pekerjaan 2022

Bidang Pekerjaan yang Banyak Dicari Tahun 2022


Hanya tinggal beberapa hari lagi, kita sudah ada dipenghujung tahun 2021. Resolusi apa aja sih yang berhasil kamu dapatkan ditahun ini? Misalnya dapat beasiswa, diet yang sukses atau dapat pekerjaan baru. Ngomong-ngomong tentang pekerjaan, kalau dilihat 4 tahun kebelakang (tahun 2017), kita akan melihat penggunaan teknologi informasi yang masih terbatas pada beberapa bidang dan belum terlalu intens seperti saat ini. Sejak adanya pandemi Covid-19 awal tahun 2020 lalu, hampir semua masyarakat beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Kebiasaan baru ini contohnya, belajar daring (jarak jauh), work from home, mengurangi mobilitas, hingga menghindari kerumunan orang. Salah satu yang terdampak dari pandemi diantaranya para pencari kerja. Dikutip dari cnbc.com, jutaan orang kehilangan pekerjaan, tetapi jutaan lainnya tetap bertahan dengan pekerjaan mereka. Penelitian menunjukan bahwa orang cenderung berhenti dari pekerjaan mereka setelah mengalami “turnover shock“. Artinya perubahan dalam hidup yang berpengaruh pada setiap aspek kehidupan sehari-hari dan memicu refleksi diri tentang kepuasan kerja seseorang.

Salah satu bidang pekerjaan yang mengalami penurunan pekerja saat pandemi adalah tenaga kesehatan. Selain harus berhadapan langsung dengan orang yang sakit, para tenaga medis juga khawatir dengan nasib dan kesehatannya. Dikutip dari bbc news Indonesia, menyebutkan bahwa Indonesia berada diperingkat tertinggi di Asia untuk jumlah tenaga kesehatan yang gugur akibat Covid-19. Hal ini menjadi trauma tersendiri bagi beberapa dokter dan tenaga kesehatan lainnya.

Pekerjaan Paling dicari 2022

Ada beberapa bidang pekerjaan yang prediksi akan banyak dicari ditahun 2022, yaitu bidang kesehatan, teknologi informasi, supply chain management (manajemen rantai pasok), manajemen keuangan dan ahli statistik. Namun bidang pekerjaan lain yang memungkinkan banyak dicari selanjutnya adalah yang berhubungan dengan digital marketing. Alasannya karena semakin majunya teknologi sehingga perubahan marketing tradisional menjadi digital sangat diperlukan. Berikut ini beberapa bidang pekerjaan yang diprediksi akan banyak dicari tahun 2022 dan bisa jadi referensi untuk karir kamu kedepannya. Jangan lupa dicatat, ya.

1. Kesehatan

pekerjaan paling dicari 2022
Photo By RODNAE Productions From Pexels

Pekerjaan di bidang kesehatan menjadi yang paling banyak dicari, karena semakin berkurangnya tenaga kesehatan. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah orang yang sakit dengan jumlah pekerja kesehatan. Sebelumnya, bidang kesehatan juga pengalami penurunan pekerja dan ditambah dengan pandemi Covid-19 yang membuat semuanya memburuk. Ada 3 hal yang diprediksi akan menjadi tren di bidang kesehatan ditahun 2022, yaitu strategi environment, sustainability, governance (ESG) akan berfokus pada inovasi, analisis data untuk mempercepat inovasi bioteknologi dan telemedicine solusi perawatan digital konsumen.

Menurut rencana, kementerian kesehatan Indonesia akan menggencarkan 6 transformasi kesehatan di tahun 2022, yang baru direncanakan ada 2, yaitu layanan primer pencegahan penyakit, layanan sekunder fasilitas dan pelayanan rumah sakit. Diperkirakan butuh sekitar 500.000 perawat ditahun 2027, yang sudah sarjana atau punya gelar associate dan lisensi dalam bidang keperawatan. Kalau kamu mau dan ingin menjadi salah satu tenaga kesehatan, persiapan harus mulai dilakukan sejak dini, agar impian kamu bisa terwujud.

2. Teknologi Informasi

pekerjaan it
Photo by Christina Morillo From Pexels

Perkembangan teknologi terutama yang berhubungan dengan pekerjaan jarak jauh dan pendidikan, membuat pekerja dibidang ini akan banyak dicari tahun depan. Pekerja seperti software developer, database administrator, system analyst, information security analyst dan masih banyak lagi, akan banyak dibutuhkan untuk membuat sistem dan aplikasi. Pembuatan sistem dan aplikasi digunakan sebagai penunjang pekerjaan dan kegiatan sehari-hari.

Ada 5 tren teknologi yang diprediksi akan banyak kamu temukan ditahun depan, yaitu artificial intelligence, revolusi tanpa kode, digitalisasi-datafikasi-virtualisasi, transparansi-tata kelola-akuntabilitas dan solusi energi berkelanjutan. Tren teknologi lainnya di Indonesia yaitu hadirnya kripto dan ancaman serangan ransomware. Maka dari itu dibutuhkan pekerja yang ahli dibidang security system dan cyber security. Untuk kamu yang mau mendalami bidang teknologi informasi, kamu bisa mengikuti kursus/workshop/webinar yang banyak disediakan di platform belajar online.

