manfaat interpersonal skills

Manfaat Interpersonal Skills di Dunia Kerja, Wajib Tahu Nih!


Membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja merupakan aspek penting dalam hidup. Pasalnya, kamu pasti memerlukan bantuan rekan kerja agar pekerjaanmu maksimal. Nah, untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain, kamu perlu mempunyai interpersonal skills yang baik. Manfaat interpersonal skills membantumu dalam menjalin pertemanan bahkan kerjasama di dunia kerja.

Sebetulnya, apa itu interpersonal skill?

Dilansir dari Akupintar, Jerving menuturkan interpersonal skills merupakan kemampuan untuk membangun dan menjaga hubungan efektif dengan orang lain. Di dalam dunia kerja, interpersonal skill membantumu untuk bisa bekerjasama dengan rekan kerja, atasan, bahkan klien. Interpersonal skills pun beragam, dilansir dari Glints, terdapat 15 interpersonal skills yang wajib dimiliki, seperti berikut ini:

  • Komunikasi verbal
  • Komunikasi nonverbal
  • Empati
  • Mendengarkan
  • Problemsolving
  • Leadership
  • Manajemen konflik
  • Kerjasama
  • Negosiasi
  • Etika yang baik
  • Kecerdasan emosional
  • Menghargai orang lain
  • Kesabaran
  • Tegas
  • Siap menerima masukan/feedback

Manfaat Interpersonal Skills di Dunia Kerja

MinCheck merangkum manfaat interpersonal skills di dunia kerja, seperti berikut ini:

Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Interpersonal skills dapat membangun kerjasama bareng rekan kerja biar hasil kerja maksimal.
Interpersonal skills dapat membangun kerjasama bareng rekan kerja biar hasil kerja maksimal. (Foto MART PRODUCTION via Pexels)

Interpersonal skills membantu kamu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, salah satunya rekan kerja. Tanpa kemampuan komunikasi yang baik, kamu akan susah bekerjasama dengan rekan kerja. Duh, bisa-bisa kamu keteteran kerjaan lho! Bisa kamu bayangin ketika kamu bekerja tapi susah untuk berkomunikasi, apa jadinya ya kerjaanmu nanti?

Di sinilah manfaat interpersonal skills untuk menghindari yang namanya kesalahpahaman. Kesalahpahaman dalam dunia kerja itu memang hal yang lumrah. Tapi, kalau kamu terus menerus kesulitan berkomunikasi, gak cuma diri kamu yang rugi tapi rekan kerjamu juga bisa keteteran kerjaan, lho. Oleh karena itu, mengasah kemampuan interpersonal skills seperti komunikasi yang baik perlu ditingkatkan.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Interpersonal skills juga bisa tingkatkan produktivitas kerja
Interpersonal skills juga bisa tingkatkan produktivitas kerja. (Foto cottonbro via Pexels)

Produktivitas di tempat kerja dapat meningkat apabila kamu memiliki interpersonal skills yang baik. Kesuksesan perusahaan tidak dapat dicapai dengan satu orang, tetapi kerjasama tim yang baik dan interpersonal skill individu di dalamnya. Tim yang kompak dapat membuat perusahaan terus berkembang. Perkembangan perusahaan dimulai dengan produktivitas yang meningkat setiap harinya.

Interpersonal Skills untuk Upgrade Diri

Jangan cepat puas, ya! Selalu upgrade diri dan interpersonal skillsmu
Jangan cepat puas, ya! Selalu upgrade diri dan interpersonal skillsmu. (Foto Anna Shvets via Pexels)

Salah satu interpersonal skills yang dapat membuka kesempatan baru di tempat kerja adalah leadership. Kemampuan memimpin anggota tim dapat membuka kesempatan untuk naik jabatan, lho! Kamu pasti gak mau kan kalau kariermu stuck di satu tempat saja? Tetap semangat untuk mengupgrade diri dan jangan cepat puas dengan apa yang telah dicapai.

Ngomongin soal upgrade diri dan produktivitas, ada aplikasi yang rekomen banget nih untuk kamu! Aplikasi DoCheck adalah aplikasi pengembangan diri dan produkfivitas yang bisa membantu kamu untuk membuat list pekerjaan, membuat goals dan menandai interpersonal skills yang mau kamu punya, bahkan kamu bisa terhubung dengan temanmu dan follow goals influencer. Mantep, banget gak sih? Aplikasi DoCheck bisa didownload secara gratis di Play Store dan App Store lho!

Baca juga: Manfaat Magang untuk Mahasiswa, Apa Saja?


Scroll to Top