journaling

Journaling: Daftar Pertanyaan-pertanyaan yang Bisa Ditulis Ketika Menyusun Jurnal


Bagi kamu yang saat ini baru mau memulai untuk menulis jurnal atau journaling, mungkin masih bingung kira-kira apa saja ya yang sebaiknya kamu tulis. Sebenarnya, dalam menulis jurnal kamu bisa menuliskan apa saja yang ingin kamu tulis sesuai kebutuhan. Namun dalam artikel ini MinCheck bakal spill apa saja ide pertanyaan-pertanyaan journaling.

Tapi sebelumnya, apakah DoCheckers sudah mengetahui sebenarnya apa sih sebenarnya journaling itu? Dan apa saja manfaat journaling?

Seputar Journaling

Journaling adalah salah satu cara untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran kamu. Mungkin sebagian dari kamu ada yang sudah terbiasa menulis diary? Pada dasarnya cara menulis jurnal juga mirip dengan diary, karena dalam journaling kamu bisa menuliskan apa saja persis seperti yang biasa kamu tulis dalam diary.

Hanya saja yang membedakan antara journal dan diary adalah, menulis diary biasanya identic dengan sesuatu yang privasi atau rahasia. Nah, dalam journaling tidak ada kesan rahasia karena isi dari journaling tidak melulu soal curhatan isi hati saja.

Berikut MinCheck ulas beberapa ide journaling untuk kamu yang ingin mulai menulis jurnal.

Baca juga: 3 Manfaat Menulis dan Tips Menjadi Penulis

Ide Journaling untuk Kamu yang Ingin Memulai Menulis Jurnal

Ide journaling yang bisa kamu coba
Ide journaling yang bisa kamu coba (Foto via Freepik)

Manfaat dari menulis jurnal sebenarnya bergantung pada apa yang kamu tuliskan dalam jurnal tersebut. Semakin banyak variasi journaling yang kamu tulis, maka manfaatnya pun akan semakin banyak.

Agar tulisan journaling kamu lebih bervariasi dan bermanfaat, mungkin referensi ide journaling di bawah ini akan membantu kamu.

1. Mulai Menuliskan Goals Harian

Setiap harinya mungkin kamu disibukan dengan segudang aktivitas, hingga terkadang bingung sebenarnya apa saja yang harus kamu selesaikan. Untuk itu, mulailah menuliskan apa saja goals yang ingin kamu selesaikan atau capai hari itu.

Misalnya dalam satu hari kamu harus menyelesaikan tugas kuliah, melakukan olahraga minimal 15 menit per harinya, menyelesaikan novel yang sedang kamu baca, menyiram tanaman di pagi dan sore hari, dan lain-lain.

Tujuan dari penulisan goals harian juga bisa menjadi pengingat untuk kamu apa saja hal-hal penting yang harus kamu lakukan pada hari itu. Karena terkadang kita suka lupa dan malah mengerjakan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Dengan menulis goals harian juga bisa membantu kamu untuk lebih produktif setiap harinya. Karena kamu sudah mengetahui to-do list apa saja yang harus kamu selesaikan.

Baca juga: Cara Membuat To Do List Pakai Social To Do List App DoCheck

Cara menulis jurnal harian adalah dengan mulai menulis pada pagi hari. Tuliskan apa saja yang ingin kamu selesaikan atau capai hari itu. Dari mulai hal-hal kecil hingga hal-hal besar.

Lalu pada malam harinya, kamu bisa ceklis apa saja kegiatan yang sudah berhasil kamu lakukan pada hari itu. Tujuannya untuk mengetahui goals apa saja yang tercapai dan tidak.

Lakukan hal yang sama pada pagi dan malam keesokan harinya, dan lakukan secara konsisten. Hingga kamu mulai terbiasa untuk menulis goals harian secara rutin.

2. Apa Saja yang Membuat Kamu Bersyukur Hari Ini?

Pada saat journaling, kamu juga bisa menuliskan perihal apa saja yang membuat kamu bersyukur setiap harinya.

Misalnya, kamu bisa menuliskan hal-hal yang membuat kamu bahagia, pencapaian-pencapaian yang telah kamu raih, menceritakan momen-momen yang tak terlupakan, menuliskan kebaikan orang-orang dalam hidup kamu, dan lain-lain.

