Maret – 16 April 2022
  • Pelaksanaan Ujian Gelombang 1: 17 – 23 Mei 2022
  • Pelaksanaan Ujian Gelombang 2: 28 Mei – 3 Juni 2022
  • Pengumuman hasil SBMPTN: 23 Juni 2022
  • Masa download sertifikat: 25 Juni – 31 Juli 2022

2. Kelompok Ujian UTBK 2022

Kelompok ujian tulis berbasis komputer
Kamu suka dengan Kimia? Pilih saja kelompok UTBK 2022 Saintek! (Foto dari Chokniti Khongchum/ Pexels)

Ujian kali ini terdiri dari tiga kelompok dan setiap grup akan mendapat materi tes yang berbeda. Ingin tahu seperti apa rinciannya? Mari, perhatikan informasinya di bawah ini!

  • Saintek: Jika kamu tertarik dengan Biologi dan Kimia, maka kamu akan masuk dalam kelompok ini. Materi yang akan kamu hadapi adalah TPS (Tes Potensi Skolastik), Bahasa Inggris, dan TKA (Tes Kemampuan Akademik) Saintek seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Kemudian, waktu yang kamu punya untuk menyelesaikan tes ini adalah 195 menit. 
  • Soshum: Untuk kamu yang akan berkuliah di bidang sosial dan humaniora, kamu harus memilih kelompok ujian ini. Materi yang akan kamu hadapi hampir sama dengan Saintek, tapi yang berbeda ada pada TKA. Kamu harus menjawab soal Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Waktu pengerjaan yang diberikan adalah 195 menit.
  • Campuran (Saintek dan Soshum): Apabila kamu suka Saintek dan Soshum dan tidak bisa memilih di antaranya, tidak masalah. Itu berarti kamu harus memilih kelompok campuran. Untuk kategori ini, kamu harus mengerjakan dua TKA yaitu Saintek dan Soshum. Sedangkan yang lainnya itu tetap sama. Alokasi waktu untuk mengerjakan tes adalah 285 menit.

Kemudian, apabila kamu suka dengan olahraga atau seni, kamu harus mengumpulkan portofolio. Untuk mendapatkan template dokumen ini, kamu bisa kunjungi situs penyelenggara resmi UTBK 2022 LTMPT.

3. Jenis Materi Ujian

Materi ujian tertulis berbasis komputer 2022
Pemahamanmu tentang materi di sekolah akan diuji di UTBK (Foto dari Yan Krukov/ Pexels) 

Sama halnya dengan kelompok UTBK, macam materi yang akan kamu kerjakan pada tanggal 17 Mei 2022 nanti ada tiga. Berikut ini adalah rinciannya:

  • Tes Potensi Skolastik: Ujian ini bertujuan untuk melihat kemampuan kognitifmu. Apa sajakah itu? Kemampuan penalaran umum, kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta memahami bacaan dan menulis. Untuk tes kuantitatif akan terdiri dari pengetahuan dan penguasaan Matematika dasar.
  • Tes Kemampuan Bahasa Inggris: Kamu pasti menyadari bahwa kemahiran dalam bahasa asing sangat diperlukan di zaman globalisasi ini. Oleh karena itu, kali ini UTBK 2022 akan mengukur kemampuan berbahasa Inggrismu.
  • Tes Kemampuan Akademik: Tes ini akan mengukur sejauh mana pemahamanmu tentang pelajaran di sekolah.

Baca juga: Menyusun Jadwal Belajar Dengan 5 Tips Sederhana Ini

4. Perlengkapan yang Harus Dibawa

Perlengkapan yang harus dibawa saat ujian
Ingat, bawa masker ke tempat UTBK 2022! (Foto dari Anna Shvets/ Pexels)

Kamu tentu tidak bisa pergi ke tempat ujian, tanpa bawa perlengkapan yang lengkap. Jika kamu melupakan satu hal saja, kamu bisa tidak fokus dengan ujiannya. Bahkan, bisa jadi tidak diizinkan untuk mengikuti tes. Duh, jangan sampai ya! Dikutip dari Kompas, ada 5 barang yang harus kamu bawa, yaitu:

  • Kartu peserta UTBK 2022;
  • Kartu identitas (kartu siswa atau KTP);
  • Surat Keterangan Lulus asli bagi peserta angkatan 2022. Namun, jika belum mendapatkannya, kamu bisa pakai surat keterangan kelas 12.
  • Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir (khusus untuk angkatan 2022 dan 2021). Apabila kamu adalah lulusan SMA sederajat dari luar negeri, kamu harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  • Masker dan hand sanitizer.

5. Ketentuan Pakaian UTBK 2022

Pakaian saat UTBK 2022
Jangan lupa untuk pakai pakaian rapi dan sopan seperti kemeja! (Foto dari Ron Lach/ Pexels) 

Pemilihan pakaian sangat penting untuk ujian ini. Walaupun, LTMPT sebagai pihak resmi penyelenggara ujian, tidak menentukan pakaian yang harus kamu kenakan. Tapi, karena ini adalah situasi formal maka pilihlah baju yang rapi dan sopan. Contohnya adalah memakai kemeja lengan panjang atau pendek, menggunakan rok untuk yang perempuan dan celana panjang untuk laki-laki, serta pakai sepatu. Jangan berani-berani menggunakan sepatu-sandal atau sandal ke tempat ujian, ya!

Demikian serba-serbi UTBK 2022 yang wajib kamu ketahui sebagai calon mahasiswa. Ingat, persiapakan semua kebutuhan ini sesegera mungkin agar nanti kamu tidak repot ketika menjelang ujian. Jika kamu takut lupa dengan perlengkapan yang harus kamu bawa, DoCheck siap membantu!

Kamu bisa catat semua keperluanmu di aplikasi to-do list DoCheck. Di sini ada fitur goals dan tasks yang dapat membantumu menyusun rencana belajar dan daftar barang bawaan untuk ujian. Selain itu, ada juga fungsi pengingat agar kamu tidak lupa dengan rencanamu. Lengkap banget, bukan? So, tunggu apalagi? Yuk, download DoCheck sekarang di PlayStore dan AppStore GRATIS!


Scroll to Top