Fungsi Deadline dalam Kehidupan Sehari-hari


Ada banyak kegiatan yang dilakukan sehari-hari dan kerap kali perlu tenggat waktu / deadline, namun apa sebetulnya fungsi dari deadline? Dari pelajar, mahasiswa, sampai pekerja, deadline berkaitan sekali dalam kehidupan. Guru atau dosen pasti memberikan deadline untuk tugas. Kalau sudah bekerja, setiap kerjaan pasti ada deadline-nya juga agar pekerjaan dapat berjalan dengan teratur.

Apa Itu Deadline? Apa Saja Fungsinya?

Deadline Diingatkan Penting
Image by Mint Miller from Pixabay

Deadline menurut kamus Cambridge artinya adalah hari atau waktu di mana sesuatu harus selesai. Kamu butuh kedisiplinan dan kemauan yang kuat untuk bisa memenuhi deadline sesuai waktunya. Ketika merencanakan sesuatu, kamu biasanya butuh tenggat waktu agar tidak terlupa, entah untuk rencana jangka pendek atau jangka panjang. Ternyata, deadline itu penting lho! Berikut ini adalah alasan kenapa deadline itu penting.

Membantu Menentukan Prioritas

Biasanya dengan menentukan deadline kamu akan lebih tau mana kegiatan yang penting untuk didahulukan. Kamu bisa menggunakan waktumu dengan baik dalam mengalokasikan waktu untuk setiap kegiatan atau goals-mu. Dengan mengetahui prioritas, kamu bisa memaksimalkan usaha yang perlu dilakukan. Jadi, fungsi deadline adalah memperlancar pekerjaanmu karena kamu bisa melihat mana yang sudah dan mana yang belum.

Memotivasi Agar Mencapai Tujuan

Tenggat waktu berarti ada syarat waktu yang harus dipenuhi. Memiliki deadline akan mendorong kamu mengerjakan sesuatu dengan tepat waktu. Jika berhasil tepat waktu, maka tujuanmu tercapai. Deadline berfungsi untuk memastikan bahwa kamu mengerjakan tugas/goals hingga selesai. Motivasi akan muncul ketika melihat sisa waktu yang berlangsung. Bahkan, ada kasus di mana orang yang mepet deadline bisa cepat menyelesaikan tugasnya.

Membuatmu Menjadi Orang yang Tepat Waktu dan Percaya Diri

Memiliki deadline dan menepatinya akan melatihmu menjadi orang yang menepati janji, salah satunya soal waktu. Adanya tekanan untuk menyelesaikan tugas atau kerjaan sesuai dengan waktu yang ditentukan akan mendorongmu menjadi seseorang yang menghargai waktu. Kamu juga bisa menjadi orang yang percaya diri. Ketika mengingat bahwa kamu orang yang bisa mengatur waktu dengan baik, hal tersebut akan berdampak kepada tingkat kepercayaan dirimu karena merasa kompeten.

Cara Mengelola Deadline

Pernah nggak ketika membuat deadline, rasanya udah pesimis kalau nggak bisa melakukannya tepat waktu? Atau malah jadi sering terlewat? Hal tersebut disebabkan oleh kurang realistis ketika membuat deadline. Ketika membuat sesuatu yang kurang realistis, yang terjadi adalah ketidaktepatan rencana. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu perlu memerhatikan lima cara mengelola deadline.

  1. Ketahui apa yang diperlukan. Kamu perlu memahami seberapa sulit task yang ingin dikerjakan dan identifikasi waktu yang sesuai dengan tingkat kerumitannya.
  2. Dapatkan sumber atau bantuan yang tepat. Ketika mengerjakan task, kamu mungkin saja memerlukan bantuan orang lain. Pastikan bahwa bantuan tersebut dapat sejalan dengan deadline yang ingin diberi.
  3. Pikirkan masalah yang akan muncul. Setiap membuat rencana, tidak selamanya akan lancar tanpa hambatan. Penting sekali untuk mengira-ngira masalah apa yang bisa muncul dan pertimbangkan hal tersebut saat membuat deadline.
  4. Buat jadwal secara rinci. Jika dirasa task-mu terlalu besar, maka buatlah menjadi bagian kecil. Kamu perlu membuat secara detail agar penentuan deadline lebih akurat.
  5. Jika kerjaanmu melewati deadline, tetap tenang dan usahakan minimalisir dampak buruk dari melewatkan deadline.

Fitur Notifikasi DoCheck Ketika Task Melewati Due Date

Sekarang sudah tau kan fungsi deadline dan bagaimana cara mengelolanya? Kalau kamu ingin membuat to-do list dan menentukan deadline dengan mudah, bisa dengan aplikasi DoCheck. Selain berguna untuk menentukan deadline dengan mudah, kamu juga dapat reminder ketika task-mu mendekati deadline. Seperti di bawah ini.

Fitur Notifikasi Task DoCheck
Task DoCheck yang lewat due date.

Nah, kalau kamu benar-benar melewati deadline, akan ada notifikasi seperti ini.

Task melewati batas tempo.

Tampilan di rincian Daily Task-mu pun akan berubah menjadi seperti ini.

Daily Task Terlewat DoCheck
Tampilan di Daily Task.

Fitur-fitur di DoCheck sudah makin banyak dan kamu bisa merasakan manfaatnya. Seperti deadline, dengan menggunakan to-do list DoCheck, kamu nggak perlu khawatir lagi kelupaan soal deadline. Segera download aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau App Store.


Scroll to Top