Dengan menuliskan hal-hal yang bisa kamu syukuri, akan mengalihkan fokus kamu dari hal-hal yang mengganggu. Dan kamu akan semakin menyadari ternyata dalam hidup ini ada banyak sekali hal yang bisa disyukuri, dari mulai hal-hal yang kecil hingga besar.

3. Apa Saja yang Sudah Kamu Lalui Hari Ini?

Dalam menulis journaling, kamu juga bisa menceritakan tentang apa saja yang sudah kamu lalui setiap harinya. Mungkin pada poin ini mirip ketika DoCheckers menulis diary.

Dalam catatan harian ini kamu bisa menuliskan apa saja yang ingin kamu tulis. Seperti kamu bercerita apa saja yang kamu makan hari ini, siapa saja orang-orang yang kamu temui, apa hal-hal yang membuat kamu merasa senang atau sedih, apa saja yang sudah kamu capai, dan lain-lain.

Pada saat menulis catatan harian, kamu juga bisa membuat gambar atau menempelkan foto. Sebagai pelengkap rekaman momen yang kamu tulis.

Salah satu tujuan dari menuliskan catatan harian adalah, tulisan-tulisan tersebut akan menjadi pengingat bagi kamu di kemudian hari. Mungkin kamu juga tau kan ya, bahwa manusia memiliki keterbatasan dalam mengingat, sehingga tidak semua momen bisa teringat dengan jelas. Dan lama-kelamaan ingatan-ingatan tersebut akan semakin memudar.

Melalui catatan harian yang kamu tulis, kamu bisa kembali mengingat dan mengenang apa saja yang sudah kamu lalui dan kerjakan. Sehingga ingatan kamu tentang momen-momen tersebut akan kembali hadir.

4. Apa Saja yang Sudah Kamu Pelajari Setiap Harinya?

Ide journaling yang satu ini sangat cocok bagi DoCheckers yang senang mencoba hal-hal baru. Setiap harinya mungkin kita dihadapkan dengan banyak hal baru, nah kamu bisa banget nih menuliskan apa saja hal-hal yang sudah kamu pelajari hari ini.

Mempelajari hal-hal baru ini konteksnya bisa luas, misalnya kamu mendapat fakta baru, pengetahuan baru, wawasan baru, hingga hikmah yang bisa kamu petik.

Dalam mempelajari sesuatu juga sumbernya bisa sangat beragam sekali. Seperti kamu mendengarkan teman yang curhat tentang hidupnya, kemudian dari cerita tersebut kamu mendapat pelajaran berupa hikmah.

Sumber lainnya juga bisa dari apa yang kamu dengarkan atau lihat. Misalnya kamu menonton film dengan subtitle dan dubbing bahasa asing, sehingga setelah selesai menonton film tersebut kosa kata bahasa asing kamu bertambah.

Dengan menuliskan hal-hal yang kamu pelajari setiap harinya secara tidak langsung akan mendorong kamu untuk lebih produktif mempelajari hal-hal baru. Sehingga pengetahuan, wawasan dan pengalaman kamu pun akan semakin bertambah.

5. Apa Saja Pencapaianmu?

Ide pertanyaan journaling selanjutnya, kamu juga bisa banget nih menuliskan apa saja yang sudah kamu capai. Pencapaian-pencapaian ini bisa hal besar maupun hal kecil, kamu bisa menuliskannya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Misalnya kamu bisa menuliskan bahwa hari ini kamu sudah berhasil mendapatkan nilai ujian yang maksimal, sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan kamu, sudah berhasil menjuarai lomba olahraga favorite kamu, berhasil konsisten membaca buku selama satu minggu full, dan lain-lain.

Dengan menuliskan pencapaian yang sudah kamu raih, bisa membuat kamu lebih bangga pada diri kamu sendiri. Sehingga kamu pun bisa lebih percaya diri lagi melakukan banyak hal kedepannya. Kamu menyadari bahwa ternyata banyak potensi yang kamu miliki dan bisa kamu kembangkan.

Selain itu, menuliskan pencapaian juga bisa menjadi motivasi pribadi kamu. Kamu akan termotivasi untuk melakukan pencapaian lainnya.

6. Tuangkan Apa yang Membuat Kamu Stress

Setiap dari kita tentu tidak akan terhindar dari permasalahan. Dan terkadang, beberapa permasalahan yang dihadapi dapat membuat kita merasa stress. Apakah DoCheckers pernah merasa demikian?

