5-ide-part-time-job-buat-kamu-yang-kuliah-di-luar-negeri

5 Ide Part Time Job Buat Kamu yang Kuliah di Luar Negeri


Masih dalam topik seputar kuliah di luar negeri, seperti yang diketahui bahwa biaya selama kuliah di luar negeri tentunya berbeda jauh dengan di Indonesia. Biaya seperti pembayaran kuliah, tempat tinggal, makanan, dan kebutuhan lainnya tentu lebih tinggi daripada di negara sendiri. Meskipun, kamu mendapatkan beasiswa sekalipun, pastinya ada beberapa pengeluaran yang tidak ditanggung oleh beasiswa sepenuhnya. Maka dari itu, jika kamu ingin memiliki simpanan uang yang lebih untuk dapat membantu kehidupan kamu selama kuliah di luar negeri, part time job menjadi solusinya.

Part time job atau kerja paruh waktu adalah pekerjaan yang kamu lakukan hanya dengan separuh waktu kerja. Misalnya waktu kerja penuh waktu adalah 8 jam/hari, maka paruh waktu bekerja dalam waktu 4 jam/hari. Hal itu membuat kerja paruh waktu sangat cocok bagi mahasiswa karena waktu kerjanya yang fleksibel sehingga tidak akan mengganggu aktivitas perkuliahan. Lalu, ada beberapa manfaat lainnya yang akan kamu dapatkan ketika melakukan part time job selagi kuliah. Manfaat tersebut diantaranya menambah penghasilan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, dan menambah relasi dengan orang lain.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk melakukan kerja paruh waktu, ada 5 rekomendasi part time job yang bisa kamu coba ketika kuliah di luar negeri, yaitu:

1. Barista

Siapa yang tak kenal dengan pekerjaan satu ini? Tidak hanya di Indonesia, maraknya kedai kopi yang bermunculan juga terlihat beberapa di negara lain. Melihat dari hal tersebut, tentunya terdapat kesempatan emas yang bisa kamu manfaatkan untuk mengambil part time job sebagai barista. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melamar kerja sebagai part time barista.

Kamu bisa mencari info lowongan pekerjaan melalui sosial media ataupun kamu bisa menanyakan langsung lowongan part time barista di kedai kopi yang kamu tuju. Walaupun, menjadi seorang barista membutuhkan skill tersendiri agar dapat membuat minuman kopi yang enak. Jangan khawatir! Kamu bisa mencari lowongan part time barista yang salah satu kriterianya tidak perlu memiliki pengalaman menjadi barista. 

Untuk menjadi seorang part time barista, kamu ditugaskan untuk membuat dan menyajikan minuman bahkan makanan jika diperlukan dan membersihkan peralatan membuat minuman. Maka dari itu, barista menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang membutuhkan part time job selagi kuliah di luar negeri. Selain waktunya yang fleksibel, bayarannya pun dapat menyesuaikan dengan waktu kerja yang kamu lakukan. Contohnya saja di negara Amerika Serikat, berdasarkan hasil riset oleh ziprecuiter.com, gaji yang didapatkan dari seorang part time barista rata-rata sebesar $11 per jam.

2. Fotografer

Buat kamu yang hobi dan memiliki bakat di bidang fotografi, mungkin part time job satu ini sangat cocok untuk kamu. Didukung oleh banyaknya platform sosial media saat ini, hal tersebut dapat kamu manfaatkan untuk menunjukkan hasil-hasil jepretan mu yang keren. Selain itu, sosial media yang kamu gunakan juga bisa kamu jadikan sebagai portofolio, untuk dapat memikat calon klien maupun photographer agency

Maka dari itu, agar portofolio di sosial media kamu terlihat menarik, kamu perlu menyusunnya secara estetik dan terstruktur yang tentunya sesuai dengan gaya jepretan kamu ya! Lalu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas fotografi di daerah mu untuk semakin memperluas relasi. Menjadi seorang part time fotografer adalah pekerjaan yang menyenangkan, banyak objek yang bisa kamu abadikan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, menjadi seorang part time fotografer juga memiliki bayaran yang cukup besar tergantung seberapa besar biaya yang kamu tentukan. Misalnya di Australia, dikutip dari laman orlandosydney.com rata-rata bayaran dari seorang fotografer pemula atau part time berada di kisaran $50-$120.

