Journaling in outdorr

Journaling: Pengertian dan Manfaatnya


Kamu dulu pernah punya buku diary? Kalau punya, kamu termasuk tipe yang cuma koleksi saja atau nulis seuatu di dalamnya, nih? Nah, kalau kamu termasuk yang suka nulis di buku diary, bisa jadi yang kamu lakukan itu adalah journaling.

Apa itu Journaling?

Journaling, dalam Health Encyclopedia University of Rochester Medical Center, diartikan sebagai menuliskan pikiran dan perasaan untuk memahaminya dengan lebih jelas. Kamu bisa menulis apapun dalam sebuah jurnal. Misalnya, menulis apa saja yang sudah terjadi di hari ini, apa saja yang kamu syukuri, hingga kalimat atau pernyataan yang positif mengenai diri kamu.

Journaling dinilai sebagai sebuah cara yang efektif untuk memenuhi kebutuhan emosional karena dapat mengekspresikan apa yang sedang terjadi dalam diri kita. Kegiatan ini juga sudah terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan, baik itu mental dan fisik. Sehingga, dengan journaling, kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita menjadi lebih baik.

Nah, kamu pasti penasaran kan apa saja manfaat menulis jurnal? Iya, sabar, kita bakal kasih tahu, kok. Yuk, simak!

Journaling Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Sebuah studi mengungkapkan bahwa, journaling dapat mengurangi depresi. Keefektifan ini dinilai hampir sama dengan cognitive behavioral therapy – salah satu bentuk psikoterapi untuk menangani kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

Dengan menulis jurnal, kamu bisa mengidentifikasi hal-hal apa saja yang membuatmu stres. Sehingga, hal ini memungkinkanmu untuk membuat strategi untuk mencegahnya. Oleh karena itu, tak heran jika journaling dapat membatu mengurangi depresi dan kecemasan.

Dapat Meningkatkan Rasa Syukur

Kamu dapat meningkatkan rasa syukur melalui apa yang disebut gratitude journaling. Sederhananya, gratitude journaling adalah ketika kamu menuliskan hal-hal apa saja yang membuatmu bersyukur atas kehadirannya. Kamu bisa menulis hal-hal yang sepele (seperti, minuman yang saya beli di cafe siang ini sangat lezat) hingga berarti besar (seperti, Ibu saya naik pangkat di kantornya).

Menurut Greater Good Science Center of Berkeley University, gratitude journaling memungkinkan kamu untuk dapat mengingat hal-hal baik yang terjadi dalam hidup. Sehingga, kamu bisa menikmati emosi yang positif dari sini. Pada akhirnya, akan meningkatkan rasa syukur dan membuatmu puas terhadap hidup.

Dapat Meningkatkan Kemampuan Mengingat

Judy Willis – seorang Neurologist – dalam artikel yang ditulisnya menyatakan, latihan menulis dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Bagi seorang siswa, menulis dapat meningkatkan peluang mereka untuk berhasil memahami materi baru, meningkatkan fokus, dan meningkatkan kemampuan untuk mengingat dalam jangka panjang.

Saat kamu membuat jurnal kemudian memutuskan untuk membacanya lagi, kamu akan mengingat dan merenungkan kembali detail peristiwa tersebut. Hal ini akan membantu kamu untuk mempertahankan ingatan mengenai hal itu untuk waktu yang jauh lebih lama. Maka, tak heran kan kalau sering terdengar kalimat, “Kalau takut lupa, mending dicatat, deh”.

Dapat Membantu Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Mungkin agak sulit dipercaya ya kalau journaling bisa menigkatkan kekebalan tubuh? Tapi, ada sebuah penelitian yang membuktikan hal ini, loh. Penelitian tersebut dilakukan oleh Karen A. Baikie dan Kay Wilhelm, menemukan bahwa menulis jurnal dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan emosional.

Secara lebih spesifik, journaling dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita asma dan respon imun pada pasien HIV. Jadi, kalau ada yang bilang journaling bersifat terapeutik itu bener, kok.

Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Belakangan ini kamu tidur selalu larut malam? Cobain mulai nulis jurnal, deh. Mungkin ini bisa membantu kamu untuk tidur lebih cepat.

Sebuah penelitian pada tahun 2016 yang dilakukan pada penderita insomnia, menemukan bahwa, adanya peningkatan kualitas tidur dan penurunan gejala insomnia sebagai akibat dari pemanfaatan jurnal sebagai terapi. Peningkatan kualitas tidur dan penurunan gejala insomnia ini dapat memperbaiki kesehatan psikologis individu yang menderitanya.

Gimana? Sekarang udah pada paham kan tentang journaling? Ternyata journaling cukup bermanfaat ya bagi kita? Dengan melakukan kegiatan tersebut, kita dapat mengurangi stres, bersyukur, hingga memperbaiki kualitas tidur. Banyaknya manfaat ini menjadikan journaling cocok banget untuk dijadikan salah satu goals kamu tahun ini.

Jangan lupa nanti bikin goals-nya pake aplikasi DoCheck, ya! Selain di sana kamu bisa tulis goals tahun ini, Docheck juga akan kasih tips-tips menarik yang akan memudahkanmu untuk mewujudkannya! Tunggu apa lagi? Yuk, segera download aplikasi DoCheck di Google Play Store sekarang. Gratis!

Sekian dari DoChcek mengenai journaling. Semoga kamu bisa memulai journaling di tahun ini!


Scroll to Top