Jika iya, maka mulailah menuliskan apapun yang membuat kamu stress. Misalnya kamu merasa marah terhadap sesuatu, kecewa karena terdapat hal-hal yang terjadi tidak sesuai harapan, atau bingung bagaimana memecahkan suatu permasalahan.

Terkadang, dengan menuliskan hal-hal yang mengganggu pikiran akan membuat kamu menyadari apa saja permasalahan yang penting dan apa saja yang sebaiknya tidak kamu pikirkan.

Lebih lanjut lagi, dengan menulisnya juga kamu akan mulai bertanya pada diri kamu sendiri mengapa kamu merasakan apa yang kamu rasakan. Sehingga kamu juga bisa menemukan akar penyebab stress. Dengan mengetahui akarnya, kamu bisa perlahan-lahan mencari solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang sedang kamu hadapi.

7. Apa Saja Project yang Sedang Kamu Lakukan?

Mungkin beberapa dari DoCheckers saat ini sedang menjalankan project tertentu, seperti membuat sebuah karya, melakukan riset ilmiah, atau sedang menulis skripsi untuk tugas akhir.

Atau saat ini kamu tergabung dalam kelompok UKM, kepanitiaan, ataupun organisasi? Biasanya kelompok-kelompok tersebut memiliki banyak kegiatan dan project yang harus direalisasikan.

Nah, DoCheckers bisa banget nih menuliskan secara detail setiap project tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menuliskan setiap progress yang kamu kerjakan dalam menyelesaikan project tersebut.

Dengan menuliskan setiap progress akan menjadi pengingat bagi kamu, sudah sejauh mana project yang kamu kerjakan. Selain itu, kamu juga jadi mengetahui apa saja yang belum kamu kerjakan. Sehingga kamu bisa mempersiapkan diri untuk mengerjakannya.

Wah, banyak juga ya manfaat dari menuliskan progress project dalam jurnal!

Baca juga: Arti Progres dan Manfaatnya Untuk Produktivitas

8. Apa Saja Hal Terbaik yang Terjadi?

Untuk ide menulis jurnal yang satu ini bisa kamu tulis pada saat malam atau penghujung hari. Kamu bisa merenungkan, apa saja hal-hal terbaik yang kamu temui atau lakukan pada hari itu.

Memikirkan segala hal terbaik yang kamu lalui akan membuat pikiran kamu terfokus pada hal-hal positif. Misalnya, kamu bisa menceritakan hari ini kamu bertemu dengan teman lama, kamu berhasil mendapat nilai tertinggi di kelas, kamu berhasil menyelesaikan project tertentu, dan lain-lain.

Secara tidak langsung, pikiran positif tersebut akan membuat kamu untuk lebih semangat keesokan harinya. Kamu akan siap untuk menemui hal-hal baik lainnya dalam hari-hari kamu.

Dari setiap ide journaling yang sudah MinCheck spill di atas, terdapat keterkaitan antara manfaat menulis jurnal dengan motivasi diri, upaya untuk lebih bersyukur, hingga menjadi upaya untuk menghilangkan stress.

Hal tersebut membuktikan bahwa journaling memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental kamu.

Manfaat Journaling Untuk Kesehatan Mental Kamu

Berikut beberapa manfaat dari journaling:

  • Dapat meningkatkan mood.
  • Dapat membantu memotivasi diri untuk melakukan banyak hal baik dan bermanfaat setiap harinya.
  • Dapat membantu kamu menguraikan permasalahan.
  • Dapat membantu kamu untuk mengurangi stress.
  • Membantu kamu untuk mengurangi kecemasan.
  • Membuat kamu lebih merasa bersyukur.
  • Membantu kamu untuk introspeksi diri.
  • Melatih kamu untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran kamu.
  • Dapat membantu kamu untuk meningkatkan daya ingat.
  • Journaling juga dapat membantu kamu untuk meningkatkan kreativitas.

Itulah beberapa ide pertanyaan-pertanyaan journaling untuk DoCheckers yang saat ini ingin mulai menulis jurnal. Memang menjadi pilihan yang tepat apabila DoCheckers memulai untuk menulis jurnal. Mengingat banyak sekali manfaat yang dapat kamu peroleh dari menulis jurnal. Agar menulis jurnal semakin simpel, kamu bisa pakai to do list app DoCheck. Aplikasi yang satu ini bisa kamu download di Play Store dan App Store secara gratis, lho!


Terbaru

Kategori

Scroll to Top