Skills penting pengusaha

Wajib Punya! 6 Skills Penting Untuk Menjadi Pengusaha


Apakah kamu bosan melamar ke sana kemari tidak ada yang berhasil? Mungkin inilah saatnya untuk menjadi pengusaha. Sekarang, banyak sekali anak muda yang membuka usaha online-nya sendiri. Ada yang berjualan makanan, pakaian, hingga jasa desain. Jadi, barang daganganmu tidak selalu berbentuk materi, tapi dalam bentuk jasa juga bisa. Nah, agar bisnismu berhasil kamu butuh skills penting menjadi pengusaha!

Kenapa harus punya skills khusus? Menurut Glints, seorang pebisnis harus pintar mencari peluang untuk membangun usaha. Oleh karena itu, keahlian yang dimiliki akan sedikit berbeda dari jabatan lainnya. Penasaran apa saja skills yang harus dikuasai? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1. Mampu Berpikir Kreatif

Kreativitas dapat membantu perkembangan usahamu
Kreativitas dapat membantu perkembangan usahamu (Foto oleh Fauxels/ Pexels)

Sebelum membuka usaha, kamu harus tahu dulu produk dan kelebihan yang mau kamu tawarkan kepada pelanggan. Untuk melalui tahap ini, kamu membutuhkan skills berpikir kreatif. Bagaimana cara melaith otak untuk lebih kreatif? Dilansir dari Klik Dokter, ada 10 langkah yang harus kamu lakukan!

  • Berpikir positif.
  • Tantang diri sendiri.
  • Menciptakan “mantra” untuk motivasi diri.
  • Lakukan hal yang berbeda.
  • Jangan takut mengambil resiko!
  • Bertualang ke tempat baru.
  • Bangun koneksi.
  • Istrihat yang cukup.
  • Membaca buku dan perluas wawasan
  • Terapkan pola hidup sehat!

2. Kepemimpinan, Salah Satu Skills Penting Pengusaha

Salah satu skills penting bagi pengusaha adalah kepemimpinan
Salah satu skills penting bagi pengusaha adalah kepemimpinan (Foto oleh Fauxels/ Pexels)

Kelak ketika usahamu semakin besar, kamu akan membutuhkan beberapa karyawan untuk membantumu. Untuk mengatur mereka, kamu membutuhkan sikap kepemimpinan yang baik. Jadi, kamu beserta pegawai yang kamu rekrut dapat berkembang bersama. Menurut konsultan pelatihan karyawan, ada 9 cara mengasah jiwa kepemimpinan.

  • Selalu junjung tinggi integritas.
  • Jangan mudah emosional!
  • Memimpin dengan memberi contoh.
  • Bantulah karyawanmu selama dibutuhkan.
  • Berprilaku adil terhadap semua anggota tim.
  • Mendengarkan dan memahami orang lain.
  • Dukung karyawanmu untuk berkembang dan belajar.
  • Tekankan hal-hal positif.
  • Rencanakan dan beri prioritas.

3. Manajemen Waktu

Jangan lupa atur waktu setiap pengerjaan tugas!
Jangan lupa atur waktu setiap pengerjaan tugas! (Foto oleh Black Ice/ Pexels)

Waktu adalah hal yang paling berharga dalam segala aspek kehidupan. Oleh karena itu, dikutip dari Glints salah satu skills penting yang tidak boleh terlewat jika ingin menjadi pengusaha adalah manajemen waktu. Memangnya apa alasannya? Karena kamu harus membuat jadwal untuk segala kebutuhan bisnismu. Contohnya adalah membuat bahan marketing, pengembangan produk, dan membangun koneksi dengan partner lain.

Jika kamu tidak membuat batasan waktu untuk setiap tugas tersebut, maka pekerjaanmu akan menjadi tidak teratur. Duh, jangan sampai deh! Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu dengan baik dan buat perencanaan matang untuk segala keperluan usahamu.

