Persiapan Ujian DoCheck

Persiapan Ujian: Eksistensi Ujian dan Cara Menghadapinya


Ujian menjadi bagian dari kehidupan, saat bersekolah hingga bekerja pun masih ada, sehingga dibutuhkan persiapan ujian agar dapat melaluinya. Bulan ini menjadi ‘waktu perang’ bagi kamu anak kelas 12 yang akan berjuang di UTBK ya. Penting sekali untuk menyiapkan UTBK dengan sebaik-baiknya. Sayangnya, tidak hanya belajar dalam rangka mempersiapkan ujian.

Mungkin orang secara general mengetahuinya kalau persiapan ujian itu hanya belajar. Betul, belajar adalah faktor penentu utama dalam kesiapan ujian karena tanpa belajar, pelajar tidak bisa menjawab soal-soal ujian. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga untuk melengkapi persiapan agar lebih matang dan belajar lebih efektif.

Jenis ujian yang berbeda-beda seperti pilihan ganda dan essay membuatmu sebagai pelajar mungkin pernah mempertanyakan alasan adanya ujian. Padahal kalau buat nilai kan bisa dengan dikasih PR terus aja dan tugas biasa. Eh, ternyata emang diadakannya ujian ada alasannya lho.

Baca Juga: Menyusun Jadwal Belajar Dengan 5 Tips Sederhana Ini

Kenapa Harus Ada Ujian?

Ketika Ujian Tiba
Photo by F1Digitals from Pixabay

Yang terlibat dalam ujian tidak hanya siswa tetapi juga guru sebagai pemberi materi dan pembuat soal ujian. Lalu, kenapa sih guru mau repot-repot membuat soal ujian yang banyak, terus diperiksa satu-satu? Dari sudut pandang pengajar, dilansir dari Universitas Waterloo, ada 7 alasan yang melatarbelakangi kenapa ujian diperlukan dalam pembelajaran.

Mengevaluasi, Menilai, dan Memotivasi Siswa

Ujian digunakan untuk mengecek pemahaman siswa secara independen. Biasanya, ujian dilakukan dengan penuh pengawasan untuk memastikan siswa mengerjakannya sendiri. Soal-soal ujian dapat menilai seberapa paham seorang siswa terhadap materi. Jika ada yang tidak dimengerti, melalui ujian, akan diketahui dan pengajar bisa segera membantu untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Selain itu, ujian dapat motivasi siswa. Ketika hari ujian akan tiba, siswa cenderung membuka buku pelajaran lebih sering. Siswa menjadi termotivasi untuk melakukan ujian dengan baik atau memahami materi agar dapat mengerjakan ujian.

Baca Juga: Highlighting: Efektif untuk Belajar dengan Memperhatikan ini!

Membuat Variasi dalam Belajar dan Feedback dalam Pengajaran

Ujian juga merupakan salah satu aktivitas pembelajaran. Terdapat maksud untuk membuat siswa melihat dari sudut pandang lain atas materi pelajaran. Selain itu, membiarkan siswa mendapat masukkan untuk menjadi lebih baik. Evaluasi pemahaman siswa berarti juga evaluasi cara mengajar seorang guru. Ketika hasilnya dirasa belum memuaskan, seorang pengajar akan berbenah untuk memperbaiki cara mengajar atau aktivitas pembelajarannya.

Baca Juga: Inilah Tipe Gaya Belajar, dari Menyukai Visual hingga Praktik

Keperluan Statistik Institusi dan Mengetahui Siswa Terbaik

Sebuah institusi sekolah membutuhkan data untuk mengetahui prestasi anak didik di sekolah tersebut. Hasil ujian setiap siswa dapat berbeda dan untuk anak-anak yang dinilai pintar dapat terlihat dari hasil pemahaman materinya. Dari hasil ujian, dapat dilihat bagaimana kualitas pemahaman materi seorang siswa.

Alasan-alasan di atas masuk akal bahwa ujian diperlukan bagi siswa demi menjadi pelajar yang lebih baik. Selain itu, mengukur kemampuan salah satu caranya melalui ujian. Jenis ujian berbeda-beda sehingga perlu disesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas siswa. Ujian yang baik adalah bentuk ujian yang setara bagi seluruh siswa untuk menunjukkan hasil belajarnya.

