Tips Menjadi Penulis dan Manfaat Menulis

3 Manfaat Menulis dan Tips Menjadi Penulis


Menulis merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh siapa saja, tetapi tidak semua orang bisa memutuskan menjadi penulis. Coba pikirkan, keseharianmu tidak terlepas dari menulis kan? Mulai dari menulis status, pesan, bahkan jurnal. Kegiatan menulis yang kamu lakukan ada manfaatnya lho.

Salah satu manfaatnya adalah bisa dijadikan sebagai sumber mata pencaharian. Kalau kamu ingin jadi penulis, ada banyak pilihannya. Misalnya, menjadi penulis buku, konten artikel, atau blog, hingga jurnalis. Mau tau manfaat lain dan tips menjadi penulis? Baca artikel ini sampai habis ya.

Kebiasaan Menulis Baik Untukmu

Menjadi Penulis dengan Menulis
Photo by RazorMax from Pixabay

Di era teknologi sekarang, menulis tidak hanya terpaku pada tulisan tangan, mengetik menggunakan handphone ataupun laptop juga termasuk menulis. Biasanya menulis digunakan sebagai alat berkomunikasi. Ada dua tujuan ketika orang menulis sesuatu, bisa untuk dirinya sendiri atau orang lain. Ketika kamu menulis untuk dirimu sendiri, hal yang didapat adalah pemahaman dan pembelajaran yang lebih baik terhadap apa yang sedang dipikirkan. Sedangkan menulis untuk orang lain biasanya berbentuk publikasi yang dapat dibaca dan bermanfaat untuk pembacanya.

Dilansir dari Norhtern Illinois University dan University of Nottingham, kebiasaan menulis baik untuk dilakukan. Dampaknya dapat dilihat dari kemampuan berpikir dan kecerdasan emosi. Untuk mendapatkan dampaknya, rajin-rajin latihan menulis. Kamu harus ingat bahwa menulis juga sebuah perjalanan untuk menjadi lebih baik sebagai penulis atau individu. Ada 3 alasan mengapa menulis adalah kegiatan yang bermanfaat:

Dapat Membantumu Berpikir

Seorang ahli bahasa, Walter Ong, mengamati bahwa menulis itu penting untuk membantu pikiran manusia mencapai potensi maksimalnya. Dengan menulis, kamu bisa menuangkan ide-ide yang belum jelas dan merangkainya menjadi suatu tulisan sesuai pengetahuan yang dimiliki. Pengembangan kerangka menulis menunjukkan bahwa kebiasaan menulis dapat mengasah kreativitas dan kemampuan berpikir. Kenapa begitu? Ketika menulis, kamu membutuhkan fokus dan berusaha agar dapat dimengerti oleh pembaca.

Kritik, saran, dan masukan juga bisa kamu dapatkan sebagai hasil menulis. Terutama jika jenis tulisanmu adalah tulisan yang bisa dibaca oleh publik, penting untuk terbuka terhadap feedbacks. Ketika kamu merevisi tulisan, proses berpikir akan terjadi dan bisa ambil pelajaran untuk tulisan selanjutnya.

Membuatmu Merasa Baik

Menulis akan membuatmu menuangkan isi pikiran. Mungkin kamu memiliki sesuatu yang tidak bisa diungkapkan, menulis bisa menjadi cara alternatif untukmu. Atau mungkin kamu memiliki masalah dan sulit menemukan solusi, menulis juga bisa membuatmu mengidentifikasi lebih mudah apa yang menjadi masalahmu.

Sebuah riset dari seorang psikolog di University of Texas, James Pennebaker, mengungkap bahwa menulis dapat mengobati luka batin. Ia mengajak partisipan untuk menulis 20 menit selama 4 hari berturut-turut. Isi tulisannya berupa emosi terdalam dan pemikiran tentang hal apa yang berdampak dalam hidupnya. Hasilnya disimpulkan bahwa latihan menulis ekspresi tersebut membuat partisipan merasa lebih bahagia dan berkurang gejala depresi dan kecemasannya. Kalau kamu lagi galau, bisa banget nih dicoba nulis-nulis menuangkan keresahan.

Sarana Berkomunikasi

Kamu bisa memilih untuk memberikan pengaruh kepada pikiran dan aksi pembaca melalui tulisan. Itulah sebabnya kenapa menulis bisa sebagai jembatan dalam berkomunikasi. Ketika menulis sesuatu, jelaskan isinya dengan bukti dan argumen. Kamu bisa membuat pembaca percaya terhadap apa yang ditulis. Sekadar menulis pesan singkat dan informasi di sosial media pun termasuk bentuk komunikasi dengan menulis.

