bekerja sesuai passion

5 Kelebihan Bekerja Sesuai Passion, Job Seeker Harus Tahu!


Ketika mencari pekerjaan, hal yang sering membuat dilema adalah bekerja sesuai passion atau tidak? Itu memang keputusan yang sulit untuk diambil. Karena apabila kamu salah memilih, kamu akan merasa terbebani sepanjang masa kariermu. Lantas, apa solusinya? Menurut Glints, jika kamu menyukai tantangan dan ingin mencoba hal baru, kamu bisa pilih pekerjaan yang berlainan dengan minatmu.

Namun, jika kamu ingin menjadi ahli di bidang yang kamu sukai, bekerja sesuai passion adalah keputusan yang tepat. Apakah hanya itu saja kelebihannya? Oh, tentu tidak. Masih ada manfaat lainnya dari memilih pekerjaan yang kamu banget! Yuk, simak penjelasan lengkapnya dari MinCheck berikut ini!

1. Bekerja Sesuai Passion Mencegah Stres

Ucapkan selamat tinggal pada stres karena kamu menyukai pekerjaanmu
Ucapkan selamat tinggal pada stres karena kamu menyukai pekerjaanmu (Foto oleh Andrea Piacquadio/ Pexels)

Ada banyak sekali orang yang merasa tidak bahagia dan depresi karena tekanan pekerjaannya. Namun, jika pekerjaanmu merupakan hal yang kamu minati, kamu akan merasa ringan karena mampu menangani stres lebih baik. Dilansir dari SehatQ karena tidak adanya stres ketika bekerja, kamu juga terhindar dari berbagai macam penyakit serius seperti serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

2. Menjadi Ahli di Bidang yang Kamu Sukai

Menjadi ahli di bidang yang kamu suka? Tentu bisa dong!
Menjadi ahli di bidang yang kamu suka? Tentu bisa dong! (Foto oleh Valeria Boltneva/ Pexels)

Ketika mengerjakan suatu tugas yang kamu sukai, kamu pasti akan merasa bersemangat untuk menyelesaikannya dengan maksimal. Oleh karena itu, kamu memiliki peluang untuk menjadi ahli di bidang yang kamu sukai. Pernyataan ini didukung oleh Jobberman yang menyatakan bahwa bekerja sesuai passion dapat membuatmu mudah untuk mendapat ide kreatif dan menciptakan inovasi.

3. Lebih Percaya Diri dalam Bekerja

Ingin lebih percaya diri? Yuk, bekerja sesuai passion!
Ingin lebih percaya diri? Yuk, bekerja sesuai passion! (Foto oleh Andrea Piacquadio/ Pexels)

Pernahkah kamu merasa ragu-ragu ketika mengerjakan suatu pekerjaan? Ya, itu bisa saja terjadi kepada semua orang. Salah satu penyebabnya adalah karena kamu tidak menguasai bidang tersebut dan kurang memiliki minat terhadapnya. Dikutip dari Wise Step, jika kamu bekerja sesuai dengan passion, kamu akan merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas. Selain itu, semangat yang kamu pancarkan ini akan menyebar ke rekan kerjamu juga. Jadi, suasana kerja pun semakin menyenangkan.

4. Kualitas Hidup Menjadi Lebih Baik

Kualitas hidup terjaga dengan bekerja sesuai passion
Kualitas hidup terjaga dengan bekerja sesuai passion (Foto oleh Andrea Piacquadio/ Pexels)

Hasil sebuah studi dari University of Warwick menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas hidup dengan pekerjaan adalah berbanding lurus. Mereka menyatakan bahwa seseorang yang menikmati pekerjaannya akan lebih produktif hingga 12%, terhindar dari masalah kesehatan, memiliki hubungan profesional dan pribadi yang lancar, serta mampu berkontribusi lebih baik bagi perusahaan. Bagaimana bisa? Dilansir dari University of Southern California memiliki minat pada pekerjaanmu dapat membuatmu belajar dengan cepat dan jarang sekali membuat kesalahan. Oleh sebab itu, kualitas hidupmu baik dalam karier atau pribadi akan jauh lebih baik jika bekerja sesuai passion.

5. Bekerja Sesuai Passion Meningkatkan Produktivitas

bekerja sesuai passion meningkatkan produktivitas kerja
produktivitas meningkat karena kamu menyukai bidang pekerjaanmu (Foto oleh Picjumbo.com/ Pexels)

Pada umumnya, orang-orang hanya bekerja sesuai dengan yang diminta saja. Jika atasan memintamu mengerjakan tugas A, maka kamu akan menyelesaikan tugas A sesuai standar saja. Beda halnya ketika kamu melakukan hal yang kamu sukai. Menurut Jobberman, kamu akan rela untuk memberikan usaha dan waktu yang lebih untuk menyelesaikan pekerjaanmu dengan sempurna. Karena bagimu hal tersebut bukanlah beban, tapi kegiatan yang menyenangkan. Oleh karena itu, dampak yang akan kamu rasakan dari bekerja sesuai passion adalah produktivitasmu meningkat dari biasanya.

Itu dia lima kelebihan dari bekerja sesuai minat. Ternyata manfaatnya ada banyak sekali, ya! Mulai dari kesehatan hingga produktivitas kerja. Namun, tetap keputusan akhir ada pada dirimu. Jika kamu merasa nyaman dengan pekerjaan yang tidak sama dengan hal yang kamu sukai, itu tidak masalah. Hal yang paling penting adalah kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik dan kesehatanmu tetap terjaga.

Kalau kamu ingin mencoba macam-macam profesi lainnya, MinCheck saranin untuk cek to-do list tersebut di aplikasi DoCheck. Di sini, kamu bisa melihat langkah-langkah menjadi fashion designer, membuat album, dan tips perkembangan diri. Bisa jadi melalui aplikasi ini, kamu menemukan to-do list yang sesuai dengan passion-mu. Yuk, download segera DoCheck di Play Store dan App Store!

Baca juga: 5 Cara Melatih Interpersonal Skills, Wajib Dicoba!


Scroll to Top