Webinar a way to thank yourself

Be A POP Star Webinar “Self Reflection: A Way To Thank Yourself


Kita semua pasti pernah dan sering meminta tolong pada orang lain, lalu berterima kasih pada orang tersebut. Tapi, seberapa sering sih kamu mengucapkan terima kasih untuk diri sendiri? Misalnya, berterima kasih karena kamu baru selesai presentasi atau melakukan project besar, yang butuh kerja keras dan banyak hambatan. Mungkin beberapa orang akan menjawab sering atau bahkan tidak sama sekali. Ternyata, hal sederhana ini cukup penting untuk self- reflection, loh! Alasannya karena kerja keras kamu wajib diapresiasi dan dihargai.

Self-reflection dengan ucapan terima kasih untuk diri sendiri akan meningkatkan rasa bersyukur, pecaya diri dan menghilangkan overthinking. Dikutip dari Kamus Bahasa Inggris Oxford (Emmons & McCullough, 2004), mendefinisikan rasa syukur sebagai “kualitas atau kondisi berterima kasih; apresiasi pada sebuah keinginan untuk berbuat kebaikan”. Kamu tak perlu malu untuk berterima kasih dengan diri sendiri, karena dampak positifnya kamu juga yang akan merasakan.

Manfaat dari Self-Reflection

Lalu, self-reflection sendiri punya segudang manfaat loh untuk kesehatan mental kamu. Menurut artikel The Self-reflection and Insight Scale: A New Measure of Private Self-consciousness, seseorang yang mengedepankan self-reflection akan memunculkan pandangan baru terhadap pengalaman, melahirkan perubahan sikap dan kesiapan untuk mengaplikasikan sebuah komitmen, yang pada akhirnya akan menjadi perilaku profesional.

Dikutip dari artikel Self-reflection, growth goals, and academic outcomes: A qualitative study, jika kamu seorang pelajar, refleksi diri akan memberikan wawasan untuk mencapai tujuan dimasa depan, dengan dukungan untuk diri sendiri. Membangun kekuatan self-reflection atau refleksi diri, dapat dilakukan dengan bertanya tentang apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan pada diri sendiri, merenungi dan membuat rencana perbaikan ke depan. Refleksi diri juga dapat dituangkan melalui tulisan, misalnya menuliskan apa yang sedang kamu lakukan dan rasakan.

Baca Juga: Self-reflection: Cara untuk Bersyukur dan Mengenal Diri

Agar kamu lebih mengenal tentang self-reflection dan bagaimana cara penerapannya, yuk, ikut webinar Be A POP Star dari DoCheck! Webinar ini akan membahas lebih jauh tentang refleksi diri. Ada Diah Nurayu Kusumawardani dari Psikologi Satu Persen (1%), yang akan mengupas tuntas tentang refleksi diri dengan cara berterima kasih pada diri sendiri. Sebelum ikut webinarnya, kita kenalan dulu, yuk dengan Kak Diah.

Diah Nurayu Kusumawardani merupakan seorang psikolog yang punya beragam keahlian, seperti hubungan asmara, kecemasan berlebih, interaksi sosial, kecanduan kebiasaan buruk hingga kelelahan emosional dan demotivasi. Kak Diah juga aktif menjadi psikolog di Satu Persen. Kamu bisa tanya-tanya langsung seputar refleksi diri dengan Kak Diah dan pastinya dapat insight baru dari webinar “Self-Reflection: A Way To Thank Yourself”.

Webinar A way to thank yourself
Webinar “Self Reflection: A Way To Thank Yourself” – Bersama Diah Nurayu (Psikolog Satu Persen)

Cara Mendaftar Be A Pop Star Webinar

Gimana sih cara ikut webinarnya? Kamu bisa daftar pada link berikut https://bit.ly/BeAPOPStarSatuPersen, ya. Tidak perlu khawatir, karena webinar ini GRATIS! Kamu juga akan mendapatkan Worksheet dan Smart GOALS dari Satu Persen dan berkesempatan mendapatkan giveaway gopay senilai Rp 200.000 untuk 4 orang pemenang, loh! Setelah mendaftar, link zoom untuk webinar ini akan dikirimkan melalui Whatsapp dan grup discord.

Satu lagi nih, hal yang tidak boleh ketinggalan, sebelum daftar webinarnya, pastikan kamu sudah download aplikasi DoCheck di playstore, ya. Kamu bisa gunakan aplikasi ini untuk mencatat to-do list, jadwal sehari-hari kamu, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Jadi jangan sampai ketinggalan webinarnya, ya.

Yuk, segera daftar!

Baca Juga: Self-reflection dan Manfaatnya untuk Diri yang Lebih Baik


Scroll to Top