pro player

E-sport: Langkah Awal Berkarir Menjadi Pro Player Handal


Kamu mungkin sudah sering mendengar profesi gamers/pro player dan mengira itu profesi yang mudah, karena pekerjaannya hanya bermain game. Tapi, ternyata menggeluti bidang e-sport khususnya menjadi pro player handal itu cukup sulit, loh. Dibutuhkan banyak persiapan dan tekad yang kuat untuk terus berlatih, hingga mengikuti berbagai kompetisi.

Walaupun sering dianggap sebelah mata oleh sebagian orang, namun prospek menjadi seorang pro player cukup menjanjikan. Dikutip dari analisis perusahaan game NewZoo, industri gaming menghasilnya sekitar $1 miliar pada tahun 2020. Hal ini yang membuat industri gaming semakin banyak diminati masyarakat. Terlebih saat pandemi Covid-19, yang membuat banyak orang sering menghabiskan waktunya di media sosial dan bermain game sebagai hiburan.

Seorang pro player sama halnya dengan atlet olahraga lain, yaitu membutuhkan latihan intens setiap harinya. Latihan yang rutin akan membentuk skill dan strategi baru dari game yang sedang dimainkan. Untuk player baru, latihan juga bertujuan agar bisa masuk ke team player yang lebih profesional.

Nah, agar lebih paham, berikut ini DoCheck sudah merangkum cara jika ingin berkarir menjadi pro player handal:

Fokus Pada Satu Game

pro player
Photo By Tima Moroshnichenko From Pexels

Kamu mungkin sering memainkan 2 sampai 3 game, namun untuk menjadi pro player kamu perlu fokus pada 1 game saja (misalnya game Pro Evolution Soccer atau PES). Jika mendalami berbagai game, maka kamu akan kesulitan mengatur strategi hingga kehilangan fokus saat bermain.

Jika sudah terfokus pada game pilihan kamu, maka akan lebih mudah mengatur waktu berlatih, mendalami strategi untuk memenangkan permainan, dan masuk ke dalam komunitas game. Setiap game juga mempunyai kompetisinya tersendiri, jadi kalau kamu merasa lebih jago dan menguasai game tertentu, teruslah berlatih di game itu.

Perdalam Skill Game yang di Pilih

Photo By RODNAE Productions From Pexels

Perdalam skill game yang dipilih dengan berlatih secara rutin. Buat to-do list kegiatan latihan kamu, agar kamu lebih termotivasi untuk berlaih dan dapat mengatur waktu dengan kegiatan lainnya dan. Latihan yang teratur akan meningkatkan skill dan memudahkan kamu menyusun strategi permainan.

Ajak teman untuk bermain bersama, untuk mengukur sejauh mana skill kamu saat ini dan hal yang perlu ditingkatkan. Kamu boleh berfokus pada kemenangan, tapi saat berlatih, soal kalah atau menang tidak perlu dipikirkan, karena dari latihan ini kamu akan banyak belajar taktik baru.

Bergabung dengan Komunitas

pro player
Photo By RODNAE Productions From Pexels

Setelah cukup paham dan rutin berlatih game yang kamu pilih, bergabung dengan komunitas jadi salah satu step yang penting untuk menjadi pro player. Komunitas akan memberikan kamu jaringan dan relasi yang lebih luas. Kamu akan kenal dan bisa belajar banyak hal dengan sesama anggota di komunitas.

Informasi tentang kompetisi juga akan kamu dapatkan dengan mudah jika bergabung dengan komunitas. Untuk mengukur skill permainan, kamu bisa membuat team kecil dan mulai berlatih lagi dengan sesama anggota lain.

Mengikuti Berbagai Kompetisi

pro player
Photo By RODNAE Productions From Pexels

Kalau kamu sudah merasa punya skill yang lumayan, mengikuti kompetisi lokal bisa jadi langkah awal kamu menjadi seorang pro player. Kompetisi yang biasa diadakan, antara lain MPL ID, Piala Presiden Esports, VALORANT Champions Tour, dan masih banyak lagi. Persiapan mulai dari mental yang sehat, peralatan pendukung lomba, hingga latihan dan istirahat yang cukup, perlu dilakukan dengan baik.

Jika kamu kalah dalam kompetisi, jadikan itu sebagai pengalaman dan penilaian kemampuan kamu, agar kedepannya bisa terus ditingkatkan. Kamu juga jadi tau taktik/strategi lawan saat bermain dan cara mengatasinya. Jika menang, hal ini akan menjadi pencapaian kamu sebagai langkah awal penjadi pro player. Kalau beruntung, kamu akan ditawari untuk bergabung dengan team e-sport profesional, karena mereka akan mencari pemain yang punya potensi melalui komunitas.

Konsisten dan Disiplin

Photo By RODNAE Productions From Pexels

Terakhir, yaitu konsisten dan disiplin. Konsisten dengan yang kamu sedang lakukan dan disiplin waktu, akan membuat target kamu tercapai. Konsisten akan membawa kamu lebih punya motivasi dan percaya diri. Dengan percaya diri, akan memudahkan kamu mengambil keputusan.

Konsisten akan menjadi kunci kesuksesan kamu untuk menjadi pro player dan selanjutnya kamu akan lebih berterima kasih pada diri sendiri atas pencapaian yang didapatkan. Selain itu, kamu akan jadi sumber motivasi dan insipirasi orang-orang di sekitar, untuk melakukan hal yang sama.

Nah, setelah mengetahui step-step menjadi pro player, kamu tentu akan lebih mempersiapkan diri. Jangan lupa untuk selalu mengatur kegiatan kamu dengan to-do list, agar dapat memanajemen waktu dengan jelas dan goals kamu bisa terwujud. Untuk membuat to-do list, kamu bisa gunakan aplikasi DoCheck, loh. Tunggu apa lagi, yuk, download aplikasinya di sini, GRATIS!


Scroll to Top