self improvement

12 Tips Self Improvement untuk Meningkatkan Kualitas Diri


Improve yourself artinya meningkatkan kualitas diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Lalu, bagaimana cara atau tips self improvement yang bisa kamu lakukan? Jawabannya telah MinCheck sediakan di bawah ini!

Konsistensi dan disiplin dalam menjalankan tips berikut akan membawa dampak positif besar dalam hidup Kamu. Tidak hanya mencapai kesehatan secara fisik namun juga mental.

Manfaat Self Improvement

Meningkatkan self improvement pada dasarnya kebutuhan pokok setiap manusia agar mampu mencapai kebahagiaan yang sesungguhnya. Pentingnya self improvement mengajarkan value pada diri DoCheckers.

Manfaat self improvement sendiri bisa membawa Kamu meraih cita-cita yang diimpikan selama hidup. Adapun keuntungan lainnya dari kegiatan peningkatan kualitas diri setiap hari ialah:

1. Memetakan Potensi Diri

Pengenalan diri membantu memetakan potensi apa yang dimiliki. Contohnya saja ketika mencoba hal baru, DoCheckers menyerap ilmu tertentu dengan lebih cepat. Ini artinya ada potensi dalam bidang tersebut yang besar kemungkinannya membawa kesuksesan dalam hidup.

Baca juga: Potensi Diri: Simak Pengertian dan Cara Mengenalinya!

2. Memahami Diri Sendiri

Berkat self improvement, kamu mampu mengenali diri sendiri dengan baik. Apa yang menjadi sumber kekuatan dan kelemahan pada diri sendiri jauh lebih baik daripada menurut pandangan orang lain.

Misalnya saja ketika memiliki tugas berbicara di depan umum akan membuat gugup dan takut. Meskipun begitu bisa saja audience tidak tahu bahwa kamu sedang gugup karena piawai mengatur ekspresi wajah ketika berbicara.

3. Memiliki Peluang Baru

Dalam meningkatkan diri, DoCheckers akan bertemu dengan orang berbeda-beda. Latar belakang yang berbeda ini membuka kesempatan baru dalam kehidupan. Kamu bisa mendapatkan wawasan baru dari orang-orang tersebut yang mungkin membawa manfaat di masa depan.

4. Mencapai Versi Terbaikmu

Manfaat self improvement membuatmu mencapai versi terbaik dari dirimu
Manfaat self improvement membuatmu mencapai versi terbaik dari dirimu (Foto via Pixabay)

Tujuan utama dalam pengembangan diri adalah untuk mencapai versi terbaik dari dirimu. Dengan mencapai versi paling unggul dalam dirimu maka akan mudah membina hubungan dengan orang sekitar.

DoCheckers nyaman menjalani kehidupan dan mampu meningkatkan jenjang karir serta jaringan bisnis. Kamu merasa siap menghadapi tantangan dan ujian serta damai dalam hidup.

12 Tips Self Improvement

Bagaimana cara untuk bisa meningkatkan kualitas diri? Ada banyak sekali tips sederhana yang bisa DoCheckers ikuti yakni sebagai berikut:

1. Buat Tujuan Realistis

Langkah pertama yang bisa DoCheckers lakukan adalah membuat tujuan-tujuan yang ingin diraih. Goals ini harus realistis, terukur dan jelas sehingga mungkin untuk dicapai.

Tujuan tidak harus tinggi bahkan bisa terkait kegiatan sehari-hari atau to do list. Contohnya saja menabung receh setiap ada kembalian koin atau menurunkan berat badan dalam tiga bulan.

Baca juga: Cara Membuat To Do List Pakai Social To Do List App DoCheck

Dengan tujuan yang spesifik maka langkah kamu semakin terarah dan tahu bagaimana trik untuk mencapainya. Tulis tujuan tersebut dalam catatan baik secara digital maupun manual di kertas lalu pajang di kamar tidur agar selalu ingat. Untuk memulai journaling digital, kamu bisa memanfaatkan aplikasi DoCheck yang bisa kamu unduh secara gratis di Play Store atau App Store.

Dengan aplikasi DoCheck, kamu bisa membuat rangkaian to do list yang akan kamu lakukan sehingga eksekusimu semakin matang.

2. Belajar dari Pengalaman

Cara meningkatkan kualitas diri selanjutnya adalah belajar dari pengalaman. DoCheckers bisa belajar dari pengalaman pribadi maupun orang lain sebagai mawas diri dan hati-hati saat melakukan sesuatu.

