Tulisan kreativitas dalam bahasa inggris di atas kertas

Penting Untuk Membuat Konten, Ini Cara Tingkatkan Kreativitas


YouTube, Instagram, Facebook, hingga TikTok, sudah bukan hanya sekadar platform untuk hiburan atau bersosialisasi. Bagi sebagian orang, jejaring-jejaring sosial tersebut dijadikan sebagai sarana untuk mencari penghasilan. Hal ini memunculkan beberapa istilah baru terkaitnya, salah satunya adalah content creator.

Beberapa media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, hingga TikTok bersifat user generated content. Artinya, jejaring sosial yang bersifat user generated content memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi informasi. Inilah yang disebut sebagai konten, biasanya berupa teks, gambar, video, hingga komentar.

Nah, biasanya kita merujuk orang yang membuat konten di jejaring sosial tersebut sebagai content creator. Konten-konten inilah yang kemudian bisa menjadi sumber penghasilan bagi mereka. Namun, membuat konten tidak semudah membayangkannya. Kamu perlu kreativitas untuk membuatnya agar berbeda dari konten milik orang lain.

Kamu ingin jadi content creator tapi insecure karena gak kreatif? Tenang! Ternyata, kreativitas bisa ditingkatkan, loh. Penasaran gimana caranya? Nih, kita kasih tahu!

Jalan Kaki Meningkatkan Kreativitas

Meeting biasanya dilakukan sambil duduk, kan? Tapi, beda nih dengan Steve Jobs. Founder Apple tersebut dikenal sangat menyukai meeting sambil berjalan. Biasanya ia berjalan-jalan di sekitar lingkungan perusahaannya sambil mengadakan pertemuan dengan karyawan, mitra, atau calon kolaborator.

Ternyata, sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Stanford menemukan bahwa, berjalan dapat meningkatkan inspirasi kreatif. Mereka menghitung tingkat kreativitas orang saat berjalan. Kreativitas seseorang ternyata meningkat rata-rata 60% saat berjalan, loh! Gimana? Tertarik buat mencoba brainstorming sambil berjalan?

Berikan Rewards kepada Diri Sendiri

Ada sesuatu yang disebut dengan overjustification effect. Sebuah efek yang terjadi ketika seseorang diberi reward untuk suatu kegiatan, maka kegiatan tersebut sudah tidak lagi dianggap penting. Hal ini terjadi karena orang tersebut sudah tidak lagi berorientasi pada kegiatannya, melainkan pada reward-nya.

Belajar dengan motivasi demi mendapatkan hadiah dari orang tua jika berhasil memperoleh nilai bagus adalah salah satu contoh overjustification effect. Cirinya adalah ketika kamu mengerjakan sesuatu dengan motivasi yang bukan berasal dari diri sendiri, melainkan dari orang lain. Motivasi yang berasal dari diri sendiri selalu lebih baik daripada yang berasal dari luar diri kita.

Overjustification effect bisa berdampak buruk bagi motivasi. Namun, sebuah studi menunjukkan, reward yang benar-benar ditujukan untuk menghasilkan karya kreatif, dapat meningkatkan kreativitas. Jadi, penting untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri agar kamu menjadi lebih kreatif, ya!

Warna Biru Bisa Meningkatkan Kreativitas

Kamu pernah mendengar istilah “psikologi warna”, kan? Warna dianggap memiliki efek yang berbeda pada mood, emosi, dan perilaku. Nah, menurut sebuah penelitian, warna biru ternyata mempunyai kecenderungan untuk membuat orang berpikir lebih kreatif, loh!

Kok bisa, ya? Menurut beberapa peneliti, hal ini terjadi karena warna biru diasosiasikan dengan keterbukaan dan ketenangan. Suasana ini mendorong individu untuk menggunakan strategi inovatif dengan cara yang lebih eksploratif.

Jika tempat biasa kamu brainstorming memiliki jendela, coba buka agar langit dapat terlihat. Warna biru langit mungkin bisa memancing munculnya ide-ide kreatif.

Menjadi Emosional

Kamu lagi bahagia banget karena dikasih hadiah sama pacar? Coba manfaatkan emosi ini untuk meningkatkan kreativitas kamu, deh. Karena, menurut sebuah studi, emosi positif memiliki pengaruh yang baik terhadap kreativitas kita, loh! Pada saat kondisi emosional seseorang positif, tingkat kreativitasnya cenderung lebih tinggi dibandingkan pada saat keadaan emosional yang negatif maupun netral.

Meditasi Membuat Kita Lebih Kreatif

Selama ini meditasi dikenal sebagai teknik relaksasi untuk mencari ketenangan. Namun, ternyata manfaatnya jauh lebih daripada itu. Salah satunya adalah, ternyata meditasi juga memiliki manfaat terhadap kreativitas kita.

Sebuah penelitian menemukan bahwa, metode meditasi yang dinamakan dengan open monitoring meditation, di mana orang menerima semua pikiran dan sensasi tanpa berfokus pada objek tertentu atau ide tertentu, ternyata dapat meningkatkan kemampuan untuk menciptakan ide-ide baru. Tertarik untuk mulai melakukan meditasi?

Gimana? Sekarang kamu udah tahu kan kalau kreativitas itu bisa ditingkatkan? Ternyata tidak sulit ya untuk meningkatkan kreativitas. Hal-hal sederhana seperti jalan kaki hingga meditasi ternyata bisa meningkatkan kreativitas.

Kamu ingin jadi content creator? Cocok banget nih kalau misalkan “meningkatkan kreativitas”, kamu jadikan resolusi di tahun ini. Jangan lupa, catat resolusi ini pake aplikasi DoCheck, ya!

Di aplikasi DoCheck, kamu bisa menentukan goals beserta dengan to-do list yang diperlukan untuk mewujudkannya. Kalau goals kamu ingin meningkatkan kreativitas, masukan cara-cara yang yang sudah disebutkan tadi sebagai to-do-list-nya, ya! Tunggu apa lagi? Yuk segera download aplikasi DoCheck di Google Play Store sekarang. Gratis!

Sekian dari DoCheck mengenai cara meningkatkan kreativitas. Semoga impianmu untuk menjadi content creator dapat terwujud!


Scroll to Top