Cara praktis atasi lupa pekerjaan

4 Cara Praktis Atasi Lupa Pekerjaan, Yuk Dicoba!


Apakah kamu pernah mengalami lupa pekerjaan? Itu wajar kok karena salah satu kelemahan manusia adalah memiliki sifat pelupa. Berbeda dengan gajah yang terkenal dengan ingatan yang kuat, manusia harus sering kali diingatkan agar tidak pernah lupa. Namun, lupa itu tidak sama dengan pikun, ya! Menurut IDN Times, penyebab seseorang bisa lupa dengan pekerjaannya adalah karena adanya gangguan pada pusat konsentrasi. Kemudian, sifat pelupa ini bisa terjadi pada siapa saja baik itu muda maupun tua.

Sedangkan pikun terjadi karena penurunan kemampuan dalam berpikir dan biasanya orang-orang yang berusia sekitar 55 tahun ke atas yang mulai mengalaminya. Sekarang, jadi terlihat perbedaannya ‘kan? Nah, sebelum kamu tahu cara atasi sifat pelupa, kamu wajib tahu dulu faktor apa saja yang menyebabkan manusia bisa jadi pelupa. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Faktor Penyebab Sifat Pelupa Manusia

Faktor penyebab sifat pelupa
Faktor penyebab sifat pelupa (Foto oleh Andrea Piacquadio / Pexels)

Manusia bisa jadi pelupa tidak langsung terjadi begitu saja. Ada faktor yang mempengaruhi otakmu sehingga terjadi gangguan konsentrasi. Menurut alodokter, ada 6 hal yang memicu kondisi ini. Mari, perhatikan baik-baik ya!

  • Kurang tidur: Ini adalah penyebab utama kamu sulit untuk fokus dan akhirnya menjadi pelupa. Jadi, istirahatlah yang cukup!
  • Konsumsi beberapa jenis obat tertentu: Obat antidepresan dan antihistamin dapat mempengaruhi daya ingatmu. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter tentang penggunaannya.
  • Gangguan emosi: Kecemasan, depresi, atau stres dapat mengganggu proses penerimaan informasi. Karena itulah kamu jadi sering lupa pekerjaan apabila kamu berada dalam tekanan.
  • Kondisi medis: Apabila seseorang menderita tumor, infeksi otak, penyumbatan pembuluh darah, dan gangguan pada hati atau ginjal, maka orang tersebut akan kesulitan untuk mengingat.
  • Mengonsumsi alkohol terlalu banyak: Meminum alkohol bisa memberikan dampak pada ingatan jangka pendek. Bahkan, efek ini akan tetap ada meskipun alkoholnya sudah hilang.
  • Kekurangan vitamin B12: Vitamin ini berperan penting dalam menjaga sel saraf pada otak. Oleh sebab itu, jika seseorang kekurangan vitamin B12 yang parah, ia dapat terkena amnesia.

Wah, cukup banyak juga ya faktor penyebabnya. Jadi harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih pola hidup yang baik untuk diri sendiri. Setelah kamu tahu informasi ini, sekarang saatnya pelajari cara mengatasinya. Penasaran? Yuk, cek bersama di sini!

Cara Praktis Atasi Lupa Pekerjaan

Sifat pelupa ini harus kamu atasi segera karena ini akan mengganggu kehidupan dan pekerjaanmu. Contohnya adalah banyak tugas yang terbengkalai dan teman, keluarga, atau bos yang menjadi kecewa. Lantas, bagaimana caranya? Kamu bisa mulai dari aktivitas sederhana yang baik untuk otakmu. Misalnya adalah membaca buku dan memiliki gaya hidup sehat. Ingin tahu selengkapnya seperti apa? Ayo, baca penjelasannya berikut ini!

1. Rajin Membaca Buku Mencegah Sifat Pelupa

Rajin membaca buku bagus untuk otakmu!
Rajin membaca buku bagus untuk otakmu! (Foto oleh Enzo Muñoz / Pexels)

Jika kamu jarang berolahraga, tubuhmu pasti akan mudah cepat lelah dan tidak bertenaga. Begitu juga dengan otak, kamu harus melatih kemampuan kognitifmu dengan cara sering membaca buku. Memangnya apa yang terjadi pada otak ketika sedang membaca? Menurut halodoc, otak tidak hanya memproses kata-kata yang kamu lihat saja, tapi juga gambar dan ucapan yang keluar ketika kamu membaca. Bagian otak yang mengatur penglihatan dan bahasa akan saling bekerja sama sehingga kamu dapat mengerti dan mudah untuk mengingatnya. Oleh karena itu, sangat bagus jika kamu mulai dari sekarang hobi membaca buku untuk mencegah lupa pekerjaan dan hal lainnya.

