Cara meningkatkan rasa percaya diri

5 Cara Paling Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Apa Saja?


Apakah kamu pernah merasa sulit untuk berbicara di depan banyak orang? Jika kamu pernah merasakan hal tersebut, salah satu penyebab sulitnya melakukan hal tersebut karena kamu kurang percaya diri. Penting untuk kamu mengetahui bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri. Simak penjelasan MinCheck berikut ya!

Dilansir dari halodoc, sebuah publikasi data kesehatan dari Psychology Today menunjukkan bahwa, jika rasa percaya diri seseorang sedang rendah, ia akan merasa khawatir dan memiliki pikiran negatif sebelum melakukan aktivitas tersebut. Hal ini akan mengganggu baik itu kehidupan pribadi maupun profesionalmu.

Pentingnya Memiliki Rasa Percaya Diri

Mengapa penting untuk kita memahami cara meningkatkan rasa percaya diri?

Rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam kehidupan, sebagai contoh dalam hal karir. Dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, kamu akan lebih berani dalam mengambil tindakan dan menghadapi tantangan. Hingga pada akhirnya akan membawa diri kamu menjadi seseorang yang lebih baik.

Coba bayangkan ketika kamu tidak memiliki rasa percaya diri, kamu akan selalu berada dibawah bayang-bayang rasa ketakutan dan perasaan takut gagal. Tidak berani mengambil tindakan, tidak berani menerima tantangan, yang akhirnya membuat diri kamu tidak berkembang.

Salah satu alasan pentingnya memiliki rasa percaya diri adalah untuk memotivasi diri kamu sendiri. Dengan memiliki rasa percaya diri, kamu akan selalu termotivasi untuk merubah dan menjalani hidup menjadi lebih baik lagi.

Dengan memiliki rasa percaya diri, akan membuat kamu menjadi seseorang yang tahan banting. Mengapa demikian? Rasa percaya diri yang kamu miliki akan membuat kamu tetap semangat dan tidak mudah menyerah dalam proses menggapai tujuan. Rasa percaya diri itulah yang akan membuat kamu berusaha lebih keras demi menggapai tujuan.

Penasaran seperti apa cara meningkatkan rasa percaya diri dengan mudah?

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setelah mengetahui pentingnya memiliki rasa percaya diri, MinCheck ingin berbagi cara meningkatkan rasa percaya diri dengan lima langkah praktis. Yuk, simak baik-baik ya!

1. Perbaiki Postur Tubuh

Postur duduk yang tegap dapat meningkatkan rasa percaya diri
Postur duduk yang tegap dapat meningkatkan rasa percaya diri (Foto oleh Andrea Piacquadio/ Pexels)

Cara meningkatkan rasa percaya diri yang pertama adalah memperbaiki postur tubuh. Tahukah kamu bahwa ternyata postur tubuh memberikan dampak positif terhadap rasa percaya dirimu. Dikutip dari halodoc, jika kamu berdiri dan duduk dengan tegap, tubuh akan mengirimkan sinyal-sinyal positif ke seluruh sel tubuhmu. Kemudian, pesan ini akan diubah oleh otak menjadi sebuah perasaan baik.

Cukup sederhana memang cara meningkatkan kepercayaan diri yang satu ini, namun dampak yang dihasilkan begitu besar. Oleh karena itu, mulai dari sekarang perbaiki postur tubuhmu agar otak dapat merubah rasa malu menjadi keberanian. Jika kamu belum tahu cara merubah postur tubuh, berikut ini adalah tips efektif dan sederhana dari klik dokter untuk melakukannya. Ayo, coba dipraktikkan ya!

  • Duduk tegak dengan kaki menyentuh lantai.
  • Carilah kursi yang sesuai.
  • Bagi berat badan secara merata saat berdiri.
  • Hindari postur bungkuk dengan membatasi penggunaan gadget.
  • Tidak menggunakan sepatu heels terlalu lama.
  • Gunakan alas tidur dan bantal yang sesuai.
  • Rutin olahraga.
  • Perhatikan postur tubuh saat mengangkat alat berat.
  • Untuk wanita, pertimbangkan penggunaan korset.
  • Biasakan berjalan yang benar.

2. Bangun Pola Pikir Positif Meningkatkan Kepercayaan Diri

Terkadang yang membuatmu kurang memiliki rasa percaya diri bukan datang dari orang lain, tapi pikiranmu sendiri. Kamu secara tidak sadar memberikan asumsi negatif terhadap dirimu. Seperti misalnya, kamu berpikir bahwa kamu tidak pantas untuk mengerjakan suatu tugas tertentu. Padahal orang-orang di sekitar mendukungmu untuk mencobanya. Pola pikir seperti itu harus kamu ubah menjadi hal yang positif. Karena pikiran negatif tersebut dapat menghalangimu untuk berkembang.