Ungkapan guru terbaik adalah pengalaman adalah fakta yang benar adanya. Dari pengalaman ini bisa membantu bertindak dengan pertimbangan yang lebih matang. Selain itu menghindari kesalahan yang sama dan mendapatkan hasil lebih baik dari sebelumnya.

Contohnya saja ketika belajar berinvestasi menghindari instrumen dengan high risk usai mendapatkan kegagalan dari pengalaman investasi sebelumnya. Pengalaman orang lain juga akan menolong memberikan pilihan terbaik saat menghadapi masalah.

3. Growth Mindset

Hidup tak melulu tentang kesuksesan karena tak jarang juga menemui kegagalan. Hal ini tentu mempengaruhi kondisi psikologis seseorang seperti merasa sedih saat gagal mengejar tujuan tertentu.

Dari peningkatan diri maka mampu mengembangkan pola pikir atau growth mindset. Growth mindset ialah keyakinan bahwa kamu mampu meningkatkan kualitas dan kemampuan diri.

Melalui pola pikir ini kamu mengantisipasi tantangan yang beresiko muncul dalam hidup. Tentunya dalam meraih sesuatu kamu tak jarang dipaksa untuk keluar dari zona aman.

Growth mindset berpengaruh besar dalam menyelesaikan rintangan tersebut. Kamu merasa yakin untuk mengantisipasi resiko atau tantangan yang ada.

4. Lihat Kegagalan dari Perspektif Berbeda

Tentunya mustahil jika setiap goals selalu bisa sukses diraih. Adakalanya kamu akan menemui kegagalan. Dari kegagalan ini beberapa orang merasa rendah diri setelahnya dan takut untuk meraih tujuan lainnya.

Merasakan kesedihan setelah menemui kegagalan adalah hal yang wajar namun jika terus berlarut-larut tentunya akan merugikan diri sendiri. Kamu tidak mampu melangkah maju ke depan dan hanya berdiam diri serta fokus pada kegagalan itu saja.

Mulailah belajar melihat kegagalan dalam perspektif berbeda. Jangan pandang kegagalan sebagai batasan dalam dirimu. Malah nilai kegagalan ini sebagai batu loncatan untuk meraih hal yang lebih baik di masa depan.

Hindari menyalahkan diri sendiri ketika mengalami kegagalan. Ajak sahabat atau orang terdekat untuk berbagi keluh kesah yang sedang dihadapi. Dengan begitu beban hati bisa terasa berkurang dan kembali bersemangat lagi.

5. Menerima Saran & Kritik Konstruktif

Buka hatimu untuk menerima saran dan kritik yang sifatnya membangun. Cara meningkatkan kualitas diri wanita maupun pria adalah menyingkirkan ego. Belajar untuk selalu down to earth serta terima umpan balik dari orang lain.

Menerima kritik memang tak jarang menyinggung hati namun ini kesempatan baik dalam memperbaiki diri. Terkadang kamu tidak menyadari kelemahan diri sendiri khususnya saat bersosialisasi.

Dengarkan dulu saran dan kritik yang disampaikan orang terdekatmu. Siapa tahu dari masukan tersebut mampu meningkatkan nilai diri sendiri. Penilaian diri sendiri tak jarang tidak objektif sehingga perlu masukan dari orang lain.

6. Kembangkan Hobi

Self improvement jurnal cocok untuk DoCheckers yang suka sekali menulis. Dari melakukan kegiatan journaling bisa diketahui apa yang sudah kamu lakukan dan mana saja tujuan yang belum teraih.

Baca juga: 3 Manfaat Menulis dan Tips Menjadi Penulis

Kembangkan hobi yang dulunya belum sempat untuk kamu lakukan. Hobi mampu meningkatkan kemampuan diri, termasuk kegiatan positif serta menghabiskan waktu dengan mengasyikan serta menguntungkan.

Contohnya saja jika hobi memasak bisa pula mengarahkan kamu untuk membuka usaha di bidang kuliner. Dari hobi ini bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Dari hobi juga bentuk ekspresi emosi serta meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam diri.

7. Berbuat Baik

Jalani hidup dengan banyak melakukan perbuatan baik. Mulai dari kebaikan kecil seperti membantu membersihkan rumah orang tua, sopan santun kepada setiap orang dan menolong tetangga saat memerlukan bantuan.

Melakukan kebaikan tidak hanya berarti untuk orang lain namun juga pada diri sendiri. Kamu akan merasa lebih bermanfaat dan berharga. Dari berbuat baik juga belajar empati serta peka terhadap kebutuhan orang lain.