Sukses dalam Persiapan Ujian

Persiapan Ujian yang Sibuk
Photo by wayhomestudio from Freepik

Ujian biasanya dinilai sebagai sesuatu yang menyeramkan. Ketika kamu dapat nilai kurang bagus, mungkin akan ditutup-tutupi dari orang tua karena takut dimarahi. Nah, itu dia yang kemungkinan memotivasi pelajar untuk belajar ketika ada ujian. Tetapi, tidak selamanya hanya belajar saja dapat membantu melaksanakan ujian. Dilansir dari The University of Sydney, Ada faktor-faktor lain yang bisa kamu pahami, seperti:

Baca Juga: Tips Lolos TPS dan TKA UTBK 2022, Cobain Yuk!

Ketahui Apa yang Dipelajari

Pertama-tama kamu perlu apa yang harus dipelajari dalam persiapan ujian. Seperti materi yang akan keluar dan jenis ujiannya. Dengan begitu, kamu akan lebih mengerti dengan jelas apa yang harus dipelajari. Sumber informasi yang bisa kamu serap adalah, bab belajar yang menunjukkan materi paling penting, arahan atau kisi-kisi dari guru, cek soal-soal ujian di tahun sebelumnya (biasanya menjadi arsip sekolah).

Buat Rencana Belajarmu

Ketika belajar tidak bisa sembarang belajar saja. Perlu direncanakan dengan akurat agar apa yang dipelajari sesuai dengan yang diujiankan. Ingat juga bahwa waktumu harus dibagi dengan kegiatan lain, jadi, pertimbangkan dengan baik rencana belajarmu agar tidak buang-buang waktu. Kamu bisa buat rencana belajarmu dengan to-do list dan menggunakan metode time-blocking supaya waktunya pun efektif ketika belajar.

Tentukan Prioritas

Menentukan prioritas tidak hanya dalam sehari-hari saja, ketika belajar pun kamu perlu melakukannya. Kamu bisa mulai dengan belajar ulang tentang topik utama yang dipelajari, baru setelah itu belajar materi yang lebih susah. Lalu, pelajari lebih rinci lagi setiap materinya. Intinya, diulang-ulang dari yang paling utama dulu lalu ke yang paling spesifik dan sulit. Tujuannya agar kamu dapat fokus kepada materi yang benar-benar penting tetapi dapat memahami semua materi dengan baik.

Belajar dengan Efektif dan Efisien

Pernah mendengar istilah sistem kebut semalam? Ya, betul, itu adalah metode belajar terburu-buru yang waktunya sangat dekat dengan waktu ujian, seperti semalam sebelumnya. Hal tersebut sangat tidak disarankan, karena akan mengorbankan tidurmu. Berdasarkan riset yang dikutip di artikel The University of Sydney, kekurangan tidur dapat membuat akademismu menurun. Lebih baik belajar dengan waktu yang normal dan wajar tanpa mengganggu jam tidur agar lebih efektif.

Kamu juga bisa lebih meningkatkan pemahaman materi dengan mendiskusikan konsepnya bersama temanmu. Pilih waktu belajar yang sesuai dengan dirimu, di saat keadaan terjaga dan fokus. Sebelum belajar coba ingatkan mengenai tujuan spesifik kamu belajar. Bisa juga membaca setiap bab dengan cepat sebelum mendalami lebih lanjut. Banyak distraksi dan sering prokrastinasi? Jauhkan hal-hal yang dapat mengganggu fokus belajarmu dan teguhkan dirimu agar tidak menunda-nunda belajar.

Baca Juga: Serba-Serbi UTBK 2022, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Kelola Tingkat Stres dan Kegugupan

Gugup dan stres saat hendak ujian itu hal yang wajar sekali dan dialami oleh sebagian besar orang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar lebih tenang menghadapi ujian. Yang pertama, diskusikan materi ujian sehingga kamu lebih percaya diri, lalu berolahraga untuk meredakan hormon stres. Selanjutnya, buat dirimu nyaman dengan situasi ujian dan pikirkan sesuatu yang positif saja.

Jika kamu sedang mempersiapkan ujian, semoga artikel ini dapat membantumu ya. Sebagai pelajar yang membutuhkan rencana belajar dan persiapan ujian, DoCheck bisa membantumu dengan to-do list. Yuk, download aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau App Store, dan nikmati fitur menariknya yang dapat membantumu belajar.


Scroll to Top