CV ATS Friendly, Selangkah Lebih Dekat Menarik Perhatian HRD

CV ATS Friendly, Selangkah Lebih Dekat Menarik Perhatian HRD


CV ATS Friendly? Mengapa begitu penting sehingga mampu menarik perhatian HRD? Sebelum membahas tips dan cara membuatnya, kamu harus tahu alasan CV ATS friendly menjadi sangat populer.

Dilansir dalam artikel Workforce Hub, 98% perusahaan dalam Fortune 500 menggunakan Applicant Tracking System atau ATS. Di dalamnya termasuk 66% perusahaan besar yang juga menggunakan ATS. Jadi, kemungkinan besar perusahaan yang kamu lamar pun menerapkan sistem ini. Terkadang, mereka menuliskan bahwa proses penyaringan CV dilakukan menggunakan ATS loh. Hal-hal seperti ini bisa lebih kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk submit CV kamu.

Persaingan, kesempatan, dan keberuntungan menjadi faktor yang memengaruhi dunia kerja. Ketika kamu merasa mampu namun tidak diberikan kesempatan untuk menunjukkannya, tentu akan merasa kecewa. Termasuk perkara CV, apa jadinya apabila kamu sulit mendapat panggilan pekerjaan akibat CV yang tidak lolos sistem.

Tahukah kamu, dalam sehari beberapa perusahaan bisa menerima ratusan CV. ATS ini mampu membantu meringankan beban HRD agar hanya menyaring calon-calon yang mendekati kriteria saja. Dengan demikian, ATS hanya memilih Top 25% untuk dibaca oleh HRD. Artinya, sisa 75%nya berakhir ditolak.

Apa Itu CV ATS Friendly

ATS adalah sistem yang digunakan untuk membantu perekrut menyaring CV yang masuk. Cara kerjanya adalah dengan mengumpulkan CV ke dalam database. Kemudian, ATS akan “memilah” CV sesuai kriteria yang cocok dengan posisi yang diinginkan. Setelah itu, CV yang terpilih akan saling dibandingkan dan dibuatkan peringkat berdasarkan relevansi antara skill dan posisi yang diinginkan.

Cara Membuat CV ATS Friendly?

  1. Buat CV yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan. Skill dan pengalamannya harus disesuaikan agar cocok dengan posisinya.
  2. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan kriteria pekerjaan yang diinginkan. Kamu bisa copy paste kriteria pada lowongan kerja ke situs monkeylearn.com. Nanti, akan ada banyak kata kunci yang keluar. Kamu tinggal bikin CV dan masukan kata kunci yang sesuai dengan skill kamu.
  3. Jika ada kata kunci yang disingkat, sertakan juga kepanjangannya. Misalnya Human Resource Development (HRD) untuk memperbesar kemungkinan tersaring ATS.
  4. Hindari penggunaan tabel, kolom, gambar, dan foto karena bisa menyebabkan eror pada sistem pencarian ATS.
  5. Gunakan font yang ramah ATS, seperti Garamond, Georgia, atau Helvetica.
  6. Tidak perlu menggunakan header atau footer karena tidak akan terbaca oleh sistem.
  7. Gunakan headline CV yang sesuai dengan standar. Misalnya “Pengalaman Kerja”, bukan “Pekerjaan yang pernah dialami”.
  8. Jika bisa, simpan CV dengan format word seperti .doc atau .docx.
  9. Hindari untuk memasukan kata kunci secara berlebihan. Hal ini bisa membuat kamu di-blacklist karena dianggap curang.
  10. Gunakan template desain yang sederhana agar dokumen bisa lebih mudah terbaca oleh ATS.

Penyebab CV Ditolak Sistem

Berikut ini beberapa penyebab CV ditolak oleh ATS menurut Patricia Setyadjie, seorang Head of Business Strategy & Expansion yang memiliki pengalaman 20 tahun dalam bidang manajemen, yang ia bagikan melalui LinkedIn miliknya.

  1. Gambar
  2. Grafik
  3. Simbol
  4. Textbox
  5. Tabel
  6. Ikon dan emoji
  7. Garis bawah
  8. Garis lurus vertikal
  9. Panel Samping
  10. Background berwarna gelap
  11. Huruf miring (italic)
  12. Tanda kutip
  13. Hyperlink
  14. Foto
  15. Font berukuran kurang dari 11
  16. Font yang tidak umum
  17. Format file menggunakan JPEG/TIFF. Sebaiknya gunakan Word atau PDF.

Rekomendasi Situs Template CV ATS Friendly

  • Kinobi. Situs ini menyediakan template yang minimalis dan profesional. Cara menggunakannya hanya dengan mengisi data diri, skill, dan pengalaman yang kamu miliki. Setelah itu, Kinobi akan membuatkan CV untukmu. Terakhir, unduh secara gratis!
  • Aksel CV Maker. Sama seperti Kinobi, kamu juga hanya perlu mengisi data yang diperlukan. Namun sebelum membuat CV, kamu harus registrasi terlebih dahulu di Aksel.
  • Resume.io. Ini juga salah satu yang tidak berbayar dan cara penggunaannya sama dengan Kinobi maupun Aksel. Sebagai tambahan, resume.io punya fitur automatic spell checker agar tata bahasamu semakin oke.
  • CV Maker. Situs yang satu ini bisa diakses menggunakan Bahasa Indonesia loh. Cara menggunakannya sama ya seperti yang lain. Disini, kamu bisa mengunduh file CV dalam format pdf, html, dan txt.

Sekarang, sudah paham ‘kan pengertian dan tips membuat CV ATS Friendly? Untuk tips dan trik seputar karir dan pengembangan diri lainnya, kamu bisa optimalkan dengan bergabung bersama Komunitas DoCheck dan segera unduh aplikasinya!

Baca juga: Kembangkan Diri dan Hidup Berkualitas bersama DoCheck App


Scroll to Top