Pilihan karier untuk lulusan SMA

4 Pilihan Karier Untuk Lulusan SMA, Yuk Cek!


Dilema yang sering dialami oleh pelajar SMA di Indonesia adalah antara lanjut ke perguruan tinggi atau langsung kerja. Apakah kamu sekarang sedang mengalaminya? Kalau iya, kamu bisa pikirkan perlahan dari sekarang. Karena menurut Siker tidak semua pekerjaan membutuhkan pendidikan tingkat lanjut. Ada profesi yang bisa kamu tekuni setelah lulus sekolah nanti. Contohnya adalah pembuat konten kreatif di media sosial. Apakah hanya itu saja? Tentu tidak, kamu punya beberapa pilihan karier yang cocok untuk lulusan SMA.

Berbeda dengan zaman dulu, sekarang berbagai macam profesi baru bermunculan. Hal ini karena adanya pengaruh teknologi dan globalisasi yang memungkinkan manusia untuk membentuk lapangan pekerjaan baru. Karena itulah, profesi saat ini jauh berbeda dengan beberapa tahun kebelakang. Wah, menarik bukan? Yuk, cari tahu bersama pilihan karier untuk lulusan SMA di bawah ini!

1. Social Media Admin, Profesi Kece untuk Lulusan SMA

Kamu aktif bermain media sosial? Profesi social media admin bisa jadi pilihan karier untuk lulusan SMA!
Kamu aktif bermain media sosial? Profesi social media admin bisa jadi pilihan karier untuk lulusan SMA! (Foto oleh Tracy Le Blanc/ Pexels)

Apakah kamu aktif di media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Twitter? Kalau iya, berarti kamu memiliki kriteria yang dicari untuk menjadi social media admin. Dilansir dari campuspedia, beberapa perusahaan mencari lulusan SMA untuk mengisi posisi ini. Tugas yang akan kamu hadapi adalah membuat konten dan strateginya, membuat caption yang menarik dengan teknik copywriting, serta berkomunikasi dengan pengikut akun media sosial perusahaanmu. Oleh karena itu, skills yang wajib kamu miliki sebagai social media admin adalah peka dengan trend di media sosial dan mampu berpikir kreatif. Gimana tertarik mencoba pekerjaan ini?

2. Content Creator, Karier Paling “Hot” Bagi Lulusan SMA Saat Ini!

Pembuat konten menjadi karier yang banyak diminati terutama bagi lulusan SMA
Pembuat konten menjadi karier yang banyak diminati terutama bagi lulusan SMA (Foto oleh Ivan Samkov/ Pexels)

Jika kamu memiliki minat dalam membuat konten dan percaya diri di depan kamera, kamu bisa mencoba menjadi content creator. Kamu tidak hanya membuat konten untuk menghibur pemirsa, tapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang suatu brand. Contohnya saja kamu pasti tidak asing dengan kata “endorse” bukan? Nah, biasanya seorang pembuat konten yang sudah terkenal akan mendapat banyak tawaran untuk mempromosikan suatu barang atau jasa melalui konten yang ia buat. Menurut bisnismuda, tarif untuk membuat konten iklan ini bisa sampai jutaan rupiah loh! Semakin banyak pengikut media sosialmu, semakin tinggi nilai endorse.

Karena itulah, orang-orang beramai-ramai untuk menjadi content creator mulai dari kalangan muda hingga dewasa. Terlebih lagi, karier ini juga pas untukmu yang lulusan SMA. Karena profesi ini tidak memiliki batas usia dan tingkat pendidikan. Dikutip dari Skill Academy hal yang harus kamu kuasai untuk menekuni bidang ini adalah melakukan riset secara mendalam, manajemen waktu, SEO (Search Engine Optimization), copywriting, dan content writing.

3. Suka Bercerita? Yuk, Jadi Penulis!

Yuk, jadi penulis seperti Tere Liye dan Dewi Lestari!
Yuk, jadi penulis seperti Tere Liye dan Dewi Lestari! (Foto oleh Judit Peter/ Pexels)

Tahukah kamu penulis seperti Tere Liye atau Dewi Lestari? Mereka adalah penulis hebat Indonesia yang setiap karyanya selalu masuk jajaran best selling books. Waw, keren banget ya! Jika kamu ingin seperti mereka, maka inilah saatnya untuk mencoba. Dilansir dari Mizan, untuk menjadi seorang penulis kamu harus mengikuti langkah berikut:

  • Rajin menulis.
  • Tidak pernah takut untuk memulai.
  • Selalu belajar.
  • Memperhatikan selalu kebijakan penerbit.
  • Tidak gampang putus asa.
  • Peka terhadap trend.
  • Menjalin hubungan baik dengan editor.

Baca juga: 3 Manfaat Menulis dan Tips Menjadi Penulis

4. Menjadi Pengusaha Muda Bisnis Online

Menjadi pengusaha bisnis online setelah lulus SMA, kenapa tidak?
Menjadi pengusaha bisnis online setelah lulus SMA, kenapa tidak? (Foto oleh Karolina Grabowska/ Pexels)

Saat ini, masyarakat dunia sangat akrab dengan e-commerce atau toko online. Misalnya saja Tokopedia, Shopee, Lazada, dan masih banyak lagi. Jika ada promo tanggal cantik atau gratis ongkos kirim, pasti orang-orang berbondong-bondong berbelanja di sana. Oleh karena itu, peluang besar ini jangan sampai kamu lewatkan! Kamu bisa meniti karier menjadi pengusaha muda bisnis online melalui platform berbelanja tersebut.

Apabila kamu khawatir karena tidak punya modal, kamu tidak perlu cemas! Karena ada beberapa brand yang membuka reseller atau dropshipper tanpa harus mengeluarkan uang. Wah, asik banget ya! Lantas, bagaimana cara menjadi pebisnis online? Menurut Niaga Hoster, ada beberapa tahap untuk menjadi pengusaha online yang sukses. Yuk, perhatikan langkahnya di bawah ini!

  • Lakukan riset tentang pasar.
  • Analisis kompetitor.
  • Temukan model bisnis yang pas.
  • Buat website.
  • Promosikan produk dengan strategi yang tepat.
  • Pertahankan pelanggan setia.

Demikian empat pilihan karier untuk lulusan SMA. Profesi – profesi di atas memang bisa ditekuni oleh lulusan SMA, tapi bukan berarti kamu berhenti belajar. Kamu harus tetap meningkatkan kemampuanmu agar bisa menjadi generasi penerus yang unggul. Misalnya kamu ikut pelatihan atau seminar online dari berbagai perusahaan. Jadi, kamu bisa percaya diri bersaing dengan para pelamar lainnya tanpa ada rasa cemas karena tingkat pendidikan yang berbeda.

Jika kamu ingin tetap produktif selagi mencari pekerjaan yang pas, kamu bisa coba aplikasi DoCheck! Di sini kamu akan mendapat tips-tips bermanfaat dari para influencer profesional di bidangnya dan juga ada fitur rekomendasi to-do list yang dapat membantumu mencari daftar kegiatan yang sesuai dengan minat. Keren banget, ‘kan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download segera DoCheck di Play Store dan App Store GRATIS!


Scroll to Top