3. Kasir dan Pelayan

Jangan pernah menganggap bahwa pekerjaan ini adalah pekerjaan rendah ya! Perlu kamu ketahui bahwa part time job seorang kasir atau pelayan dapat memberikanmu banyak benefit. Selain dapat menambah penghasilan kamu selama kuliah di luar negeri, pekerjaan satu ini juga dapat mengisi waktu luangmu menjadi lebih produktif, menambah wawasan dan keterampilan, dan mengasah attitude

Banyak tempat yang bisa kamu coba untuk menjadi part time kasir atau pelayan. Misalnya seperti restoran cepat saji, minimarket, toko pakaian, dan lain sebagainya. Namun, perlu kamu pahami bahwa menjadi pekerja part time kasir atau pelayan dibutuhkan mental yang kuat. Alasannya, kamu akan berhadapan dengan berbagai pelanggan dengan sifat yang mungkin berbeda-beda, ditambah lagi tekanan dari atasan, hal itulah yang dapat mengasah mental kamu. Selain itu gaji yang akan kamu dapatkan dari part time kasir atau pelayan ini juga cukup besar. Menurut glassdoor.co.uk, rata-rata gaji dari part time kasir di UK adalah sekitar 6 pounds/jam, sedangkan untuk part time pelayan sekitar 7 hingga 8 pounds/jam.

4. Graphic Designer

Graphic designer atau desainer grafis memang merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari dan diminati saat ini. Apalagi di era digital saat, banyak perusahaan yang membutuhkan desainer grafis untuk mempromosikan produknya. Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki skill dan keterampilan di bidang desain grafis, part time job ini sangat cocok bagi kamu!

Kamu bisa mengajukan untuk bekerja secara part time atau freelance ke beberapa perusahaan sambil menunjukkan portofolio desain grafis kamu. Sebelumnya, kamu bisa mencari lowongan pekerjaan desainer grafis melalui sosial media atau job portal yang ada di internet. Selain mendapatkan penghasilan yang cukup besar, part time sebagai desainer grafis juga akan mengasah keterampilan dalam mendesain dan menambah portofolio kamu. Lalu, bayaran yang akan kamu dapatkan juga terbilang besar, meskipun disesuaikan dengan tingkat kesulitan dari desain yang dibuat. Contohnya saja di Malaysia, dikutip dari glints.com, rata-rata gaji dari seorang part time desainer grafis adalah sebesar 1.000 hingga 2.000 Ringgit.

5. Tutor atau Pembimbing

Terakhir, buat kamu yang memiliki tingkat pengetahuan akademis yang tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi tutor atau pembimbing bagi mahasiswa baru S1. Bukan hanya kamu yang berjurusan di bidang pendidikan, part time job tutor ini juga bisa kamu lakukan dari jurusan mana saja. Kuncinya hanya satu, asalkan kamu memiliki satu atau beberapa materi atau mata kuliah yang kamu kuasai. Tujuannya, agar apa yang kamu ajarkan nantinya, mereka dapat memahaminya dengan jelas dan bermanfaat bagi mereka kedepannya.

Pekerjaan satu ini memang pekerjaan yang mulia, selain dapat menambah penghasilan selama kuliah di luar negeri, kamu juga turut membagi ilmu kepada junior. Di pekerjaan ini pula, kamu bisa menentukan sendiri tarif biaya yang harus dikeluarkan oleh murid kamu. Misalnya saja di Kanada, dikutip dari laman glassdoor.ca, rata-rata bayaran dari seorang part time tutor adalah $36.000 hingga $ 58.000 per tahun, menarik banget bukan?

Itulah 5 part time job yang bisa kamu coba selama kamu menempuh kuliah di luar negeri. Banyak tantangan yang mungkin kamu hadapi ketika kuliah di luar negeri, entah itu mengenai perkuliahan, finansial, pertemanan, dan lain sebagainya. Namun, perlu kamu ingat bahwa semua itu ada jalannya masing-masing, asalkan kamu punya tekad dan semangat yang kuat.

Biar aktivitas perkuliahan kamu makin lancar dan produktif, yuk buat to-do list aktivitasmu di aplikasi DoCheck! Tunggu apalagi? Yuk download di Play Store. Gratis!

Jangan lupa juga, buat kamu yang berencana kuliah di luar negeri khususnya ke Jepang dan ingin memperdalamnya lebih lanjut, kamu bisa ikutan #BeAPOPStar Webinar bareng Zhafira Aqila dengan tema “Survival Tips for Studying In Japan” live di Zoom pada Kamis, 25 November 2021. Untuk pendaftarannya, kamu bisa langsung daftar di link ini ya bit.ly/BeAPOPStarZhafira , GRATIS!


Scroll to Top