Interpersonal Skills yang Dibutuhkan Saat Masuk Dunia Kerja

Interpersonal Skills yang Dibutuhkan Saat Masuk Dunia Kerja


Kemampuan yang perlu dimiliki manusia di dunia kerja tidak hanya berupa hard skills (kemampuan teknis) saja tetapi interpersonal skills juga. Saat melamar suatu pekerjaan, kamu akan dinilai pertama kali melalui CV-mu. Ada tahap interview yang menjadi penilaian selanjutnya. Dari kedua tahap melamar pekerjaan ini, interpersonal skills-mu turut dinilai oleh rekruter lho jadi nggak boleh dilupakan.

Bekerja itu bukan hanya bagaimana kamu pintar dalam bidangmu atau punya kemampuan teknis yang mumpuni, tetapi interpersonal skills kerja juga penting. Rekruter dan atasanmu pun menilai dirimu dari caramu berinteraksi dengan orang lain. Masih bingung apa aja sih yang termasuk interpersonal skills dalam dunia kerja? Baca artikel ini sampai akhir ya!

Mengenal Pentingnya Interpersonal Skills

Melansir dari Indeed, interpersonal skills adalah kemampuan berupa kepribadian yang digunakan saat berinteraksi dengan orang lain. Dengan memiliki interpersonal skills, kamu bisa membangun hubungan dan berkomunikasi secara baik. Dampak positif lainnya adalah bermanfaat untuk pengembangan kariermu.

Interpersonal skills penting karena hidup sebagai manusia berarti mau tidak mau harus bisa bersosialisasi dengan orang lain. Kemampuan interpersonal juga bisa dinilai sebagai acuan bagaimana kamu akan melakukan pekerjaan. Biasanya bagaimana caramu bekerja sama dengan orang lain dan menyesuaikan diri ketika bekerja dalam tim akan diperhatikan. Rekruter dan atasanmu tentu akan memilih orang yang kemampuan teknisnya bagus dan juga bisa berkomunikasi dengan rekan kerjanya dengan baik. Apalagi saat ini sedang gencar-gencarnya kolaborasi satu sama lain untuk menghasilkan sesuatu, nah, untuk berkolaborasi perlu interpersonal skills yang bagus.

Apa Saja Interpersonal Skills yang Dibutuhkan Dunia Kerja?

Kamu sudah tahu definisi dari interpersonal skills, tapi apa saja sih kemampuan interpersonal yang dibutuhkan di dunia kerja? Merangkum dari Investopedia dan The Balance Careers membahas ada 5 interpersonal skills yang bisa kamu asah. Semuanya dibutuhkan lho di dunia kerja.

Teamwork

Ketika bekerja, biasanya satu divisi berkaitan dengan divisi lainnya. Jadi, meskipun pekerjaan individu, tetap butuh bekerja sama dengan orang lain. Nggak jauh-jauh ke divisi lain deh, biasanya yang satu divisi pun saling membantu jika ada masalah atau butuh bantuan. Penting sekali untuk mengerti bagaimana teamwork bekerja dan memiliki kemampuan kerja sama yang baik.

Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi ini sangat penting ketika kamu bekerja di bidang apapun. Tidak hanya berkomunikasi secara verbal, tetapi juga non-verbal. Komunikasi non-verbal ini biasanya seperti gestur, mimik wajah, dan body language. Ketika berinteraksi, tidak lepas dari itu kan. Oh ya, berkomunikasi juga tidak hanya berbicara, tetapi juga mendengarkan. Kemampuan mendengarkan juga perlu diasah untuk mem

Nah, tidak hanya komunikasi lisan, tetapi juga melalui tulisan. Apalagi sekarang di era digital dan work from home, kamu bisa berkomunikasi melalui chat dengan rekan kerja, kemampuan tersebut juga dibutuhkan. Skill komunikasi akan menjadi gerbang untuk kamu berkolaborasi dengan orang lain.

Manajemen Konflik dan Problem-Solving

Hidup tidak lepas dari masalah, di dunia kerja pun ada saja masalah yang datang. Bisa saja masalah soal proyek kerjaannya, dengan rekan kerja, atasan, pihak luar, dan masalah lainnya. Maka dari itu, penting sekali untuk memiliki kemampuan manajemen konflik dan menyelesaikan masalah. Dengan memiliki kemampuan tersebut, pekerjaan akan tetap lancar meskipun ada masalah. Masalah itu datang untuk diselesaikan ya, kamu bisa melatih diri untuk mengelola masalah dengan baik lalu selesaikan.

Kemampuan Bernegosiasi

Bekerja dalam suatu perusahaan tidak lepas dari namanya negosiasi. Entah itu sesuai dengan job description kamu yang tugasnya menghubungi pihak lain untuk diajak bekerja sama atau negosiasi dengan rekan kerja sendiri. Misalnya, kamu sedang mengerjakan tugas A dan dirasa ada hal yang kurang sreg, kamu bisa saja bernegosiasi dengan rekan kerja yang lain untuk menyampaikan keluhanmu. Nah, kemampuan negosiasi yang baik akan membuat pekerjaan lebih lancar.

Memiliki Empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang orang lain sedang alami dan rasakan bisa dengan membayangkan kamu menjadi dia atau melihat sudut pandangnya. Di dunia kerja, kamu perlu memiliki empati untuk menjalin hubungan baik dengan rekan kerja yang lain. Empati dapat dibangun dengan mengasah kemampuan mendengarkan orang lain dan menunjukkan rasa welas asih terhadap apa yang dialami.

Interpersonal skills juga bisa menunjukkan seberapa profesional kamu dalam bekerja. Hubungan dengan orang lain itu penting. Kalau kamu pernah mendengar kalimat, “Percuma pintar kalau attitude-nya jelek.” Hal itu bisa berlaku juga dalam dunia kerja dan hubungannya dengan kemampuan interpersonal. Meskipun kemampuan teknismu mumpuni, kalau tidak memiliki kemampuan interpersonal, akan sulit untuk berkembang terutama dalam dunia penuh kolaborasi.

Ingin mengasah interpersonal skills dalam dunia kerja? Catat poin-poin di atas dan ulik lebih jauh. Untuk memudahkanmu mencatat apa saja yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan interpersonal, kamu bisa catat rinciannya dengan aplikasi DoCheck. Yuk, download aplikasi DoCheck secara gratis di Google Play Store atau App Store.


Scroll to Top