Cara menunjukkan rasa syukur

4 Cara Tunjukkan Rasa Syukur, Sudah Tahu Belum?


Dalam kehidupan ini, ada banyak sekali nikmat yang telah Tuhan berikan kepada manusia. Contohnya adalah rezeki, kesehatan, waktu luang, kemudahan untuk belajar, dan lain-lain. Selain itu, banyak juga orang-orang yang membantu ketika dalam kesulitan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tunjukkan rasa syukur kepada mereka. Tahukah kamu cara yang benar untuk mengekspresikannya? Jika belum tahu, yuk simak tips di bawah ini!

1. Bersyukur Melalui Hati

Dilansir dari Republika, kamu dapat menunjukkan rasa syukur melalui hati. Apa maksudnya? Jadi, misalnya ketika kamu sakit, lalu kamu berhasil sembuh. Kamu pasti merasa lega dan hatimu penuh dengan rasa syukur. Karena berkat pertolongan dan karunia-Nya, kamu akhirnya bisa sehat kembali.

Nah, selain itu menurut verywellmind ada juga efek yang terjadi pada tubuhmu. Seperti misalnya hati tenang, tidak mudah stres, pola makanmu jadi tidak terganggu, rajin berolahraga, dan masih banyak lagi. So, jika kamu ingin hidup tenang, jangan lupa untuk bersyukur!

2. Ekspresikan Rasa Syukur dengan Ucapan

Tahukah kamu bahwa kata “terima kasih” akan memberikan dampak yang besar kepada orang yang menerima dan mengatakannya? Dikutip dari Tirto, dalam sebuah penelitian yang berjudul More gratitude, less materialism: The mediating role of life satisfaction dari Nathaniel M. Lambert mengungkapkan bahwa seseorang yang mengucapkan kata “terima kasih” akan merasa lebih puas dengan hidupnya dan tidak lagi mengutamakan materiel.

Selain itu, hubunganmu dengan lingkungan sekitar pun akan semakin baik. Orang akan merasa dihargai dan menurut peneliti Dachner Kellner, ucapan tersebut akan memberikan dampak pada otak sehingga orang tersebut tidak stres lagi. Wah, luar biasa sekali ya!

3. Bersyukur Melalui Tindakan

Selain dengan hati dan lisan, kamu juga bisa menunjukkan rasa syukur dengan melakukan kebaikan. Seperti contohnya bersedekah kepada saudara-saudara dan orang-orang yang membutuhkan. Apakah hanya bisa dengan materi saja? Oh, tentu tidak. Kamu juga bisa berbagi ilmu pengetahuan dan kebahagiaan dengan lingkungan sekitar.

Mengapa berbagi ilmu? Karena manfaat dari sebuah ilmu tidak akan pernah habis. Misalnya, kamu baru saja lulus ujian seleksi perguruan tinggi favoritmu. Kamu bisa menyumbangkan buku pelajaran kepada anak – anak di panti asuhan atau mengajari mereka. Suatu hari nanti, ilmu yang kamu ajarkan kepada mereka akan terus diingat dan diamalkan sampai mereka sukses nanti.

4. Membuat Jurnal “Terima Kasih”

Pernahkah kamu membuat jurnal yang berisi tentang orang-orang yang telah membantumu? Jika belum, yuk buat mulai dari sekarang! Mengapa demikian? Karena menurut Harvard Health Publishing, melalui jurnal ini kamu bisa mengingat semua nikmat yang pernah kamu dapatkan baik itu dari Tuhan dan uluran tangan orang lain.

Setelah kamu menulis di jurnal tersebut, kamu bisa mengirimkan surat tanda “terima kasih” kepada orang-orang yang membantumu sebagai bentuk rasa syukur. Manfaat dari kegiatan ini adalah membuatmu menjadi lebih bahagia, selalu bersyukur, dan tidak sombong.

Demikian 4 cara menunjukkan rasa syukur. Apakah kamu sudah menerapkan semua ini? Jika belum, ayo lakukan sekarang selagi bulan Ramadan masih ada! Apabila kamu tipe orang yang suka lupa apa saja yang mau kamu lakukan, sumbangkan, dan kepada siapa kamu akan berterima kasih, DoCheck punya solusinya!

Kamu bisa membuat to-do list di aplikasi DoCheck dan buat pengingat sehingga kamu tidak lupa lagi. Hebat banget, bukan? Jadi, semua aktivitas kamu bisa terencana dengan rapi. Yuk, download aplikasinya sekarang GRATIS di PlayStore dan AppStore!

Baca juga: Getting Things Done: Sebuah Metode Mengorganisir Pekerjaan


Scroll to Top