Cara menjadi disiplin

Sulit Menjadi Disiplin? Yuk, Ikuti 4 Tips Berikut Ini!


Menjadi pribadi yang disiplin adalah dambaan semua orang. Karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan. Contohnya menurut SehatQ, memiliki sikap disiplin dapat membantumu untuk fokus, melatih rasa percaya diri, lebih disukai orang, dan tentunya diri sendiri juga akan merasa lebih bahagia. Wah, enak banget ya jadi orang disiplin! Namun, sayangnya tidak semua orang bisa menjadi disiplin dengan mudah.

Salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya komitmen untuk mengikuti jadwal yang telah ditentukan. Apakah kamu merasakan hal ini juga? Jika iya, maka kamu wajib simak baik-baik tips meningkatkan kedisiplinan waktu dari MinCheck di bawah ini!

1. Temukan Motivasi Diri Untuk Menjadi Disiplin

Motivasi dapat menguatkan niatmu untuk menjadi disiplin
Motivasi dapat menguatkan niatmu untuk menjadi disiplin (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Dilansir dari MindTools, setelah kamu menentukan apa yang mau kamu lakukan hari ini, kamu juga harus membuat motivasi untuk menjalankannya. Jadi, ketika kamu mulai goyah, kamu bisa mengingatkan dirimu dengan tujuan yang ingin kamu capai. Misalnya, hari ini kamu ingin belajar bahasa Inggris, maka katakanlah pada dirimu “hari ini aku mau belajar bahasa Inggris supaya bisa diterima di perusahaan luar negeri.” Kalimat tersebut lebih baik daripada hanya mengatakan rencana, tanpa ada motivasi atau goals yang jelas.

2. Identifikasi Masalah yang Menghambat

Cobalah cari tahu masalah yang menghambatmu menjadi disiplin
Cobalah cari tahu masalah yang menghambatmu menjadi disiplin (Foto oleh Andrea Piacquadio/ Pexels)

Apabila kamu merasa terus menerus gagal untuk menjadi disiplin, maka saatnya kamu untuk mundur ke belakang sejenak dan identifikasi masalah apa yang menghalangimu mewujudkan keinginanmu. Dikutip dari Glints, cara untuk mengetahui kekuranganmu adalah dengan memperhatikan orang-orang sekitarmu yang kamu anggap disiplin. Kemudian, tanyakan pada dirimu, “apa yang membuatnya menjadi disiplin?” dan “bagaimana ia melakukan pekerjaanya?”.

Jika kamu berhasil menemukan jawabannya, kamu dapat mengetahui apa yang kurang dalam usahamu menjadi disiplin. Dengan begitu, kamu bisa memperbaiki diri dengan tepat dan mencoba lagi meningkatkan kedisiplinan dengan mudah karena sudah menghilangkan masalah yang menghambat.

3. Hilangkan Kebiasaan Buruk Agar Berhasil Menjadi Disiplin!

Gantilah kebiasaan buruk dengan yang lebih produktif
Gantilah kebiasaan buruk dengan yang lebih produktif (Foto oleh Mentatdgt/ Pexels)

Pernah gak sih kamu menunda-nunda melakukan sesuatu dan akhirnya waktumu habis untuk mengerjakan hal lain diluar tugasmu? Seperti main game atau nonton YouTube. Tidak hanya kamu saja kok, banyak orang juga pernah mengalaminya. Namun, bukan berarti kebiasaan tersebut baik. Justru kamu harus menghilangkannya sehingga tujuanmu menjadi displin bisa terwujud. Bagaimana caranya?

Menurut James Clear, cara terbaik menghilangkan kebiasaan buruk adalah dengan menggantinya dengan hal yang lebih baik. Contohnya ketika kamu bekerja, lalu merasa bosan kamu mulai membuka media sosial hingga akhirnya lupa waktu. Oleh karena itu, gantilah kebiasaan buruk tersebut dengan hal produktif seperti berolahraga ringan. Jadi, kamu akan merasa segar dan siap melanjutkan pekerjaanmu lagi!

4. Pantau Terus Usaha Perubahanmu!

Jangan lupa pantau terus perkembanganmu dengan bantuan jurnal
Jangan lupa pantau terus perkembanganmu dengan bantuan jurnal (Foto oleh Michaela/ Pexels)

Untuk menjaga semangatmu dalam proses perubahan diri, kamu harus rajin memantau perkembangannya. Dilansir dari MindTools, kamu akan merasa bangga, senang, dan berenergi ketika melihat hasil dari usahamu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilki jurnal atau alat bantu untuk mengecek secara berkala apa saja yang telah kamu lakukan untuk menjadi disiplin. Selain itu, catatan ini juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk dirimu sendiri.

Demikian empat tips untuk menjadi disiplin. Cara ini bagus untuk diterapkan oleh semua kalangan. Tidak hanya untuk pelajar atau yang sudah bekerja. Karena menjadi pribadi displin tidak memandang profesi atau usia.

Apabila kamu bingung mencari alat untuk membantu memantau manajemen waktu, kamu gak perlu khawatir! Jawaban dari masalah tersebut adalah aplikasi DoCheck! Dengan ini, kamu bisa membuat jadwal harian sekaligus mengatur tenggat waktunya. Terus kalau lupa gimana? Tenang, karena DoCheck ada fitur reminder yang akan mengingatkanmu dengan to-do list yang kamu buat. Jadi, kamu tidak akan kelewatan lagi. Mantap banget, bukan? Yuk, download sekarang DoCheck di Play Store dan App Store!

Baca juga: Pentingnya Reminder Untuk Pengingat Jadwal Kegiatan


Scroll to Top