reminder jadwal

Pentingnya Reminder Untuk Pengingat Jadwal Kegiatan


Kamu pernah ga sih mendengar tentang short term memory dan long term memory? Ternyata otak manusia mempunyai daya ingat yang disebut short term memory dan long term memory, loh. Short term memory akan mampu mengingat kurang lebih 2 sampai 7 item saja dan disimpan selama 15 hingga 30 detik. Misalnya, seperti mengingat nomor telepon, jika tidak terus menerus diulang, maka akan mudah dilupakan. Berbeda dengan long term memory, jika ada suatu peristiwa yang penting atau terjadi berulang-ulang, maka akan mudah diingat dalam memori jangka panjang. Sehingga, untuk mencegah hal-hal yang sering terlupa, penting untuk dibuat sebuah reminder sebagai pengingat suatu kegiatan/jadwal.

Setiap orang punya daya ingat yang berbeda-beda. Ada yang mampu mengingat kegiatan yang sudah dan akan terjadi, ada juga yang mudah lupa. Reminder sering digunakan seseorang sebagai pengingat kegiatan yang akan datang, agar bisa dilakukan tepat waktu. Tidak hanya dibuat untuk kepentingan pribadi, misalnya sebagai pengingat tentang pekerjaan, makan, minum, olahraga, dan lainnya, reminder juga digunakan untuk kepentingan orang lain.

Reminder untuk kepentingan orang lain, misalnya pasien rumah sakit yang sudah membuat janji dengan dokter dan reminder dari pihak restoran kepada customer yang sebelumnya sudah memesan meja untuk acara. Dengan adanya reminder ini, akan meningkatkan kualitas pelayanan suatu perusahaan kepada customer dan loyalitas customer menggunakan barang atau jasa dari perusahaan.

Berikut ini manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan membuat reminder, antara lain:

Membangun Kebiasaan Baru

reminder jadwal
Photo By Andrea Bova From Pexels

Kebiasaan yaitu melakukan kegiatan secara otomatis tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Sehingga, jika membuat reminder dan melakukannya secara rutin akan menjadikan suatu kebiasaan baru. Misalnya, reminder untuk berangkat ke sekolah/kantor, karena sudah sering melalui rute yang sama setiap hari, kamu akan secara otomatis berangkat melalui rute yang sering dilalui. Hal ini karena reminder sudah terbentuk menjadi kebiasaan baru.

Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas

reminder jadwal
Photo By Ron Lach From Pexels

Pada bidang pelayanan jasa seperti rumah sakit atau klinik, reminder dilakukan untuk mengingatkan pasien tentang janji temu dengan dokter. Biasanya reminder diberikan dalam bentuk panggilan telepon. Tapi kalau dirasa akan mengganggu pasien, bisa juga menggunakan SMS atau media sosial seperti Whatsapp. Jika pasien diberikan reminder seperti ini, akan meningkatkan kepuasan kepada pelayanan rumah sakit tersebut dan membangun loyalitas pasien.

Reminder juga diberikan jika seseorang sudah memesan meja pada suatu restoran. Hal ini bertujuan untuk menginfokan bahwa pesanan sudah tersedia dan siap. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dilayani dengan baik dan review restoran akan semakin baik.

Membantu Perencanaan/Kegiatan Klien

Jika akan mengadakan kegiatan dengan klien, maka biasanya dibuat reminder untuk mengingatkan jadwal pertemuan. Reminder dapat berupa panggilan telepon ataupun e-mail. Selain berisi kapan waktu pertemuan, reminder juga berisi detail, lokasi, dan barang apa saja yang harus disiapkan saat pertemuan.

Dengan begitu, pertemuan dengan klien akan berjalan dengan baik dan klien merasa puas dengan kinerja perusahaan. Reminder juga bermanfaat agar kamu terhindar dari sikap ceroboh, sehingga segala sesuatu bisa dipersiapkan terlebih dahulu.

Menghemat Waktu dan Sumber Daya

Tenaga pekerja merupakan aset perusahaan yang mahal nilainya. Namun karena keterbatasan tenaga kerja, penggunaan aplikasi untuk reminder dapat digunakan untuk membantu pekerjaan yang ada. Penggunaan aplikasi akan memaksimalkan kinerja perusahaan.

Misalnya, karyawan tidak perlu lagi menginformasikan secara manual tentang kegiatan perusahaan pada klien dan mengingatkan kembali janji pada klien. Ini semua sudah dilakukan oleh aplikasi reminder.

Nah, ternyata manfaat reminder itu banyak, ya. Selain untuk diri sendiri, juga bermanfaat bagi orang lain. Sebagai pelengkap reminder kegiatan, kamu juga perlu melakukan to-do list tentang kegiatan apa yang akan dilakukan.

Tenang aja, DoCheck punya solusi untuk to-do list kamu, kok. Aplikasi to-do list dari DoCheck ini mudah penggunaanya dan banyak manfaatnya. Kamu tinggal download aplikasinya di sini, daftar menggunakan akun facebook atau google, dan kamu bisa pakai semua fiturnya, GRATIS!


Scroll to Top