Career Opportunity for Fresh Graduate in IT

Gratis
Template dari
DoCheck
DoCheck
Faishal Wahiduddin, S.Kom., M.S.
Co-Founder & Chief Executive Officer (CEO) PT DoCheck Bagi Indonesia
Faishal Wahiduddin, S.Kom., M.S.
Co-Founder & Chief Executive Officer (CEO) PT DoCheck Bagi Indonesia

Menghadapi dunia kerja yang kompleks memang perlu persiapan yang matang agar tidak salah langkah. Salah satunya adalah dengan mengenali prospek kerja yang cocok dengan jurusan yang sedang dijalani.

Oleh karena itu, Kak Faishal berbagi pengalaman dan ilmunya mengenai peluang karier untuk fresh graduate di bidang IT. Yuk simak berikut ini!

1. Cari Tahu Persyaratan Kerja

First step, kamu perlu tahu persyaratan kerja yang memang dibutuhkan perusahaan. Apabila kamu lulusan IT, kamu bisa sesuaikan dengan skill yang kamu punya. Sebagai contoh, perusahaan membutuhkan seorang front-end developer dengan syarat harus menguasai skill seperti HTML5, CSS3, JavaScript, Jquery, Bootstrap, dan ReactJS. Maka, kamu harus menguasai skill tersebut agar masuk ke dalam daftar terpilih.

2. Kenali Prospek Kerja yang Ada

Prospek memiliki arti sebagai harapan, maka bisa disimpulkan kalau prospek kerja adalah harapan posisi kerja yang memungkinkan untuk dijalani oleh lulusan IT. Ada banyak banget prospek kerja lulusan IT seperti programmer, IT consultant, game developer, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa pilih salah satu yang menarik minatmu lalu kembangkan kemampuanmu di bidang tersebut.

3. Cari Tahu Jenjang Karier yang Diinginkan

KIra-kira jenjang karier seperti apa yang kamu impikan ke depannya? Nah, kamu juga bisa banget bertanya pada orang yang sudah berpengalaman atau mencari mentor. Kamu harus punya perencanaan karier yang matang agar tujuanmu tercapai.

4. Pahami Proses Rekrutmen Kerja

Selanjutnya, kamu juga perlu tahu langkah apa saja yang biasanya dilakukan perusahaan dalam proses rekrutmen kerja. Kamu bisa latihan wawancara kerja sebelum benar-benar melakukan wawancara dengan tim rekrutmen. Hal ini dilakukan agar kamu bisa lolos ke tahap selanjutnya dan dapat offering letter.

5. Yuk Mulai Cari Lowongan Kerja!

Next, kamu bisa mencari berbagai lowongan kerja di platform lowongan pekerjaan. Selain itu, gak ada salahnya untuk memperluas networking untuk dapat kesempatan kerja.

Kategori
Scroll to Top