2. Hindari Lupa Pekerjaan dengan Makanan Sehat!

Si kuning yang bantu cegah lupa pekerjaan
Si kuning yang bantu cegah lupa pekerjaan (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Kamu pasti pernah mendengar ungkapan, “You are what you eat” Maksud dari kalimat tersebut adalah kamu harus memperhatikan apa yang kamu makan. Karena kesehatan tubuhmu tergantung padanya. Oleh sebab itu, apabila kamu tidak mau lagi lupa pekerjaan dan informasi penting lainnya, yuk ubah gaya hidupmu dengan makan makanan sehat! Dilansir dari klikdokter, makanan berikut ini sangat bagus untuk meningkatkan daya ingat.

  • Biji-bijian dan kacang: Kedua makanan ini memiliki asam lemak omega-3 dan antioksidan yang bagus untuk daya ingat.
  • Jeruk: Jika kamu rutin memakan jeruk dalam sehari, kadar vitamin C dalam darah akan bertambah dan dapat membantu dalam peningkatan fokus, memori, dan kecepatan dalam membuat keputusan.
  • Bluberi: Kadar antioksidan yang tinggi dalam buah bluberi dapat menurunkan proses berkurangnya daya ingat akibat penuaan.
  • Brokoli: Sayur yang berbentuk unik ini ternyata kaya dengan vitamin C dan flavonoid yang baik untuk kesehatan otakmu.
  • Ikan Salmon: Sama halnya dengan biji dan kacang, jenis ikan ini mengandung banyak omega-3 yang berperan penting dalam proses pembentukan daya ingat di otak.

3. Ingin Daya Ingat Kuat? Jadilah Bahagia!

Selalu bahagia dapat mengurangi risiko lupa pekerjaan
Selalu bahagia dapat mengurangi risiko lupa pekerjaan (Foto oleh Andrea Piacquadio / Pexels) 

Ketika kamu sedang merasa senang, kamu akan mudah untuk fokus, menerima informasi, dan mengingatnya dengan baik. Sebaliknya, kalau kamu sedang stres, kamu akan sulit untuk beraktivitas. Bagaimana bisa? Jadi, berdasarkan penelitian dari Robert M. Sapolsky, jika hormon kortisol yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal dalam jumlah yang cukup, ini akan memberikan dampak positif pada tubuh. Seperti meningkatkan letupan energi, memori, dan imunitas. Namun, jika hormon ini dibiarkan dalam tubuh tanpa ada proses relaksasi agar kembali normal, kondisi ini akan menyebabkan stres kronik.

Stres yang berulang tersebut dapat merusak bagian sistem limbik pada otak yang menjadi tempat pembelajaran dan memori. Wah, serem juga ya! Supaya kamu tidak stres, kamu bisa berolahraga, jalan-jalan, bertemu dengan teman, dan istirahat yang cukup. Jadi, kamu akan merasa segar, bahagia, dan daya ingatmu pun akan tetap terjaga.

4. Ayo, Buat Catatan Agar Tidak Lupa Pekerjaan!

Fitur notifikasi DoCheck bantu kamu ingat tugas
Fitur notifikasi DoCheck bantu kamu ingat tugas

Cara terakhir dan paling sederhana untuk mencegah lupa adalah membuat catatan. Sekarang mencatat aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan hari ini bisa dilakukan di hpmu, loh! Tidak perlu lagi membawa buku catatan yang tebal dan ribet. Kamu bisa membuat catatan to-do list untuk pekerjaanmu hari ini dan yang akan datang di DoCheck.

Terlebih lagi, sekarang ada fitur notifikasi yang akan memberi tahumu kalau tugas yang kamu kerjakan sudah lewat batas waktu atau belum. Selain itu, apabila kamu bingung mau melakukan hal produktif lainnya, sistem notifikasi ini juga akan memberikan rekomendasi aktivitas yang bisa kamu coba. Jadi, tidak ada lagi yang namanya lupa pekerjaan dan hari tanpa produktivitas!

Itu dia empat cara praktis atasi lupa pekerjaan. Kamu bisa menerapkannya sendiri atau bersama teman dan keluarga. Jadi, semua orang dapat terhindar dari sifat pelupa. Yuk, bagikan tips ini dan jangan lupa download segera aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store!

Baca juga: Sekarang Scrolling dan Lihat Goals Lebih Asik di DoCheck


Scroll to Top