Baca Juga: Desain Grafis untuk User Experience hingga To-do Listnya

3. Supply Chain Management

pekerjaan supply chain
Photo by Tom Fisk From Pexels

Masih berhubungan dengan pandemi Covid-19 yang pernah membuat panic buying (pembelian yang berlebihan saat kondisi darurat), menjadikan pekerjaan SCM akan banyak dicari tahun depan. Dikutip dari Forbes, prospek pekerjaan ini akan bertambah sebanyak 15% mulai dari 2022 hingga 10 tahun ke depan. Dibutuhkan pekerja yang bisa mengatur dan memprediksi dari rantai pasokan, agar distribusi barang dan jasa bisa tepat waktu. Peran dan pekerjaan SCM, yaitu memprediksi perubahan digital dari rantai pasok, prediksi logistik barang, manajemen rantai pasok dan prediksi dari rantai pasok lingkungan, sosial dan tata kelola.

Kalau kamu ahli dalam bidang matematika dan statistik, pekerjaan SCM bisa jadi prospek yang bagus untuk kamu. Beberapa jabatan/tingkatan di bidang SCM, yaitu direktur supply chain, manajer supply chain, wakil presiden supply chain dan direktur global supply chain. Bidang ini membutuhkan pekerja yang bisa menerapkan prinsip teknik dan membuat sistem kerja menjadi efisien.

4. Manajemen Keuangan

pekerjaan manajemen keuangan
Photo by Pixabay From Pexels

Kebutuhan akan pekerja yang bisa mengatur keuangan perusahaan, membuat bidang manajemen keuangan akan banyak dicari ditahun depan. Beberapa jenis pekerja dalam bidang ini, yaitu konsultan keuangan, staf pembukuan-audit, akuntan dan manajer keuangan. Manajer keuangan bertugas untuk memeriksa pengeluaran dan pendapatan perusahaan sambil mencari cara untuk memaksimalkan profit.

Bekerja di bidang manajemen keuangan banyak dibutuhkan untuk tahun depan karena semakin banyaknya perusahaan baru yang membutuhkan bagian pegatur keuangan, agar penggunaan dana perusahaan dapat digunakan secara efektif dan efisien. Selain itu, pemeriksaan/audit keuangan juga perlu dilakukan, agar tidak ada penyimpangan dan penyalahgunaan dana di dalam perusahaan. Jika kamu ingin berkarir dibidang manajemen keuangan, kamu bisa mendalami ilmu akuntansi, analitis, komunikasi dan teknologi.

5. Ahli Statistik

kerja ahli statistika
Photo by Tima Miroshnichenko From Pexels

Jika kamu punya keahlian dibidang statistika dan menyukai analisis data, menjadi ahli statistik jadi pekerjaan yang cocok untuk kamu. Pada tahun 2022 akan semakin banyak data-data dan informasi yang beredar, dan peran ahli statistik disini dibutuhkan untuk dapat mempresentasikan data menjadi informasi. Skill yang harus dimiliki ahli statistik, antara lain analisis, technical, komunikasi dan kepemimpinan.

Beberapa profesi dibidang ini, antara lain quality controller, business analyst, insurance specialist, data scientist hingga tenaga pengajar. Seorang ahli statistik juga punya beberapa peran dan tanggung jawab, yaitu :

  • Mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data
  • Mengidentifikasi tren dan hubungan antar data
  • Merancang proses untuk pengumpulan data
  • Berkomunikasi dengan stakeholders
  • Menyarankan strategi organisasi dan bisnis
  • Membantu dalam pengambilan keputusan (decision making)

6. Digital Marketing

pekerjaan digital marketer
Photo by Mikael Blomkvist From Pexels

Pekerjaan seorang digital marketing sedang tren belakangan ini. Digital marketing berfokus pada taktik pemasaran dan teknologi yang digunakan untuk mendapatkan konsumen online. Tujuan dari digital marketing adalah untuk membangun kepercayaan dan kesadaran lewat media promosi dengan menampilkan konten yang relevan dengan customer. Promosi berguna untuk menambah customer baru dan menjaga customer yang sudah ada.

Media untuk digital marketing bisa bermacam, misalnya media sosial (twitter, facebook, youtube), email, newsletter dan iklan website. Beberapa pekerjaan yang ada di bidang digital marketing, antara lain content strategist, email marketer, SEO specialist, social media manager, content creators, copywriter dan masih banyak lagi. Kalau kamu ingin mencoba berkarir dibidang digital marketing, kamu bisa mulai belajar dari pelatihan, bertanya dengan ahlinya dan coba mengerjakan project kecil. Ini akan bermanfaat sebagai portofolio kamu saat melamar pekerjaan nanti.

Yuk, tunggu apa lagi, asah terus skill kamu demi mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Untuk mencoba kegiatan baru ditahun depan, kamu butuh sebuah to-do list yang bisa membantu untuk melihat progress pekerjaan dan sejauh mana tujuan sudah tercapai. Kamu bisa gunakan aplikasi to-do list dari DoCheck yang bisa di download di Play Store, GRATIS!


Scroll to Top