Terampil soft skills ala Ananza Prili

Terampil dengan Soft Skills ala Ananza Prili


Setiap orang memiliki dua jenis kemampuan, yaitu hard dan soft skills. Dilansir dari Sampoerna University, hard skills adalah kemampuan teknis yang bersifat spesifik. Selain itu, kemampuan ini memiliki ukuran yang jelas (pemula, menengah, mahir). Sebaliknya, soft skills atau biasa disebut dengan kemampuan interpersonal adalah kemampuan yang berkaitan dengan kepribadian seseorang dan bersifat umum. Contohnya adalah komunikasi dan manajemen waktu.

Kenapa sih harus mengasah kemampuan interpersonal? Menurut MindTools, hard skills yang kamu miliki dapat membawamu ke pintu karier impianmu. Untuk membuka pintu karier tersebut, kamu membutuhkan soft skills yang mumpuni. Oleh sebab itu, penting sekali untuk meningkatkan kemampuan interpersonal ini. Kalau kamu ingin belajar bagaimana cara melatih kemampuan tersebut, MinCheck saranin untuk belajar dari ahlinya seperti Ananza Prili. Penasaran siapakah dia dan tips terampil soft skills-nya? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Ananza Prili, Content Creator Self-Development Indonesia

Ananza Prili, influencer yang rajin berbagi tips seputar soft skills
Ananza Prili, influencer yang rajin berbagi tips seputar soft skills (Foto oleh Ananza Prili/ Instagram)

Wanita cantik ini bernama Haydira Prili Ananza, panggilannya adalah Ananza. Ia merupakan lulusan Psikologi Universitas Indonesia. Dengan keilmuannya, Ananza berbagi tips bermanfaat seputar perkembangan diri, fashion, dan lifestyle melalui Instagram (@ananzaprili) dan TikTok (@ananzaprili). Keren banget, ya! Menebarkan ilmu kepada masyarakat luas dengan cara kreatif. Oleh karena itu, tidak heran jika Ananza dinobatkan sebagai influencer pembawa pengaruh positif oleh Line Today. Karena keterampilan soft skill-nya yang patut ditiru oleh generasi muda Indonesia.

Kamu ingin menjadi seperti Ananza? Tenang, MinCheck akan bagi-bagi to-do list terampil soft skills ala Ananza Prili di bawah ini. Simak baik-baik ya!

To-do List Terampil Soft Skills ala Ananza Prili

Menurut Ananza Prili, alasan kamu harus mengasah soft skills karena keterampilan ini adalah dasar untuk membangun hubungan yang baik dan merupakan bagian penting dalam kehidupan pribadi dan profesionalmu. Oleh karena itu, kamu wajib untuk menerapkan to-do list dari Ananza Prili berikut ini. Check it out!

1. Manajemen Waktu

Kemampuan manajemen waktu wajib kamu miliki
Kemampuan manajemen waktu wajib kamu miliki (Foto oleh Ekaterina Bolovtsova/ Pexels)

Dikutip dari Indeed, manajemen waktu adalah suatu kemampuan untuk mengatur tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan. Contohnya kamu bekerja mulai dari jam 9 pagi hingga 5 sore. Maka, pekerjaanmu harus selesai dalam kurun waktu tersebut. Jika kamu melebihi dari waktu yang seharusnya, itu berarti ada yang salah dengan manajemen waktumu. Nah, berdasarkan pengalaman Ananza, ada tiga komponen agar kamu bisa berhasil mengatur waktumu.

  • Awareness: Pikirkan hal yang bisa kamu capai. Misalnya, kamu hanya memiliki waktu 2 jam. Maka, pikirkanlah apa yang bisa kamu selesaikan dalam waktu 2 jam tersebut.
  • Arrangement: Setelah kamu menuliskan pekerjaan apa saja untuk hari ini. Kamu harus mengurutkannya berdasarkan prioritas dan berikan batas waktu untuk masing-masing tugas. Contohnya, dari pukul 9 sampai 10 kamu mengerjakan tugas 1. Kemudian, istirahat 15 menit dan lanjut mengerjakan tugas 2 selama 1 jam berikutnya.
  • Adaptation: Evaluasi kembali hasil pengaturan waktumu. Jadi, kamu bisa mengetahui hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan dari manajemen waktumu.

Baca juga: Sulit Menjadi Disiplin? Yuk, Ikuti 4 Tips Berikut Ini!

2. Komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu soft skills yang penting dalam dunia kerja
Komunikasi merupakan salah satu soft skills yang penting dalam dunia kerja (Foto oleh Mentatdgt/ Pexels)

Kebanyakan orang sering berpikir bahwa skill komunikasi hanya dimiliki oleh orang ekstrovert. Namun, pendapat tersebut sebenarnya salah! Karena semua orang pada dasarnya memiliki kemampuan berkomunikasi. Hanya saja cara mengekspresikannya berbeda. Dalam dunia kerja, komunikasi yang efektif sangat diperlukan. Sebab menurut Chron, komunikasi yang baik dapat mencegahmu dari berbagai masalah seperti kesalahpahaman, kegagalan, dan hukum. Lantas, bagaimana Ananza mengasah soft skill komunikasi? Yuk, perhatikan 3 langkah berikut ini!

  • Active Listening: Tunjukkan bahwa kamu benar-benar menyimak. Dengan begitu, lawan bicaramu akan merasa dihargai.
  • Asertif: Katakan pendapatmu dengan cara yang baik dan sopan. Jadi, tidak ada orang yang tersakiti dari ucapanmu.
  • Responsif: Lawan bicaramu lebih senang jika mendapat respon balik darimu. Oleh karena itu, usahakan untuk memberi balasan yang sesuai dan cepat.

3. Leadership

Yuk, jadi pemimpin yang baik untuk dirimu dan tim!
Yuk, jadi pemimpin yang baik untuk dirimu dan tim! (Foto oleh Tima Miroshnichenko/ Pexels)

Meskipun kamu bukan ketua tim, jiwa kepemimpinan tetap harus kamu asah. Dilansir dari the balance careers, rekruter mencari seseorang yang memiliki soft skill leadership apa pun posisinya. Kenapa begitu? Karena orang yang memiliki kemampuan ini dapat berkomunikasi dengan baik kepada rekan kerja, bertanggungjawab, mampu memotivasi orang-orang sekitarnya, serta menyelesaikan masalah di situasi kantor yang berubah-ubah. Nah, Ananza punya tips untukmu agar jiwa kepemimpinanmu bisa berkembang. Mau tahu apa itu? Ayo, simak 3 elemen ini!

  • Ketegasan: Sebagai pemimpin yang efektif, kamu harus mengambil keputusan dengan cepat berdasarkan informasi yang kamu miliki.
  • Membangun hubungan: Seorang pemimpin juga wajib untuk membangun dan memelihara tim yang kuat dan kolaboratif, sehingga kamu dan tim dapat mencapai tujuan bersama.
  • Problem solving: Ketika timmu mendapat masalah, sebagai pemimpin kamu harus bisa berpikir dengan tenang dan sistematis untuk menemukan solusi yang terbaik.

4. Empati

Empati, jenis soft skills yang dianggap sepele, tapi berdampak besar
Empati, jenis soft skills yang dianggap sepele, tapi berdampak besar (Foto oleh Liza Summer/ Pexels)

Salah satu soft skills yang sering terlewatkan, tapi sangat penting dalam kehidupan adalah empati. Dikutip dari SehatQ, Empati adalah “kemampuan seseorang untuk mengenali, memahami, dan berbagi rasa dengan makhluk lain.” Misalnya adalah ketika kamu bisa memposisikan diri dengan keadaan orang lain, sehingga terasa ketulusanmu. Untuk mengembangkan rasa empati ini, kamu butuh melakukan 3 hal berikut.

  • Emotional Intelligence: Peka terhadap perasaan teman, mampu memahami, menggunakan, dan mengelola emosi dengan cara positif.
  • Open-mindedness: Kemampuan untuk mengeksplorasi perspektif baru.
  • Rasa penasaran: Dengan memiliki keingintahuan yang tinggi, kamu akan terdorong untuk bertanya dan belajar sebanyak mungkin tentang topik tertentu.

Itu dia to-do list terampil dengan soft skills ala Ananza Prili. Jika kamu bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, pintu karier yang kamu inginkan dapat tercapai. Yuk, semangat asah soft skills-mu!

MinCheck juga mau kasih tahu ke kamu nih, kalau to-do list dari Ananza ini dapat kamu miliki di aplikasi DoCheck. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mendapat rekomendasi daftar kegiatan lainnya dari para influencer kece Indonesia. Mantap banget, ‘kan? Yuk, download segera DoCheck di Play Store dan App Store!

Baca juga: 5 Cara Melatih Interpersonal Skills, Wajib Dicoba!


Scroll to Top