Brand Lokal Rawtype Riot dan Prestasi Decky Sastra

Brand Lokal Rawtype Riot dan Prestasi Decky Sastra


Brand lokal di Indonesia kini sudah mulai dikenal dan diakui kualitasnya. Jika dulu produk bergengsi identik dengan buatan luar negeri, sekarang sudah tidak lagi demikian. Dewasa ini, produk-produk berkualitas yang dibuat di dalam negeri mampu membuat banyak orang menjadi bangga ketika mengenakannya. Apakah kamu mengenal brand lokal, Rawtype Riot, yang produknya cukup sering dikenakan oleh Presiden Jokowi?

Decky Sastra, pendiri Rawtype Riot mengaku sangat bangga ketika karyanya dikenakan oleh orang nomor satu di Indonesia. Ini merupakan pencapaian yang besar baginya setelah satu tahun merintis bisnis fesyen. Bukan tanpa alasan, produknya menjadi kian populer karena kualitas Rawtype Riot pun semakin baik.

Lalu, bagaimana Decky Sastra mampu mengembangkan bisnisnya hingga dapat diakui Pak Presiden? Kamu juga harus tahu bahwa masih banyak pencapaian Decky Sastra yang lain bersama brand miliknya ini. Jika kamu penasaran dengan sosok Decky Sastra, yuk simak profilnya berikut ini. 

Profil Decky Sastra, Pemilik Brand Lokal Rawtype Riot

Brand Lokal Rawtype Riot dan Prestasi Decky Sastra
Instagram/ @rawtype_riot

Selain pengusaha, Decky Sastra juga dikenal sebagai penggiat barang-barang vintage dan otomotif. Kegemarannya itu ia tuangkan ke dalam karya yang kini dapat dinikmati oleh penggemar Rawtype Riot dalam sebuah desain. Produk Rawtype Riot yang paling populer adalah jaket. Selain itu juga ada item lain seperti topi, kaus, ikat pinggang, tas, dan jenis aksesoris lainnya yang biasa dikenakan para biker.

Membangun bisnis bagi pria kelahiran Jakarta, 5 Mei 1988 ini juga bukan hal yang mudah. Pengalaman membentuknya menjadi pribadi yang pekerja keras. Dahulu, Decky sempat mengalami hidup yang sulit sehingga harus banyak membantu orang tuanya dari segi ekonomi untuk bisa melanjutkan pendidikan. Dari mulai membantu berjualan pakaian muslim milik Sang Ibu, membuat kaus kelas dengan desain gratis, bekerja sebagai desainer di berbagai tempat, hingga akhirnya mendirikan Rawtype Riot. .

Rawtype Riot merupakan brand dengan konsep genuine art & co. Seperti namanya, desain yang digunakan sengaja dibuat raw (kasar) dan ‘berantakan’. Adapun tema yang diambil sangat beragam, misalnya vintage American style, Japanese style, dan khas Indonesia. 

Baca Juga: BeAPOPStarWebinar bersama Decky Sastra

Rawtype Riot Dikenakan Presiden Jokowi Lebih dari Sekali

Brand Lokal Rawtype Riot dan Prestasi Decky Sastra
Instagram/ @rawtype_riot

Presiden Joko Widodo merupakan salah satu tokoh yang kerap terlihat mengenakan brand lokal. Salah satunya Rawtype Riot yang pertama kali terlihat beliau kenakan pada peringatan sumpah pemuda. Beliau juga pernah mengenakan lagi jaket Rawtype, kali ini series ‘Bubur Ayam Racer’ yang dikenakan dengan modis saat konvoi di Bandung tahun 2018.

Pemenang Local Brand Editor’s Choice Kategori Merek Paling Viral

Pada tahun 2020, Kumparan menyelenggarakan Festival UMKM sebagai bentuk apresiasi terhadap bisnis lokal di Indonesia. Apresiasi ini ditujukan untuk bisnis yang turut menciptakan lapangan pekerjaan dan ikut berkontribusi dalam perekonomian nasional. Dari penghargaan tersebut, Rawtype Riot mendapatkan publikasi gratis senilai Rp 1 miliar. Keren ya!

Brand Lokal yang Tembus Pasar Internasional

Decky Sastra selalu ingin masyarakat Indonesia bangga menggunakan brand lokal. Pencapaiannya selama ini juga turut mendorong Decky untuk selalu meningkatkan kualitas produk sehingga membuat bangga penggunanya. Keuletan dirinya membuahkan hasil sehingga bukan hanya populer di dalam negeri, saat ini juga produknya dipasarkan di negara lain dari Malaysia hingga Amerika Serikat. Rawtype Riot juga pernah mengikuti pameran di Jepang bersama pabrikan motor global asal Amerika Serikat, Mooneyes. Mantap sekali!

Baca Juga: Fase Pengembangan Bisnis ala Rawtype Riot

Eksklusivitas Membuat Rawtype Riot Selalu Sold Out

Decky Sastra menciptakan brand eksklusif dengan hanya memproduksi setiap jenisnya secara terbatas. Di awal memulai bisnis pun jaket pertama yang ia rilis sudah sold out dalam waktu satu hari. Meski banyak permintaan, Decky tetap pada pendiriannya untuk tidak memproduksi kembali apabila produknya sudah terjual habis. Kabar terbarunya, kolaborasi Rawtype Riot dan Carsome juga berhasil menjual unit Honda Civic SB3 Nostalgic Racing Limited Edition pada  Pameran Indonesia Modification Expo (IMX) 2 Oktober lalu. 

Berkolaborasi dengan Ridwan Kamil

Brand Lokal Rawtype Riot dan Prestasi Decky Sastra
Instagram/ @rawtype_riot

Selain Presiden RI, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga sempat terlihat mengenakan jaket Rawtype Riot dengan model tenun Jawa Barat. Namun ternyata tidak hanya sampai disitu, Ridwan Kamil melanjutkannya dengan berkolaborasi dan menciptakan Varsity Champ ‘Ridwan Kamil’ jacket series. Jaket tersebut kemudian dilelang dan keuntungannya digunakan kembali sebagai modal awal para pebisnis brand lokal yang terdampak covid-19.

Baca Juga: Peran Networking dalam Kesuksesan Rawtype Riot

Pencapaian Decky Sastra dengan Rawtype Riot miliknya sebenarnya masih sangat banyak! Sayangnya, keberhasilan Decky membangun bisnisnya tidak akan cukup jika hanya dituangkan dalam sebuah artikel seperti ini. Jika masih penasaran dengan Decky Sastra dan bisnisnya, kamu bisa mengikuti webinar gratis dan segera daftar melalui tautan berikut ini https://bit.ly/BeAPOPStar. Temukan juga informasi menarik seputar bisnis lainnya hanya di Docheck!


Scroll to Top