5 Kiat Lengkapi Profil LinkedIn Agar Dilirik HRD


LinkedIn adalah salah satu media sosial yang tepat untuk kamu yang sedang berjuang mendapatkan pekerjaan baru. LinkedIn bisa digunakan oleh orang yang sudah memiliki pengalaman kerja maupun untuk kamu para fresh graduate.
Kamu perlu membuat profil LinkedIn terlihat menarik. Pasalnya, profil LinkedIn yang menarik dapat menggaet lirikan dari HRD, lho!

Dilansir dari Cermati, LinkedIn bisa menjadi media sosial untuk kamu memasarkan diri. Namun tentu saja, tujuannya untuk masuk ke dunia profesional. Bayangkan, kamu harus bersaing dengan ratusan hingga ribuan pelamar kerja. Lalu, gimana caranya biar profil kamu dilirik? Biar tidak salah langkah, yuk simak baik-baik cara melengkapi profil LinkedIn agar lebih menarik!

Profil LinkedIn yang menarik bikin HRD tertarik (Foto oleh Alex Green / Pexels)

1. Tampilkan Foto Profil LinkedIn Terbaikmu

Jangan lupa pakai foto menarik dan pastikan wajahmu terlihat! (Foto Royal Anwar / Unsplash)

Pertama, kamu perlu memasang foto terbaikmu. Tentu saja, hal ini diperlukan agar HRD tahu seperti apa wajah di balik profil LinkedInmu. Gunakan foto yang formal dan jangan pernah gunakan foto selfie. Menggunakan foto selfie membuatmu terlihat tidak profesional.

Menurut Studi Ilmu, foto profil yang tepat dapat membuat HRD, pebisnis, atau pengusaha tertarik untuk terkoneksi denganmu. Hal ini tentu saja dapat menjadi peluang besar untuk kamu mendapat tawaran pekerjaan. Saling terkoneksi dengan HRD bisa membuat HRD mengirim pesan kepadamu.

2. Deskripsikan Diri Secara Ringkas dan Jelas

HRD perlu tahu siapa kamu. Foto Pixabay

Isilah biografi singkat tentang dirimu. Contohnya, Halo! Nama saya Abdul, saya lulusan Sastra Jerman, Universitas Padjadjaran. Saya mengikuti berbagai aktivitas kampus seperti teater. Saya dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat bekerjasama secara tim maupun individual. Selain itu, saya memiliki pengalaman sebagai freelance content writer selama 6 bulan.

Nah, pastikan kamu mengisi bagian ini secara ringkas dan jelas agar HRD tahu apa sih sisi menarik kamu dibandingkan pelamar yang lain. Jangan sampai deskripsi tersebut terkesan bertele-tele, ya.

Baca juga : Lingkungan Kerja Produktif untuk Hidup yang Lebih Baik

3. Jangan Lupa Cantumkan Pengalaman Kerja atau Organisasi

Pengalaman kerjamu bisa meyakinkan HRD, lho! (Foto Ketut Subiyanto / Pexels)

Apabila sudah memiliki pengalaman, jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman kerja di profil LinkedIn secara rinci. Kamu bisa merangkum yang kamu kerjakan selama bekerja dan pencapaiannya bila ada.

Nah, untuk fresh graduate, gak perlu khawatir kalau kamu belum punya pengalaman kerja. Kamu bisa cantumkan kegiatan-kegiatan yang kamu ikuti selama di kampus. Contohnya, kamu mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM dan organisasi di kampus dan tulis kontribusimu.

4. Lalu, Masukkan Pendidikan yang Sudah Kamu Tempuh

Cantumkan pendidikan yang telah kamu tempuh (Foto RODNAE Productions / Pexels)

Pendidikan merupakan salah satu bagian penting untuk diisi di profil LinkedInmu. Cantumkan jurusan dan tempat kamu menempuh pendidikan. Contohnya, kamu merupakan lulusan Sastra Jerman, Universitas Padjadjaran dengan tahun masuk 2015 dan lulus pada tahun 2019.

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan besaran IPK-mu untuk jadi bahan pertimbangan HRD. Meskipun ada pepatah IPK is just a number, tapi ada beberapa pekerjaan tertentu yang memiliki kualifikasi IPK minimum.

5. Cantumkan Lisensi dan Sertifikasi

Punya banyak sertifikat? Jangan ragu buat dicantumkan (Foto Ron Lach / Pexels)

Tahukah kamu kalau lisensi dan sertifikasi dapat membuat HRD melirik profilmu? Pasalnya, lisensi dan sertifikasi dapat menjadi nilai plus dan acuan kredibilitas kemampuan atau skill yang kamu punya. Semakin banyak lisensi dan sertifikat yang dicantumkan, maka akan semakin bagus!

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu kan cara melengkapi profil LinkedInmu? Biar gak lupa, kamu bisa masukkan kiat-kiat ini di aplikasi DoCheck. Aplikasi ini cocok buat kamu yang sedang menentukan goals dan task yang harus kamu kerjakan. Yuk download aplikasinya sekarang di Google Playstore dan App Store. Pssst.. aplikasinya gratis, lho!


Scroll to Top