mengenal-vina-muliana-content-creator-sekaligus-pegawai-bumn

Mengenal Vina Muliana, Konten Kreator sekaligus Pegawai BUMN!


Mungkin di antara kamu, ada yang berkeinginan untuk dapat berkarir di perusahaan ternama misalnya perusahaan BUMN. Namun, untuk menggapai cita-cita tersebut tentunya tidak mudah untuk dilewati. Banyak hal-hal yang mesti kamu persiapkan seperti membuat CV yang bagus, pengalaman yang cukup, serta personal branding yang baik.

Bicara soal CV dan personal branding, buat kamu yang sering main Instagram atau lihat di fyp TikTok pasti tau tokoh satu ini. Yup! Vina Muliana, dirinya sangat populer di TikTok maupun Instagram karena sering membuat konten seputar CV, interview masuk kerja, dan tips karir di BUMN. Dikemas secara menarik dan impactable, membuat tips-tips yang ia buat di kontennya sangat membantu bagi para jobseeker khususnya fresh graduate, maka tidak heran hingga saat ini ia telah memiliki lebih dari 3 juta followers di TikTok.

Awal Mula Berkarir Sebelum di BUMN

Sedikit cerita awal mula Vina berkarir di BUMN, sebelum lulus kuliah sekitar semester 5 atau 6, ia berpikir tentang rencana karirnya. Sejak saat itu, ia sadar bahwa dirinya memiliki bakat di bidang komunikasi, dan bakat tersebut sudah ia punya sejak kecil. Misalnya, sejak kecil ia sangat senang menulis, lalu saat SMP dirinya juga sering mengikuti pidato bahasa Inggris.

Wanita lulusan Unpad tersebut terus membawa bakatnya hingga kuliah dan dari situlah ia pun memberanikan diri mengikuti kontes Abang None Jakarta saat akhir-akhir masa semester kuliah. Nah, semenjak mengikuti Abang None Jakarta, ia pun langsung memantapkan diri untuk bekerja di bidang komunikasi yang dimana bidang tersebut berbeda dengan jurusan kuliah yang ia ambil yaitu pertanian.

Sempat Menjadi Wartawan

Setelah lulus kuliah, Vina pun memutuskan untuk bekerja yang memang berkaitan dengan bidang komunikasi yaitu menjadi wartawan di salah satu stasiun TV. Setelah 3,5 tahun menjadi wartawan, dirinya pun mendapatkan kesempatan untuk kerja di Kementerian BUMN sebagai Communication Specialist. Dari sanalah, awal mula ia berkarir di BUMN hingga sekarang. Walaupun ia pernah bekerja di tempat yang berbeda-beda, tetapi jika ditarik benang lurus, bidangnya itu tetap sama yaitu komunikasi.

Bekerja di Holding Company BUMN

Saat ini Vina merupakan pegawai BUMN di Mining Industry Indonesia (MIND ID). MIND ID sendiri ialah holding company industri pertambangan di Indonesia. Dengan kata lain, MIND ID adalah perusahaan induk yang menaungi lima perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia; diantaranya seperti PT ANTAM Tbk., PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk. Di sisi lain, Vina sendiri menjabat sebagai Executive Assistant to Group CEO di MIND ID.

Selama karirnya, Vina telah meraih beberapa prestasi yang membanggakan diantaranya Juara 1 None Jakarta 2014, Penerima Beasiswa Full The London School of Public Relations Jakarta 2015, dan Terpilih sebagai asisten Wakil Menteri BUMN I pada 2019 – 2020. Selain itu, dalam mencapai karirnya saat ini dan membangun personal branding, CV juga sangat berperan penting. Menurutnya, CV itu bisa diibaratkan layaknya brosur untuk memasarkan kelebihan dan keunikan yang kita miliki. Pada intinya, penting banget untuk kamu mempunyai CV yang baik agar bisa mendukung personal branding diri sendiri.

Itulah perjalanan karir Vina Muliana sebagai pegawai BUMN dan konten kreator ternama di Indonesia. Buat kamu yang ingin mengetahui tips-tips membuat CV yang baik agar bisa diterima kerja di BUMN, ada kabar baik nih! Jangan lupa ikutan #BeAPOPStar Workshop bersama Vina Muliana di hari Kamis, 11 November 2021 jam 7 malam! Tunggu apa lagi? Yuk daftar di link berikut ini ya https://bit.ly/BeAPOPStarVina, see you!


Scroll to Top