Tips Menjadi Penulis Ala DoCheck

Menjadikan sebuah hobi sebagai pekerjaan tentu nggak mudah dan perjalanannya nggak sama seperti kegiatan menulis biasa. Selain itu, ada banyak pilihan yang bisa dipilih sebagai penulis yang lebih spesifik seperti novelis, content writer, copywriter, penulis naskah, editor, dan profesi lainnya. Tidak ada penulis yang sempurna, tetapi kesempatan menjadi lebih baik selalu ada. Berikut ini ada sembilan tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi penulis yang baik (berlaku untuk segala jenis penulis):

  1. Bacalah bacaan dari penulis yang hebat.
  2. Rajin dan disiplin dalam menulis, buatlah rutinitas harian.
  3. Tuliskan idemu setiap muncul terutama hal yang kamu minati.
  4. Kurangi distraksi yang ada ketika proses penulisan.
  5. Rencanakan, tulis, dan perbaiki tulisan dengan teliti.
  6. Gunakan kalimat yang menarik dan kuat.
  7. Dapatkan kritik dan saran dari orang lain.
  8. Cobalah menulis dengan gaya lebih ‘ngobrol‘.
  9. Mulai dan akhiri setiap tulisan dengan bagus.
  10. Publikasikan karyamu.

Dari tips di atas, kamu bisa membuat rutinitas harian yang bisa dimulai dari sekarang. Untuk membantumu menjadi penulis yang lebih baik, DoCheck punya to-do list yang bisa kamu pakai. Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya.

1. Buka Aplikasi dan Tambahkan Goals

Buka aplikasimu dan klik ikon (+) di tengah. Kamu bisa tambahkan goals setelahnya.

Step 1 Menjadi Penulis Ala DoCheck
Tambahkan Goals.

2. Isi Goals yang Diinginkan

Akan muncul rincian Goal Baru yang perlu diisi dari judul, deskripsi, hingga aturan penambahan peserta grup. Kamu juga dapat mengubah to-do list menjadi publik. Setelah mengisi judul dan deskripsi, kamu bisa klik Tambahkan Task. Kali ini, isi Goal Baru dengan judul ‘To-do List Penulis’ ya.

Step 2 Menjadi Penulis Ala DoCheck
Isi Rincian Goal.

3. Tambahkan Tasks

Kamu akan menjumpai rincian task yang dapat diisi. Task dapat kamu isi sesuai dengan kegiatan menjadi penulis yang kamu ingin lakukan. Atur tenggat waktu dan reminder jika dibutuhkan. Kamu juga dapat menambahkan link rekomendasi serta catatan di dalam Task. Klik simpan jika sudah, dan ulangi tahapannya sampai Task-mu terpenuhi.

Step 3 Menjadi Penulis dengan to-do list
Isi Rincian Task.

4. Penambahan Goal Baru Selesai

Jika dirasa sudah cukup, kamu dapat klik ikon hijau di pojok kanan atas. Setelah itu akan muncul pop up menandakan kamu berhasil membuat Goal Baru.

Step 4 to-do list
Goal Baru telah jadi.

5. Atur To-do List

Goal yang sudah jadi akan ditampilkan seperti di bawah ini. Setelah itu, jika kamu ingin menyuntingnya, klik titik tiga di pojok kanan atas. Terdapat beberapa opsi berupa Pin Goals, Tambah Task, Edit Goals, Tambah teman, dan Hapus Goals. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, jika perlu menambahkan kegiatan, klik Tambah Task. Jika ingin Goal menjadi penulis ada di halaman utamamu, klik Pin Goals.

step 5 to-do list
Sunting Goal jika dibutuhkan.

Menjadi penulis tidaklah mudah, tetapi kamu bisa melakukannya dengan tekad dan kedisiplinan yang kuat. To-do list di atas bisa kamu coba dan rasakan hasil dari rutinitasnya. Semoga bisa membantumu menjadi penulis yang lebih baik ya.

Untuk membantumu melakukan rutinitas agar tulisanmu lebih baik atau mengatur kegiatan sehari-hari, DoCheck hadir sebagai solusi. Buatlah to-do list versimu setelah download aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau App Store ya.


Scroll to Top