To-do List Belajar UTBK 2022 DoCheck

Belajar UTBK Bingung Mulai Dari Mana? DoCheck Siap Bantu!


UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer sebentar lagi akan dilaksanakan dan persiapan belajar UTBK tidak bisa sembarangan. Untuk kamu pelajar SMA yang sedang berjuang untuk menjalani UTBK, pasti banyak banget kan yang harus kamu pelajari? Agar UTBK kamu lancar dan tidak kewalahan ketika belajar, gunakan to-do list untuk membantumu dalam persiapannya. Banyaknya materi dapat membuat pusing sendiri, maka untuk mengatasinya kamu dapat merencanakan dulu apa yang perlu dipelajari sebelum mulai belajar.

Pentingnya Belajar UTBK

Ujian Tulis Berbasis Komputer yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjadi sarana untuk kalian meraih universitas atau jurusan impian. Tahun ini peserta yang dapat mengikuti UTBK adalah lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari SMA/MA/SMK dan sederajat, juga lulusan Paket C dengan maksimal umur 25 tahun. Kalau kamu ingin mengikuti Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), PTKIN, dan Politeknik Negeri, harus memiliki nilai UTBK.

Melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas di Indonesia persaingannya cukup ketat melalui SBMPTN. Berdasarkan data tahun lalu, dari pendaftar sebanyak 777.858 orang, yang diterima hanya 184.942 siswa saja. Seketat itu, lho, kira-kira kenapa ya pada mau daftar melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi? Menurut The Universities and Colleges Admissions Service (UCAS), sebuah lembaga pendaftaran kuliah di Inggris, ada 6 hal penting yang bisa kamu dapatkan jika melanjutkan ke universitas:

  1. Memperluas pengetahuan.
  2. Merasakan rasanya mandiri dan kebebasan.
  3. Mendapatkan kualifikasi yang diakui secara internasional (gelar).
  4. Mengembangkan skills yang dibutuhkan di dunia pekerjaan.
  5. Meningkatkan potensi pendapatan di masa depan.
  6. Menyicipi rasanya menjadi mahasiswa.

Nah, dari hal-hal di atas, kamu bisa mengoneksikan bahwa memilih lanjut ke perguruan tinggi ada manfaatnya, makanya banyak siswa berebut kursi yang tersedia. Salah satu langkah awal dalam melanjutkan pendidikan ke universitas di Indonesia ya melalui UTBK-SBMPTN. Makanya, penting banget untuk kamu belajar UTBK biar bisa masuk ke perguruan tinggi negeri atau jurusan kuliah yang diinginkan. Persiapkan UTBK dengan sebaik-baiknya agar sesuai dengan yang diharapkan.

Apa yang Harus Disiapkan Ketika Belajar UTBK?

Mengikuti UTBK tidak hanya sekadar belajar seperti ulangan harian biasanya, materi yang diujikan jauh lebih sulit daripada ulangan di sekolah. Materinya seperti menguji apa yang telah kamu pelajari di SMA/MA/SMK selama tiga tahun. Kamu perlu tau dulu materi yang diujikan di UTBK 2022 sebelum mulai belajar.

Kelompok SoalJumlah SoalWaktu Pengerjaan
Tes Potensi Skolastik (TPS)± 65 Soal105 Menit
Tes Bahasa Inggris15 Soal105 Menit
Tes Kemampuan Akademik (TKA)Saintek (Sains dan Teknologi): 60 Soal
Soshum (Sosial dan Humaniora): 60 Soal
90 Menit
Sumber: Zenius Education Blog

Ada tiga kelompok berdasarkan soal yang dikerjakan saat UTBK 2022:
1. Kelompok Ujian Saintek: soal TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi) dan Bahasa Inggris.
2. Kelompok Ujian Soshum: soal TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi) dan Bahasa Inggris.
3. Kelompok Ujian Campuran: soal TPS, TKA Saintek dan Soshum, dan Bahasa Inggris.

Tidak hanya materi, ada juga persiapan lain yang harus dilakukan. Kematangan dalam belajar UTBK itu penting sekali karena menjadi penentu arah kamu ke depan gimana. Dengan begitu, persiapannya nggak bisa hanya belajar materi tok, harus ada kegiatan pendamping yang menyertai. Berikut ini ada rincian kegiatan yang perlu kamu siapkan dalam belajar UTBK:

Persiapkan Mentalmu

Penting banget untuk fokus dengan mental yang baik ketika mau ujian apalagi sepenting UTBK. Jauh-jauh dari rasa insecure, kalau belum dilaksanakan aja udah minder, arti usahanya gimana dong? Jadi, fokus aja sama proses belajar UTBK-nya dan tetap optimis, urusan berhasil atau gagal bisa dipikirkan nanti setelah ujian ya.

Buatlah Rencana atau Jadwal Belajar UTBK

Soal UTBK memiliki banyak materi yang diujiankan sehingga perlu dibuat rencana belajar agar tidak berantakan. Apalagi kamu juga dikejar oleh waktu. Untuk gelombang pertama di UTBK 2022 akan dilaksanakan tanggal 17 Mei – 23 Mei 2022, sedangkan gelombang kedua ada di tanggal 28 Mei – 3 Juni 2022. Sesuaikan jadwal belajarmu dengan hari ujianmu.

