gaming content creator

Gaming Content Creator: Momo Chan, dari Caster Hingga Brand Ambassador


Be A POP Star Webinar – Kamis, 27 Januari 2022, Webinar yang khusus mengangkat tema “A Guide To Becoming Gaming Content Creator ini diselenggarakan dengan sukses dengan mendapat antusias yang baik dari peserta di platform Zoom dan Youtube. Pada webinar ini turut mengundang salah satu gamer sekaligus content creator game Indonesia, yaitu Momo Chan. Penasarakan kan apa saja yang dibahas pada webinar ini? Sebelum itu, kenalan dulu yuk sama Momo Chan!

Pemilik nama asli Monica Mariska ini, sudah menyukai dunia game sejak kecil dan saat beranjak dewasa menjadi semakin mantap untuk berkarir di bidang e-sport. Pada awalnya, Momo Chan mengaku menyukai game Mobile Legend Bang Bang, namun semenjak ada game Valorant, ia juga menyukai game yang dikembangkan oleh Riot Games ini.

Selain menjadi seorang gamers, Momo Chan juga menggeluti bidang lainnya, yaitu shoutcaster dan content creator. Selama menjadi content creator, ia juga banyak menjadi brand ambassador produk-produk elektronik dan games. Produk yang memilih Momo Chan untu menjadi brand ambassador, antara lain ASUS ROG, AMD, Unipin ID, hingga Esport Academy.

Nah, selain berbagi cerita bagaimana Momo Chan bisa berkarir di bidang e-sport, webinar ini juga membahas hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi gaming content creator. Kalau gitu, yuk simak pembahasan berikut ini!

Kenapa Memilih Berkarir di Dunia E-Sport?

Momo Chan mangatakan bahwa, untuk memilih karir harus sesuai dengan apa yang kamu sukai. Dengan melakukan kegiatan yang disukai, maka tidak akan membuat kamu terbebani dan bisa melakukannya dengan senang hati. Kalau kamu gemar bermain game, jadikan game ini bukan hanya sebagai permainan sesaat, namun kembangkan terus untuk bisa berkarir di dalamnya.

Banyak pekerjaan yang bisa kamu pilih di dunia e-sport, misalnya pro player, shoutcaster, content creator, event organizer, community manager, dan lainnya. Untuk berkarir di e-sport, Momo Chan mengatakan bahwa, relasi dan kolaborasi merupakan hal yang penting. Alasannya karena dengan berkolaborasi dengan sesama pekerja di bidang e-sport lainnya, akan membuka peluang agar kamu lebih dikenal banyak orang dan tentu saja menambah relasi pertemanan. Jika beruntung, kamu akan ditawari untuk menjadi brand ambassador produk tertentu.

Tips Menjadi Caster E-Sport

Mengawali karir menjadi shoutcaster e-sport pada tahun 2017, Momo Chan memberikan tips cara menjadi caster untuk pemula yang ingin mencoba berkarir di dalamnya. Berikut ini tips menjadi caster yang bisa kamu coba terapkan. Simak ya!

  1. Pahami game yang akan dimainkan, sebelum kamu menjadi caster suatu kompetisi game, tentu memahami game jadi hal yang penting. Kamu harus tau seluk beluk game tersebut, termasuk cara bermainnya, senjata yang digunakan, dan karakter pada game nya.
  2. Tentukan karakter caster kamu, hal ini akan menjadi ciri khas kamu saat melakukan pekerjaan sebagai shoutcaster. Orang-orang akan mudah mengingat kamu sebagai seorang caster, karena punya keunikannya tersendiri.
  3. Adaptasi dengan partner caster, setiap kompetisi pasti kamu akan dipasangkan dengan partner caster yang berbeda-beda. Sehingga beradaptasi dan mengetahui ciri khas dari partner kamu perlu dilakukan. Agar saat kompetisi berlangsung, kamu bisa dengan nyaman berkomentar tentang jalannya kompetisi.
  4. PMA (Positive Mental Attitude), tanamkan pemikiran optimis bahwa kamu bisa melakukan yang terbaik, dengan usaha yang maksimal pula.
  5. Terus berlatih hingga kamu berhenti dari caster, jangan pernah berhenti belajar pengalaman baru saat menjadi caster, karena berkembangnya teknologi juga akan mempengaruhi wawasan kamu di dunia e-sport.
  6. Jangan remehkan partner caster, alasannya karena tidak ada yang tau bahwa partner kamu akan jadi orang yang membantu kamu atau bahkan terkenal dimasa depan. Jadi, selalu respect dan saling menghormati satu sama lain, ya.
  7. Catat dan pelajari, setiap ada hal menarik yang perlu kamu pelajari ulang, maka catatlah di buku atau aplikasi to-do list kamu.

To-do List Seorang Shoutcaster

Setelah membagikan tips cara menjadi shoutcaster, Momo Chan juga menjelaskan bahwa hal penting untuk pekerjaannya, yaitu membuat to-do list. Berikut ini isi to-do list Momo Chan yang bisa kamu coba pelajari juga:

  1. Latihan public speaking, hal ini penting untuk berkarir di bidang shoutcaster.
  2. Agenda casting, karena banyaknya jadwal sehari-hari, maka membuat agenda yang berhubungan dengan pekerjaan menjadi shoutcaster perlu dilakukan.
  3. Agenda content, selain agenda shoutcaster, membuat agenda content juga wajib dilakukan. Agar content yang dibuat bisa terus konsisten dan akan mendatangkan lebih banyak audience / penggemar.
  4. Agenda live streaming, bertujuan agar jadwal live streaming tidak bersamaan dengan jadwal lainnya.
  5. Check list task, jika sudah selesai mengerjakan task tertentu, maka task tersebut wajib diberi check list, agar memberikan tanda bahwa sudah selesai.

Nah, itu dia keseruan webinar tentang gaming content creator bersama Momo Chan. Jadi, apa kamu semakin tertarik untuk menjadi content creator bidang e-sport di masa depan? Sebelum itu, yuk buat to-do list dulu tentang kegiatan apa yang kamu lakukan pertama kali untuk belajar menjadi gaming content creator. Untuk buat to-do list, kamu bisa banget pakai aplikasi DoCheck, loh. Bagi kamu pengguna Android, bisa download aplikasinya di sini dan pengguna iOS di sini. Jangan khawatir, aplikasinya ini gratis, ya!

Tonton video webinar lebih lengkapnya, di sini.

Video Webinar: A Guide To Becoming Gaming Content Creator

Scroll to Top