manfaat game

Ragam Manfaat Bermain Video Game Online


Apa sih yang terlintas di pikiran kamu saat mendengar kata game online? Mobile legends? PUBG? Itu semua adalah jenis game online yang saat ini banyak digemari. Penggemar game online tidak hanya berasal dari kalangan remaja hingga dewasa, namun anak-anak sekolah dasar juga sudah mengenal dan ikut memaikan game online. Kebanyakan dari gamers akan rela menghabiskan waktu dan biaya untuk bermain game online. Sehingga, banyak orang tua yang merasa anaknya kurang melakukan hal-hal yang lebih produktif karena terus-terusan bermain game. Namun, ternyata bermain game online dapat memberikan manfaat, loh.

Dikutip dari American Psychologist, bermain game online akan meningkatkan keterampilan belajar, kesehatan, dan sosial. Tapi jika masih anak-anak, sebaiknya saat bermain harus selalu diawasi oleh orang tua, agar konten pada game bisa terus dipantau.

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, semakin menambah banyak pengguna game online di Indonesia. Alasannya karena banyak orang yang melakukan aktivitasnya di rumah dan game online jadi salah satu hiburan dikala bosan. Berdasarkan data yang diperoleh, terjadi kenaikan trafik internet sebesar 24% dan khusus game online meningkat sebesar 61%, karena efek pandemi Covid-19.

Berdasarkan survei, ada beberapa game yang paling banyak diunduh semenjak pandemi tahun 2020, antara lain Among Us! (264 juta), Subway Surfers (227 juta), Free Fire (218 juta), dan lainnya. Masing-masing dari game tersebut punya cara main dan tujuan games yang berbeda. Misalnya pada game Among Us, para pemain akan mencoba mengungkap kasus pembunuhan dan harus berkomunikasi satu sama lain. Sehingga setiap game dapat melatih skill yang berbeda-beda. Selain dapat melatih skill, game juga punya manfaat lainnya. Nah, penasaran kan manfaat apa saja yang ada pada game online? Berikut ini DoCheck sudah merangkumnya untuk kamu:

Memperkuat Berbagai Keterampilan Kognitif

manfaat game
Photo By RODNAE Productions From Pexels

Keterampilan kognitif dapat mempengaruhi fungsi inti otak, kualitas pembelajaran, dan kinerja. Misalnya dengan berpikir, membaca, belajar, menyimpan informasi, dan memperhatikan, bisa digunakan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan. Salah satu keterampilan kognitif yang paling penting, yaitu memperhatikan sesuatu. Hal ini akan membuat otak memproses informasi yang diperlukan dari lingkungan.

Penelitian menemukan bahwa, bermain shooter video game akan meningkatkan kapasitas pemain untuk berpikir tentang objek dalam tiga dimensi. Ini sama dengan mengikuti kursus akademik yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan. Jika keterampilan kognitif terus dilakukan, akan berpengaruh dalam hal pendidikan dan pengembangan karir.

Mengembangkan Keterampilan Problem-Solving

manfaat game
Photo By Photo By RODNAE Productions From Pexels

Bermain game seperti puzzle, membutuhkan waktu sedikit lama untuk menyelesaikannya. Hal ini akan melatih pemainnya untuk berpikir dan memecahkan masalah yang ada, sehingga puzzle berhasil tersusun dengan rapi dan benar. Game yang terdapat misi dipermainannya akan melatih problem solving, karena dibutuhkan strategi untuk bisa ke level selanjutnya.

Anak-anak yang bermain permainan dengan menggunakan srategi, akan menunjukkan peningkatan keterampilan problem-solving dan akan mendapatkan nilai yang lebih baik ditahun ajaran berikutnya. Namun, intensitas bermainnya perlu diperhatikan oleh orang tua. Bermain secukupnya dan tak lupa untuk beristirahat.

Meningkatkan Mood

Bagi beberapa orang, bermain game biasanya bisa meningkatkan mood. Misalnya game yang simpel dan butuh kecepatan, seperti game “Angry Birds”, bisa meningkatkan mood, merelaksasi, hingga mencegah kecemasan pemainnya. Bermain game bisa membuat orang lebih bahagia dan melupakan sejenak beban pikiran.

Game bisa menjadi tools pembelajaran ketahanan yang efektif untuk menghadapi kegagalan. Dengan belajar mengatasi kegagalan dalam game, maka akan membangun ketahanan emosional, sehingga dapat dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari.

Menghilangkan Stres

Photo By Tima Miroshnichenko From Pexels

Game terbukti bisa meningkatkan suasana hati dan membuat ritme jantung menjadi lebih baik. Hal ini akan berpengaruh untuk menghilangkan stres. Hubungan antara video games dengan stres, telah banyak ada di dalam penelitian. Itulah sebabnya game sudah digunakan sebagai terapi selama lebih dari 1 dekade.

Untuk tetap merasakan manfaat bermain game, kamu juga harus memperhatikan batasan dalam bermain game. Misalnya, carilah game yang tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, karena sifat game hanya untuk hiburan dikala badmood atau bosan. Tidak perlu juga bermain game yang membutuhkan biaya besar dan dikenakan denda jika keluar dari permainan.

Nah, itulah manfaat bermain video game online yang bisa kamu rasakan efeknya. Namun, kamu juga harus tau batasan waktu, energi, dan biaya dalam bermain game, ya. Agar hanya manfaatnya saja yang kamu dapat, tidak dengan efek negatifnya. Untuk mengatur list kegiatan dengan waktu bermain game, kamu perlu membuat sebuah to-do list. Jangan khawatir, kamu bisa download aplikasi to-do list DoCheck di sini, dan bisa pakai semua fiturnya, GRATIS!


Scroll to Top