Empati tumbuh dalam diri akan membantu meningkatkan kebahagiaan hidup. Selain itu juga memiliki reputasi yang baik di lingkunganmu serta mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

8. Motivasi Diri

Bila merasa kurang motivasi diri, maka mulailah belajar quote-quote inspiratif dari orang lain. Misalnya saja baca buku self improvement sesuai kebutuhanmu. Kini banyak sekali buku yang mengarah pada self improvement baik dalam bentuk digital maupun text book.

Tujuan membaca buku ini adalah menggali potensi diri sekaligus memperbaiki sikap. Setelah membaca buku mampu meningkatkan rasa percaya diri dan memahami diri sendiri.

Selain itu juga mampu mengendalikan emosi bahkan mengatasi rasa cemas. Kamu juga akan termotivasi untuk tidak hanya fokus pada keterbatasan yang dimiliki saja namun juga kemampuan yang sebelumnya terpendam.

9. Ciptakan Lingkungan Inspiratif

Ciptakan lingkungan yang menginspirasi DoCheckers untuk melakukan kegiatan positif. Belajar dari ahlinya bisa melalui video Youtube atau mencari mentor maupun pembimbing khusus dalam pengembangan diri.

Selain itu bisa pula dengan kebiasaan yang mampu meningkatkan kualitas diri. Misalnya saja mulai melatih diri agar lebih rapi dengan rajin membersihkan tempat tidur setiap hari.

Cat dinding kamar tidur yang terlihat kusam atau mengganti sprei maupun gorden agar suasana kamar lebih ceria. Jaga kebersihan sehingga pikiran juga ikut tertata dan mood selalu baik.

Pikiran yang kacau biasanya terstimulasi dari hal-hal berantakan di sekitarmu. Apalagi menurut penelitian lingkungan tempat tinggal mampu memengaruhi semangat hidup dan suasana hati. Dari lingkungan yang positif maka diri sendiri juga menjadi pribadi yang inspiratif.

10. Bangun Pagi & Berolahraga

Cobalah untuk bangun pagi dan berolahraga
Cobalah untuk bangun pagi dan berolahraga (Foto via Pexels)

Kegiatan self improvement selanjutnya adalah belajar bangun pagi dan rutin berolahraga. Tak sedikit orang mengakui bahwa kualitas hidup meningkat hanya karena bangun pagi.

Selain itu dengan bangun pagi, kamu bisa mendapatkan waktu lebih banyak untuk beraktivitas. Kebiasaan ini juga bagus untuk kesehatan karena jam biologis berjalan sempurna.

Kamu makan di waktu yang tepat dan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Hal ini nyatanya mempengaruhi kinerja organ pada tubuh. Lengkapi pola hidup sehat juga dengan rutin berolahraga.

Kamu bisa jogging di sekitar rumah atau bersepeda. Bila memang memiliki banyak waktu bisa pula datang ke gym untuk mendapatkan pelatihan olahraga yang tepat.

11. Tingkatkan Fokus

Tingkatkan fokus dengan membuat daftar tugas yang bisa DoCheckers lakukan sehari-hari. Buat checklist sehingga memahami tugas yang belum terselesaikan. Dari list ini juga lebih tertata tugasnya karena mengetahui dateline.

Jika sulit sekali untuk fokus pada satu hal maka hindari multitasking. Selesaikan dulu satu pekerjaan baru pindah ke pekerjaan lainnya. Jangan lupa sisihkan waktu untuk me time guna meditasi dan beristirahat.

12. Jalin Hubungan Positif

Relasi yang kamu bangun memberikan dampak besar dalam hidupmu. Jika circle pertemanan cenderung mengarah ke hal-hal negatif tentu kamu akan dekat dengan kegiatan yang negatif begitu sebaliknya.

Selektiflah memilih pertemanan dan jalin hubungan yang positif. Buat batasan dalam hubungan tersebut karena tidak semua hubungan membawa hal positif. Dari sekarang mulailah berlatih berkomunikasi agar meningkatkan keterampilan sosial.

Kesimpulan

Self improvement sangat baik untuk kepentingan diri sendiri dan orang lain. Kualitas diri yang baik secara tidak langsung juga membawa dampak besar bagi lingkungan sekitarnya.

Cara untuk self improvement mulai dari menerima kekurangan diri. Mulai melihat kegagalan dari berbagai sudut pandang serta growth mindset. Jadikan pengalaman menjadi guru terbaik dalam hidup.

Tentukan tujuan realistis serta terbuka akan saran dan kritik yang membangun. Motivasi diri dengan membaca buku dan rutin menjaga kesehatan melalui olahraga. Dengan tips self improvement ini maka bisa menciptakan versi terbaik dari dirimu.


Terbaru

Kategori

Scroll to Top