Menurut Assure, pola pikir positif adalah suatu kebiasaan berpikir tentang hal-hal yang rasional, seimbang, dan bermanfaat untuk dirimu. Pesan-pesan positif ini akan mengarahkanmu untuk lebih percaya diri dan sudah terbukti efektif meningkatkan suasana hati, kesehatan, serta menyelesaikan masalah. Kok bisa sih efeknya sebesar itu? Karena rasa percaya diri berasal dari bagaimana kamu memikirkan tentang dirimu. Jika kamu yakin bisa, maka kamu pasti akan berani untuk melakukannya.

So, berpikir positif pada diri sendiri merupakan salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri. Mulai saat ini kamu bisa mencoba membangun pola pikir positif!

Baca juga: Buku Self-improvement: Bacaan Untuk Motivasi Diri

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri dengan Wawasan

Salah satu tips percaya diri adalah dengan meningkatkan wawasan atau pengetahuan kamu. Bagaimana bisa wawasan meningkatkan kepercayaan diri? Contohnya kamu mendapat tugas presentasi di depan rekan kerja dan atasan. Maka, beberapa hari sebelum presentasi kamu harus memahami betul materi yang akan kamu bahas. Dengan begitu, saat waktunya tiba kamu bisa berbicara dengan lancar, tenang, dan meyakinkan.

Selain itu, dilansir dari Skill Academy, kamu juga wajib kembangkan soft dan hard skills agar tidak minder lagi. Jadi, ketika kamu mendapat tugas baru dari atasan, kamu siap untuk mengerjakannya secara optimal karena kemampuanmu terus kamu asah dengan baik. Wah, banyak juga ya keuntungan meningkatkan kemampuan dan wawasan!

Baca juga: 5 Cara Melatih Interpersonal Skills, Wajib Dicoba!

4. Berikan Tantangan untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Memberi tantangan untuk diri sendiri bisa menjadi slaah satu cara meningkatkan rasa percaya diri yang wajib kamu coba. Memang ketika dihadapkan pada sesuatu yang baru, kamu akan merasa takut untuk melakukannya. Namun, dikutip dari National Health Service UK, apabila kamu ingin menjadi penuh percaya diri, kamu tidak akan membiarkan rasa takut tersebut menghalangimu.

Sebaliknya, kamu akan mengambil tantangan tersebut dan berusaha dengan maksimal untuk menyelesaikannya. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa mulai dari menentukan goal atau tujuan yang ingin kamu capai setiap harinya. Misalnya, kamu menentukan target tugas hari ini harus selesai maksimal pukul 12 siang. Dengan begitu, kamu dapat melatih rasa percaya diri dan meningkatkan motivasi kerja.

5. Ingat, Perlakukan Dirimu dengan Baik!

Ingin percaya diri? Sayangilah dirimu dulu!
Ingin percaya diri? Sayangilah dirimu dulu! (Foto oleh Vie Studio/ Pexels)

Satu-satunya orang yang akan selalu mendukungmu untuk percaya diri adalah dirimu sendiri. Oleh karena itu, perlakukanlah dirimu dengan baik! Menurut Very Well Mind, berbuat baik pada dirimu sendiri akan membantumu untuk mengatur emosi ketika menghadapi kegagalan dan meningkatkan kembali rasa percaya diri serta memperbaiki hubungan dengan orang sekitar. Tanpa kekuatan dari dalam diri, kamu tidak akan bisa menghadapi beragam situasi yang datang kepadamu. Jadi, yuk sayangi dirimu sendiri!

Itu dia lima cara meningkatkan rasa percaya diri. Soft skill ini harus kamu kuasai agar kamu bisa menghadapi tantangan di dunia kerja dan urusan pribadi dengan lancar. Nah, sebagai persiapan menuju pribadi yang lebih percaya diri, kamu harus menyiapkan rencana yang matang. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Ini Lho 5 Bahaya Terlalu Percaya Diri di Tempat Kerja

Kamu bisa mulai dengan membuat to-do list dan goal yang spesifik agar kamu tidak kehilangan semangat untuk menjadi lebih baik. Untuk membuat kedua hal ini, kamu tidak perlu pusing. Tinggal download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store, lalu buat to-do list meningkatkan rasa percaya diri sesuai yang kamu inginkan. Mudah banget, kan? Yuk, coba sekarang to-do list app DoCheck.


Terbaru

Kategori

Scroll to Top