Selain itu, buatlah rencana belajar dengan baik, bisa dimulai dengan belajar basic skills seperti aturan berpikir dan logika dasar. Lalu, jangan lupa untuk mencari tau materi apa saja yang banyak keluar. Prioritaskan materi yang sering muncul di soal agar belajarmu efisien. Selain itu, hindari kurang tidur, jadi jadwal belajar harus kamu sesuaikan juga dengan waktu istirahatmu.

Ikuti Try-out dan Perbanyak Latihan Soal

Belajar UTBK tidak hanya membaca dan memahami materi yang ada. Ada hal yang lebih penting yaitu latihan soal dan ikut try-out. Kamu bisa coba latihan soal dari soal-soal UTBK tahun-tahun sebelumnya. Semakin banyak variasi soal yang dijelajahi, semakin teruji pemahamanmu tentang materinya. Ikuti try-out yang disediakan oleh sekolah, bimbingan belajar, atau mungkin di akun sosial media edukatif yang menyediakan online try-out. Dengan mengikuti try-out, kamu bisa tau sejauh apa kematangan persiapan ujianmu dan mengimbangi dengan pilihan yang dituju.

Evaluasi Apa yang Sudah Dipelajari

Setelah melakukan usaha-usaha di atas seperti belajar dan latihan, kamu perlu juga evaluasi dari apa yang sudah dipelajari. Dari hasil latihan dan try-out, kamu bisa menganalisis apa yang perlu diperkuat pemahaman materinya atau materi apa yang belum dipahami. Dengan begitu, kamu bisa mengalami peningkatan dari segi pemahaman dan nilai.

Belajarlah dengan Nyaman

Lingkungan belajar memengaruhi proses belajarmu lho, jadi buat senyaman mungkin agar kamu bisa fokus dengan baik. Kalau kamu suka belajar sendirian, maka lakukan. Jika lebih suka belajar berkelompok, bisa ajak teman-temanmu untuk membuat kelompok belajar bersama. Selain itu, kamu bisa membuat lingkungan belajar yang nyaman dengan mempertimbangkan lokasi, suasana fokus, kerapian tempat belajar, penerangan yang cukup, dan inspirasi yang ada di tempatmu belajar (menempelkan post it inspiratif misalnya).

Istirahat yang Cukup dan Latih Disiplin Diri

UTBK ini bisa dibilang seperti perang ya. Kamu mempersiapkan banyak hal dan bertempur dalam ujian. Perlu sekali disiplin dalam belajar UTBK agar hasil yang didapat juga maksimal. Eits, tetapi bukan berarti berlebihan ya. Istirahat harus tetap diperhatikan, karena kalau nggak sehat, belajarmu juga bisa terganggu.

To-do List DoCheck Belajar UTBK

Dari rincian kegiatan di atas, perlu untuk dibuat menjadi satu to-do list yang rapi agar kamu bisa belajar UTBK dengan tenang dan asik. Bingung untuk buat to-do list-nya? Tenang aja, di DoCheck, kamu bisa langsung copy dari template goals yang sudah ada. Untuk mengetahui caranya kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Aplikasi dan Scroll ke Rekomendasi

Kamu bisa buka aplikasi DoCheck dan langsung scroll ke bawah sampai di Rekomendasi. Klik tulisan Lihat Lainnya, akan muncul pilihan template goals.

Menu utama To-do list Belajar UTBK
Scroll Menu Utama dan klik Lihat Lainnya di Rekomendasi.

2. Ketik Nama Template yang Dituju

Ketika sudah muncul kolom pencarian di menu Templates, ketik keyword yang diinginkan. Untuk kali ini, kamu bisa ketik ‘UTBK’ lalu akan muncul langsung to-do list Tips Belajar UTBK. Klik template yang sudah tersedia.

Ketik To-do list Belajar UTBK
Ketik ‘UTBK’ di kolom pencarian Templates.

3. Copy Template

Setelah di-klik, akan muncul deskripsi template-nya dan Task yang tersedia. Kamu bisa langsung klik ikon hijau di pojok kanan bawah untuk menyalin template goals Tips Belajar UTBK. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot buat ulang Goals untuk persiapan belajar UTBK ya.

Copy To-do list Belajar UTBK
Klik ikon copy.

4. Gunakan Fitur Lainnya yang Ada

Goal telah berhasil ditambahkan dan kamu bisa menggunakan fitur lain yang tersedia. Klik titik tiga di pojok kanan atas dan gunakan fitur yang kamu inginkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

Menu tambahan To-do list Belajar UTBK
Fitur lain yang dapat dipakai.

5. Cek Template Goals di Goals Saya

Kamu bisa cek template goals yang sudah di-copy melalui halaman utama. Klik Lihat Lainnya di Goals Saya dan tadaaa, Tips Belajar UTBK sudah muncul menjadi Goals Kamu.

Tampilan akhir To-do list Belajar UTBK
Cek Goals Saya.

Dengan to-do list yang telah disediakan, kamu bisa belajar UTBK dengan asik dan seru. Semoga dapat membantu dan proses belajar UTBK-mu diberikan kelancaran. Nah, template goals untuk Tips Belajar UTBK bisa kamu dapatkan hanya di aplikasi DoCheck. Segera download aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau App Store ya.


Scroll to Top