Scriptwriter Film Terbaik Versi DoCheck, Karyanya Berkualitas!


Kamu pasti suka kan menonton film, drama, atau tayangan acara di tv? Nah, dalam dunia perfilman baik itu film pendek, drama, hingga layar lebar, dibutuhkan banyak persiapan. Salah satu komponen yang penting, yaitu naskah/script. Tanpa adanya script, suatu film tidak bisa menyampaikan pesan dan dimengerti oleh penonton. Orang yang menulis script disebut scriptwriter.

Beberapa penulis naskah atau scriptwriter yang mungkin kamu pernah tonton filmnya, seperti titanic (1997), Batman & Robin (1997), dan Parasite (2019) telah banyak mendapat penghargaan karena kualitas filmnya. Oleh karena itu, scriptwriter membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat alur cerita film yang menarik. Para scriptwriter biasanya akan melakukan riset demi kesuksesan filmnya.

Ada beberapa hal perlu diperhatikan saat menulis script, antara lain scriptwriter akan mengamati tingkah laku manusia yang sebenarnya dan juga harus memperhatikan bagaimana cara orang-orang di sekitar berbicara dan berperilaku. Jujur pada diri sendiri saat menulis script juga perlu dilakukan, karena akan membantu dalam proses penulisan dan kamu akan lebih sadar tentang proses yang ada dibalik tulisan kamu.

Untuk lebih mengenal tokoh scriptwriter, berikut ini beberapa tokoh scriptwriter film versi DoCheck, yang sudah membuat berbagai karya film terbaik di dunia:

James Cameron

Scriptwriter Titanic
Potret James Cameron

Kamu pasti tidak asing dan mungkin sudah menonton film Titanic (1997) dan Avatar (2009), kan? Kedua film tersebut merupakan karya James Cameron, seorang produser sekaligus sutradara dan scriptwriter. Pria yang berasal dari Ontario, Kanada ini awalnya tidak berniat untuk berkarir di dunia perfilman dan memilih untuk menjadi ilmuan setelah lulus SMA. Meskipun James belajar dengan baik untuk menjadi ilmuan, tapi saat itu James bermimpi menemukan lebih banyak bidang yang bisa dilakukan dan sering meminjam kamera video temannya.

Setelah mempelajari bidang perfilman, James akhirnya membuat film pendek pertamanya berjudul Xenon Genesis (1980). Setelah banyak menulis film, salah satu karya terbaiknya yaitu Titanic (1997). Film ini membawa James mendapat 3 penghargaan Oscars sekaligus untuk best director, best film editing, hingga best picture. Titanic menjadi film pertama yang menghasilkan lebih dari $1 miliar dan mendapatkan 14 nominasi di Academy Award.

Karya film James lainnya yang bisa kamu tonton, antara lain The Terminator (1984), Rambo: First Blood Part II (1985), Aliens (1986), The Abyss (1989), Terminator 2: Judgment Day (1991), Spiderman and Dark Angel (2000-2002) dan Avatar (2009).

Hayao Miyazaki

Scriptwriter Studio Ghibli
Potret Hayao Miyazaki

Bagi kamu penggemar anime mungkin sudah tidak asing lagi dengan Studio Ghibli, studio film animasi ini terletak di Tokyo, Jepang. Hayao Miyazaki merupakan seorang scriptwriter dan sutradara sekaligus menjadi pendiri dari Studio Ghibli (1985). Sejak muda, Hayao sudah tertarik dengan Manga (komik Jepang) dan Hayao juga banyak membaca buku karena mempunyai mimpi untuk bisa menulis suatu karya seni dimasa depan.

Kontribusi Hayao Miyazaki di dunia animasi membawa Hayao banyak menerima penghargaan salah satunya piala Oscar kehormatan tahun 2014 di Los Angeles. Penghargaan ini diberikan atas prestasi Hayao sekaligus kontribusinya untuk seni dan dunia animasi. Karya film animasi dari Hayao Miyazaki yang menjadi favorit banyak orang, antara lain Tonari no Totoro (1988; My Neighbor Totoro), Majo no takkyūbin (1989; Kiki’s Delivery Service), Kurenai no buta (1992; Porco Rosso), Chihiro no kamikakushi (2001; Spirited Away), Gake no ue no Ponyo (2008; Ponyo) dan masih banyak lagi.

Bong Joon Ho

Potret Bong Joon Ho

Bong Joon Ho adalah salah satu scriptwriter dan filmmaker asal Korea Selatan. yang beberapa tahun belakang ini banyak dibicarakan karena kesuksesan filmnya, Parasite (2019). Meskipun lahir dari keluarga yang bekerja dibidang seni, Joon Ho tidak mengambil sekolah seni karena tidak disetujui orang tuanya. Akhirnya di awal tahun 1990, Joon Ho menghadiri Korean Academy of Film Arts. Pada tahun 2000, Bong menyutradarai film pertamanya berjudul Flandersui gae (Barking Dogs Never Bite).

Berkat kesuksesan film Parasite (2019), Bong berhasil mendapat penghargaan Oscar 2020 untuk kategori Best Director. Film Parasite juga membawa Bong menjadi director film pertama asal Korea Selatan yang berhasil mendapat penghargaan Palme d’Or 2019 di Cannes Film Festival. Palme d’Or merupakan penghargaan tertinggi festival film Cannes 2019. Karya film Bong Joon Ho yang bisa kamu tonton dan tidak kalah menarik dari Parasite, antara lain Memories of Murder (2003), Gwoemul (2006; The Host), Madeo (2009; Mother), Snowpiercer (2013), Okja (2017).

Riri Riza

Potret Riri Riza

Nama Riri Riza mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga penikmat film di Indonesia. Riri Riza merupakan seorang sutradara sekaligus penulis naskah film. Pemilik nama asli Muhammad Rivai Riza ini awalnya menyukai dunia musik dan berniat untuk melanjutkan kuliah dibidang musik, tapi karena kampusnya tidak lagi menerima mahasiswa jurusan musik, Riri memilih mengambil jurusan film. Film pendek yang menjadi tugas akhir kuliahnya berjudul Sonata Kampung Bata (1993), berhasil mendapat penghargaan Festival Oberhausen di Jerman. Film pendek ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang ingin menaiki komidi putar.

Deretan film yang berhasil membawa nama Riri Riza semakin dikenal, antara lain Petualangan Sherina (2000), Eliana (2004), Gie (2005), Laskar Pelangi (2009), Athirah (2016), Bebas (2019). Berkat film yang berjudul Athirah, Riri berhasil mendapat penghargaan sebagai sutradara terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2016.

Nah, setelah melihat beberapa scriptwriter dalam dunia perfilman tadi, apa kamu berniat untuk menjadi salah salah satu scriptwriter dimasa depan? Untuk mulai belajar menjadi scriptwriter, kamu butuh membuat list dan goals apa saja yang mau kamu capai setiap harinya. DoCheck punya loh aplikasi to-do list yang bisa kamu gunakan untuk membuat list goals sehari-hari. Yuk, langsung download aja aplikasi DoCheck di Play Store sekarang, Gratis!


Scroll to Top