Baca juga: To-do List: Membuat Daftar Kegiatan untuk Manajemen Waktu

4. Komunikasi, Skill Penting Bermanfaat Bagi Pengusaha

Memiliki skill komunikasi dapat membantu memperlancar usahamu
Memiliki skill komunikasi dapat membantu memperlancar usahamu (Foto oleh LinkedIn Sales Navigator/ Pexels)

Komunikasi adalah kemampuan yang wajib dimiliki semua orang. Karena dengan melakukan komunikasi yang efektif, lawan bicaramu dapat memahami ide atau pendapat yang kamu sampaikan. Lantas, bagaimana cara agar komunikasi berjalan dengan lancar? Yuk, perhatikan langkah-langkah komunikasi yang baik dari Ekrut di bawah ini!

  • Perhatikan tutur kata, bahasa tubuh, dan intonasi.
  • Dengarkan dengan baik lawan bicaramu!
  • Bersikap terbuka itu penting.
  • Berikan dukungan atau nasihat untuk lawan bicara, jika dibutuhkan.
  • Jangan hanya fokus pada diri sendiri!
  • Kendalikan emosi.
  • Menyisipkan humor juga boleh.
  • Berbesar hati.

5. Kemampuan Berpikir Strategis

Ingin menjadi pengusaha? Kemampuan berpikir strategis wajib kamu kuasai!
Ingin menjadi pengusaha? Kemampuan berpikir strategis wajib kamu kuasai! (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Persaingan dalam dunia bisnis itu sangat ketat. Jadi, kamu perlu untuk membuat beberapa strategi dalam menghadapi tantangan tersebut. Tanpa kemampuan berpikir strategis, kamu tidak akan bisa membuat rencana yang tepat. Namun, kamu tidak perlu khawatir! Dikutip dari Glints, ada beberapa cara mengembangkan kemampuan berpikir strategis. Yuk, perhatikan baik-baik di bawah ini!

  • Berorientasi pada masa depan.
  • Coba berbagai hal baru.
  • Latih manajemen waktu dan prioritas.
  • Melibatkan berbagai faktor saat membuat rencana.
  • Observasi dan refleksi.
  • Berhati-hati terhadap bias.
  • Mendengarkan orang lain.
  • Mempertimbangkan ide yang berlawanan

6. Manajemen Keuangan

Skills yang gak kalah penting bagi pengusaha adalah manajemen keuangan
Skills yang gak kalah penting bagi pengusaha adalah manajemen keuangan (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Masalah keuangan tidak boleh kamu anggap sepele. Jika dibiarkan, usahamu bisa tidak berjalan dengan baik loh! Oleh karena itu, skills penting selanjutnya yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha adalah manajemen keuangan. Walaupun di perusahaan ada bidang khusus untuk perkara tersebut, tapi kamu sebagai pemimpin juga harus menguasai bidang ini. Dilansir dari Netsuite, ada beberapa isu keuangan yang sering dialami dalam dunia bisnis.

  • Terbatasnya cash flow.
  • Tidak menggunakan budget untuk hal yang diperlukan.
  • Tidak ada persiapan untuk menghadapi momen tidak terduga.
  • Terlalu banyak utang.
  • Mengabaikan laporan keuangan penting.
  • Keuangan bisnis bercampur dengan pribadi.
  • Taktik marketing yang kurang baik.

Itu dia enam skills penting yang wajib dimiliki oleh pengusaha. Kenapa ini penting? Agar ketika kamu merekrut orang untuk bekerja denganmu, kamu tidak akan mudah tertipu dan tentunya bisa membawa bisnismu ke arah yang lebih baik.

Apabila kamu membutuhkan alat bantu untuk berkolaborasi bersama karyawan dan mengatur proyek, MinCheck tahu aplikasi yang tepat untuk itu! Penasaran apa itu? Ya, kamu bisa pakai aplikasi DoCheck. Dengan DoCheck, kamu bisa melakukan manajemen waktu dengan tepat, cepat, dan mudah. Mantap banget, ‘kan? Yuk, download segera di Play Store dan App Store!


Scroll to Top